Film Metal Gear Solid akan Digarap oleh Sutradara Kong: Skull Island!

film Metal Gear Solid

Setelah sempat hilang kabar, film Metal Gear Solid diumumkan akan kembali dibuat. Sebagai penggemar berat serial game ini, sutradara Jordan Vogt-Roberts ingin membuat film Metal Gear Solid seotentik versi game-nya.

Mencari Pengganti Solid Snake, Hideo Kojima Sampai Rela Keliling Dunia

Kojima membutuhkan teknologi paling mutakhir di dunia... untuk membangun Metal Gear, dan menghancurkan markas Konami, mungkin!?
Baca Juga

Metal Gear Solid mungkin adalah waralaba paling penting bagi saya di planet ini,” bilang sutradara muda Jordan Vogt-Roberts saat ditemui situs Collider tanggal 20 Februari kemarin. Wah, wah, ada apa ini?

Ya, tidak lain tidak bukan sutradara film King Kong anyar Kong: Skull Island tersebut baru saja “meresmikan” bahwa Hollywood masih tertarik mengerjakan film adaptasi dari serial game action-stealth Metal Gear setelah kabar pengerjaannya hilang-muncul belakangan ini.

“Kami sedang mengerjakan naskahnya. Ini adalah properti yang akan saya perjuangkan sekuat tenaga untuk memastikan dikerjakan dengan sepantasnya karena ini sangat mudah dikacaukan dan sangat mudah bagi studio untuk mencoba membuatnya menjadi G.I. Joe atau Mission: Impossible,” bilang pria berjanggut tebal itu.

Sangat sulit rasanya “mendiskon” antusiasme dan semangat Vogt-Roberts terhadap Metal Gear dengan memotong-motong hasil wawancaranya, jadi saya akan menyantumkan kutipan lengkapnya saja.

“Saya ingin membuat versi film yang setia dengan yang dibutuhkan, jadi jika [proyek] ini mengambil jalan Deadpool atau Logan di mana kamu bekerja dengan dana kecil dan mendapatkan rating [Dewasa], bagus. Tapi jika kamu perlu membuatnya lebih heboh dan mendapatkan dana besar dan mengambil [rating Remaja], saya rasa bisa saja memilih dua-duanya.”

“Ada adegan-adegan sarat kekerasan di Metal Gear, namun saya tidak akan mengatakan bagian tersebut merupakan elemen utamanya dibandingkan dengan opini dan filosofi yang ditunjukkan oleh para karakter,”

“Karakter-karakter tersebut adalah filosofi berjalan, jadi saya rasa menangkap bagian itu jauh lebih penting daripada memikirkan rating, karena saat ini kami sedang membuat versi terbaik [dari adaptasi film],” lanjutnya.

film Metal Gear Solid

“Saya rasa saat ini hal yang lebih penting dilakukan adalah mari cari suara yang cepat, mari buat cerita yang masuk akal,” suatu isu yang memang sangat penting untuk diawasi mengingat orang-orang sempat ribut saat aktor Kiefer Sutherland menggantikan pengisi suara Snake David Hayter dalam Metal Gear Solid V.

“Kamu melihat cakupan dunia Metal Gear dan kamu mundur hingga tahun ’60an silam dan ke belakang lagi dalam lore, kemudian kamu menuju game-game kontemporer yang mengambil masa menjelang-masa depan dan hal-hal seperti itu, kamu berhadapan dengan berdekade dan dekade dan dekade karakter,”

“Kamu berhadapan dengan oke bagaimana Snake dan Big Boss berinteraksi, bagaimana Zero dan orang-orang ini berinteraksi dengan satu sama lain? Bagaimana cara kamu memilih cyborg ninja dan Sniper Wolf dan semua orang ini dan membuat mereka masuk dalam kisah yang masuk akal?”

Masalah ini pastinya tidak dihadapi oleh penggemar berat yang sudah mengikuti serial ini dari zaman Metal Gear dan berbagai informasi mengenai game ini sudah mengendap di kepalanya, namun saya rasa ini memang masalah nyata yang harus dihadapi jika membawa sebuah “sejarah panjang” ke ranah mainstream yang dipenuhi oleh orang-orang awam.

Dulu saja saya sempat kebingungan soal hubungan Solid, Liquid, Solidus, dan Naked Snake sampai akhirnya menamatkan Metal Gear Solid 2 dan 3.

film Metal Gear Solid

“Ini merupakan pekerjaan yang jenius, istimewa dan bisa menghabiskan waktu bersama [Hideo] Kojima belakangan ini seperti di dalam mimpi. Dia sangat hebat dan seluruh anggota timnya sangat hebat.”

Meski Vogt-Roberts mengerjakannya langsung bersama sang pencipta game tersebut, kemungkinan besar Kojima tidak akan terlibat banyak dalam proyek film Metal Gear Solid ini mengingat dia telah keluar dari Konami dan secara resmi berpisah dengan sang “buah hati”.

Belum lagi dia dan tim Kojima Productions pasti juga sedang sibuk jualan figur— eh, mengerjakan Death Stranding bersama Norman Reedus, Madds Mikkelsen, dan Guillermo del Toro.

Namun tetap saja, sangat keren melihat seseorang menghargai sumber adaptasi film layar lebar sampai seperti itu. Semoga Kojima bisa memberikan input sebanyak mungkin ke dalamnya — atau setidaknya mengerjakan trailer-nya deh, karena jujur lah, trailer Metal Gear Solid V satu ini berhak disebut sebagai trailer game paling keren dan sinematik sepanjang masa.

Sampai detik ini, trailer Metal Gear Solid V barusan masih membuat bulu kuduk saya merinding. Trailer ini juga yang akhirnya mendorong saya membeli dan menamatkan Metal Gear Solid 2, 3, dan Peace Walker!

Kita doakan saja yang sebaiknya untuk proyek ini. Semoga pengerjaan film Metal Gear Solid bisa berjalan dengan baik dan meluncur ke pasaran. Terutama kalau kita melihat sejarah hidupnya yang dipenuhi oleh film, mulai dari memasukkan motif-motif atau referensi film (Blade Runner dalam Snatcher dan Escape from L.A. di Metal Gear) hingga mengatakan kalau dirinya “70% terbuat dari film“.

Pastinya melihat karyanya bisa hidup sukses di layar lebar adalah salah satu impian terbesar dalam kehidupan pria kelahiran 24 Agustus 1963 yang juga sempat mengerjakan tiga game lain selain serial Metal Gear: Snatcher, Policenauts, dan Zone of Enders selama berada di Konami.

Baca Juga

Simak sejarah pengerjaan film Metal Gear Solid yang sudah dimulai sejak 10 tahun lalu di halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleYuk Simak 6 Kurcaci Paling Terkenal dan Imut di Dunia Anime, Adakah Favoritmu?
Next articleSetelah Kimi no Na Wa, Makoto Shinkai Sudah Siapkan Film Terbarunya Lagi!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.