Cara Membuat Nintendo Account ID Sebelum Switch Rilis, Ayo Buat Sebelum Diklaim Orang!

harga nintendo switch

Nintendo Switch akan hadir tak lama lagi, yaitu pada 3 Maret 2017. Entah kamu berniat membeli atau tidak, tak ada salahnya untuk membuat Nintendo Account milikmu dulu. Inilah cara membuat Nintendo Account ID.

Preorder Nintendo Switch Indonesia Ditutup, Ada Apakah Gerangan?

"Ini bukan masalah produksi tetapi kegagalan manajemen mengeksekusi, yang telah terjadi lagi dan lagi."
Baca Juga

Sekarang kamu sudah bisa membuat sebuah Nintendo Account ID yang nantinya bisa dipakai untuk Nintendo Switch (jika kamu memutuskan untuk membelinya). Membuat ID ini juga berlaku untuk kamu yang sudah memiliki Nintendo Account, karena pembuatan akun tidak sekaligus akan memberikan kamu ID secara langsung.

Nintendo Account ID ini nantinya hanya akan bisa sekali diklaim, artinya jika ada orang lain yang mengklaim ID idamanmu (misalnya: ganteng00), kamu tidak akan bisa mengklaimnya lagi. Nah, daripada kehabisan ID idaman, ada baiknya kamu mengamankan Nintendo Account ID ini walaupun belum berencana untuk membeli Switch dalam waktu dekat.

Berikut adalah cara membuat Nintendo Account ID:

Masuk ke situs Nintendo Account

Tanpa basa-basi, langsung saja menuju accounts.nintendo.com.

Log In menggunakan Nintendo Account atau pilih buat akun baru

cara membuat Nintendo Account ID

Setelah masuk ke situs Nintendo Account, maka kamu akan menemukan tampilan di atas. Jika kamu sudah memiliki Nintendo Account, maka kamu bisa memasukkan User ID dan kata sandi yang sudah kamu miliki. Kamu juga bisa masuk melalui akun-akun sosial media yang sudah kamu sinkronisasikan seperti Facebook, Google, atau Twitter.

Jika kamu belum memiliki Nintendo Account, klik tombol “Create a Nintendo Account” yang berada di bagian bawah situs tersebut. Setelah itu, ikutilah langkah selanjutnya di bawah ini. Kalau kamu sudah memiliki Nintendo Account, langsung saja lewati langkah di bawah dan masuk ke tahap “Saatnya klaim Nintendo Account ID kamu”.

Buat akun baru

cara membuat Nintendo Account ID

Setelah mengeklik tombol “Create a Nintendo Account”, maka akan muncul tampilan seperti di atas. Jika kamu ingin membuat akun untuk seseorang yang di bawah umur, maka bisa klik pilihan di sebelah kiri, “Create a Nintendo Account for a child”. Jika kamu adalah orang dewasa dan mau membuat akun untuk diri sendiri, klik pilihan di sebelah kanan, “Create your Nintendo Account”.

Apapun pilihanmu, nantinya kamu akan diminta untuk membuat akun sendiri, maka dari itu langkah berikutnya adalah mengisi formulir yang disediakan oleh Nintendo seperti di bawah ini.

cara membuat Nintendo Account ID cara membuat Nintendo Account ID

Kamu bisa melengkapi semua isian di formulir tersebut, atau bisa dengan menggunakan akun media sosial kamu yang terpampang di atas. Dengan begitu, akun media sosial kamu akan tersinkronisasi dengan Nintendo Account. Nantinya tak hanya satu akun media sosial saja yang bisa disambungkan, tetapi seluruh akun yang kompatibel dengan Nintendo Account di atas.

Jika kamu mendaftar menggunakan akun media sosial, maka nantinya kamu diminta untuk log in terlebih dahulu ke media sosial yang bersangkutan (jika belum). Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi nickname dan tanggal lahir. Perlu diperhatikan bahwa nickname ini bukanlah ID kamu. Kamu juga bisa mengubah detail-detail pribadi lainnya jika diinginkan.

Sudah selesai mengisi? Jangan lupa untuk mencentang Terms & Condition. Setelah itu kamu bisa mengeklik tombol “Submit”.

Saatnya klaim Nintendo Account ID kamu

Tak lama setelah kamu mendaftarkan diri, maka kamu akan menerima sebuah email konfirmasi dari Nintendo. Email ini berisi tautan yang berguna untuk memverifikasi akun kamu. Klik tautan tersebut dan akunmu pun berhasil diaktifkan!

Nah, sekarang saatnya mengklaim ID yang kamu inginkan. Masuk kembali ke home page accounts.nintendo.com, kamu akan masuk langsung ke informasi akunmu. Di sana terdapat tombol seperti di bawah ini.

cara membuat Nintendo Account ID

Klik tombol “Edit” yang ada sebaris dengan “User ID”. Di sana kamu akan diminta untuk membuat/mengubah kata sandi (password). Kliklah tombol “Submit” yang muncul agar Nintendo mengirimkan sebuah email berisi sebuah kode. Buka email tersebut, lalu masukkanlah kode yang dikirim ke formulir yang disediakan.

Saatnya kamu membuat kata sandir. Buatlah kata sandi yang aman namun mudah untuk diingat. Setelah sukses membuat kata sandi, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

cara membuat Nintendo Account ID

Di sini kamu bisa mengisinya dengan User ID yang kamu inginkan, dengan minimal 6 karakter. Kamu menyesal dengan ID yang telah kamu masukkan? Jangan khawatir, ID ini tidak permanen. Kamu bisa mengubahnya kapan saja melalui home page Nintendo Account milikmu.


Baca Juga

Itulah cara membuat Nintendo Account ID langkah demi langkah. Semoga kamu terbantu dengan artikel ini!

SHARE
Previous articleSerangan Figma dan Nendoroid Overwatch Bakal Bikin Dompet Kalian Menipis!
Next articleYuk Simak 6 Kurcaci Paling Terkenal dan Imut di Dunia Anime, Adakah Favoritmu?