Ayo Kenali Kembali Keunikan Masing-Masing Job Ragnarok Online

Job Ragnarok Online

Masih bingung soal Job Ragnarok Online? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih dalam keunggulan masing-masing dari keenam Job yang tersedia.

Tips Leveling Ragnarok Online Secara Solo Paling Efektif dan Cepat

Bingung meningkatkan level di Ragnarok Gravindo? Simak tips leveling Ragnarok Online secara solo ini. Jadilah sosok Job 2 yang gagah dengan mandiri.
Baca Juga

Salah satu keunikan dari MMORPG Ragnarok Online adalah menghadirkan banyak Job yang bisa kamu pilih setelah Novice yang kamu miliki memiliki Job level 10. Totalnya ada enam Job Ragnarok Online yang bisa dipilih. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan masing-masing yang mana akan saling melengkapi satu sama lain. Mereka nantinya juga dapat berubah ke Job lebih tinggi lagi, ketika Job level mereka meningkat hingga minimal level 40.

Kehadiran Ragnarok Online Indonesia dari Gravindo, membuat banyak pemain baru tertarik untuk memainkannya. Bagi kamu yang belum mengenal masing-masing Job Ragnarok Online, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu masing-masing dari mereka. Nah, kali ini saya akan mengenalkan dari setiap Job dengan detail, sehingga kamu bisa menentukan Job mana yang cocok denganmu.

1

Swordman

Job Ragnarok Online

Sesuai dengan namanya, ia adalah merupakan ahli pedang. Namun tak hanya pedang saja yang bisa ia pakai, tetapi juga pedang besar (2-handed sword), tombak, tombak besar (2-handed spear), gada, dan pisau. Untuk berubah mejadi Swordman, seorang Novice harus melewati ujian memasuki dungeon gelap di Izlude.

Kelebihan Swordman:

  • Memiliki HP tertinggi diantara Job lainnya, Swordman juga dilengkapi kemampuan regenerasi tinggi. Itulah sebabnya ia cocok menjadi tanker.
  • Mampu memakai 2 haded-sword yang memiliki tingkat serangan tinggi.
  • Handal menggunakan berbagai jenis pisau dan pedang.
  • Mampu memancing musuh untuk menyerang dirinya.

Tipe Swordman:

  • Agility Swordman: Ketika berubah Job menjadi Knight, mereka akan fokus pada kecepatan serangan dan hindaran. Sangat cocok untuk pemain yang suka bermain solo.
  • Vitality Swordman: Ketika menjadi Knight, mereka akan fokus pada penyerangan menggunakan tombak baik tombak 1-handed maupun 2-handed. Mereka bertugas menjadi seorang tanker, meskipun serangan utamanya juga tak bisa diremehkan.
  • Hybrid Swordman: Merupakan tipe all-round, mampu menggunakan 2-handed sword ataupun lance, sesuai dengan keadaan dan situasi.

2

Magician

Job Ragnarok Online

Berbeda dengan Swordman, Magician menggunakan sihir untuk menghajar musuh-musuhnya. Mereka menyerang dengan mengucap mantra, sedangkan untuk senjata mereka menggunakan pisau atau tongkat sihir. Magician memiliki HP kecil, tetapi daya hancurnya besar. Kamu perlu membuat ramuan di Geffen sebagai ujian menjadi Magician.

Kelebihan Magician:

  • Memiliki daya serangan yang tinggi menggunakan sihir-sihir yang ia pelajari.
  • Mampu membunuh musuh dengan mudah, bahkan hanya satu kali serangan saja.
  • Mampu menyerang dari jarak jauh menggunakan sihir
  • Mudah menyesuaikan elemen kelemahan monster, karena Mage memiliki hampir semua jenis elemen sihir ofensif.

Tipe Magician:

  • Elemen Magician: Memiliki semua sihir elemen level tinggi, sangat mudah untuk membunuh monster-monster yang memiliki elemen yang berlawanan.
  • Safety Magician: Menggunakan Safety Wall sebagai perlindungan utama. Sihir ini sangat berguna ketika mereka sudah mencapai Job Wizard! Dapat digunakan sebagai War of Emperium (WoE) atau perlindungan ketika berburu monster MVP.

3

Archer

Job Ragnarok Online

Satu-satunya Job Ragnarok Online yang memiliki jarak serang terjauh dalam game ini. Mereka menyerang menggunakan busur dan anak panah. Keunikan Archer membuatnya menjadi damage dealer bertipe fisik yang mematikan. Bahkan musuh pun akan mati sebelum mereka berhasil mendekatinya. Untuk berubah menjadi Archer, seroang Novice harus mempelajari kayu di desa Payon.

Kelebihan Archer:

  • Mampu menyerang musuh dari jarak yang sangat jauh.
  • Mampu menyesuaikan elemen kelemahan dari monster lawan, dengan menggunakan anak panah tertentu.
  • Memiliki kemampuan Double Strafe, memberikan damage fisik yang sangat tinggi untuk menghabisi musuh dengan mudah.
  • Dapat menyerang musuh dari tebing

Tipe Archer:

  • Agility Archer: Fokus pada peningkatan AGI dan DEX untuk memberikan ASPD tinggi dengan damage tinggi yang dihasilkan. Sangat cocok untuk farming dan bahkan MVP.
  • Blizt Hunter: Bisa dibilang merupakan Hybrid Hunter, karena selain AGI dan DEX, tipe ini juga meningkatkan LUK. Peningkatan ini mempertinggi kemungkinan Falcon (binatang teman Hunter) untuk melakukan Blitz Beat secara otomatis ketika menyerang menggunakan serangan normal.
  • Traper Hunter: Ketika menjadi Hunter, pemain bisa meningkatkan kemampuan pengendalian trap (jebakan). Hunter memiliki banyak jenis jebakan yang memiliki beragam kegunaan. Tipe ini sangat cocok untuk WoE.
Baca Juga

Cek tiga Job Ragnarok Online lainnya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous article10 Peringkat Karakter Terkuat di One Punch Man, Urutan Berapa Karakter Favoritmu?
Next articleGak Nyangka, 6 Anime Ini Ternyata Dibenci Pembuatnya!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.