Selain CPU Xiaomi Pinecone, Benarkah Xiaomi Mi5c Juga Gunakan Snapdragon 821?

Nama Xiaomi Mi5c dan prosesor Pinecone memang tidak bisa dilepaskan. Sejak akhir tahun lalu, Xiaomi sudah terdengar menyiapkan varian ekonomis flagship mereka tahun lalu, Xiaomi Mi5c, yang dikabarkan menjadi duta chipset Pinecone. Chip tersebut diproduksi sendiri oleh Xiaomi, dan banyak dinilai bisa membuat Xiaomi tidak perlu bergantung pada Qualcomm dan MediaTek, serta, memungkinkan produk mereka dirilis lebih cepat dari vendor lainnya.

Baca Juga

Chipset Xiaomi Pinecone ini sendiri baru-baru ini juga dipastikan bakal resmi diluncurkan 28 Februari 2017 besok. Memang Xiaomu Mi5c sudah cukup banyak menarik antusias Mifan, namun prosesor baru ini yang menjadi magnet. Seperti yang kami kabarkan sebelumnya, Qualcomm gagal memenuhi permintaan chipset tergahar mereka saat ini, Snapdragon 835, yang sudah “diamankan” persediaan awalnya oleh Samsung, serta hanya bisa diberikan ke vendor lain setelah Galaxy S8 dirilis.

Xiaomi Pinecone
Undangan peluncuran Xiaomi Pinecone sudah disebar.

Hal itu menjadi imbas Samsung yang “memborong” semua persediaan awal chipset Snapdragon 835 dari Qualcomm, sebagai bagian persetujuan antara keduanya, mengingat chipset tersebut menggunakan teknologi proses produksi 10 nanometer FinFET milik Samsung.Hak eksklusifitas untuk Galaxy S8 akhirnya didapatkan vendor Korea Selatan ini sampai flagship mereka dijual di pasaran April 2017 mendatang.

Gara-gara Samsung, Xiaomi Mi6 Bisa Dijual Lebih Murah dan “Lebih Cepat” dari Galaxy S8

Selain tiga versi Xiaomi Mi6 dan dengan harga mulai 3 jutaan, ternyata Android tergahar Xiaomi ini masih punya senjata lainnya agar bisa bersaing dengan smartphone lainnya yang menggunakan CPU Snapdragon 835.
Baca Juga

Setelah awalnya diberitakan bakal menjadi mesin utama Xiaomi Mi5c, terakhir muncul kabar jika Xiaomi bakal meninggalkan MediaTek untuk flagship mereka tahun ini, Xiaomi Mi6, dan mereka memilih mencangkokkan varian tertinggi prosesor Pinecone ke dalamnya.

Xiaomi Mi5c, yang sudah muncul kabarnya sejak akhir 2016 lalu, menjadi salah satu Android Xiaomi yang dikabarkan akan menggunakan Pinecone, lebih tepatnya, versi terbawah prosesor yang secara kekuatan setara dengan Snapdragon 808. Sejauh ini muncul kode V670 untuk Pinecone versi terbawah tersebut, dan varian di atasnya, menggunakan kode V970 (yang dikabarkan selevel dengan teknologi Snapdragon 835), bakal diterapkan untuk Xiaomi Mi6S dan Mi Note 3.

Sebelumnya terdengar kabar jika chipset Pinecone ini dibangun dengan teknologi 28nm, memiliki basis prosesor octa-core ARM-Cortex A53 dengan kecepatan 2.2GHz serta GPU ARM Mali-T880 MP4 pada kecepatan 800MHz, yang menempatkannya di kelas Snapdragon seri 6xx atau MediaTek Helio seri Pxx, dan bahkan selevel dengan Snapdragon 808.

Ini Daftar Update Android Nougat Xiaomi! Ternyata Redmi Note Ini Tidak Kebagian!

Daftar update Android 7.0 Xiaomi ini seakan menunjukkan, jika Xiaomi memang benar menganaktirikan MediaTek. Pengguna prosesor MTK, tabahkan diri kalian ya... pasti banyak ROM abal-abal yang sudah Nougat bertebaran nantinya!
Baca Juga

Meskipun kepastian penggunaan Pinecone V670 untuk Xiaomi Mi5c ini juga masih rumor, namun terakhir juga muncul bocoran lain, jika Xiaomi Mi5c ini bakal menerapkan chipset dari Qualcom. Seperti terlihat di bawah, bocoran foto terbaru yang menunjukkan tampilan bagian “About phone” memberikan informasi seperti Android 7.1.1 Nougat, 4GB RAM, 64GB ROM, dan…. prosesor quad-core yang kecepatannya 2.35GHz, angka yang sejauh ini hanya bisa kita temukan pada Snapdragon 821, atau yang digunakan pada Xiaomi Mi5s, Mi5s Plus, Mi Note 2 dan Xiaomi Mi Mix.

Bocoran lainnya, dari hasil benchmark Geekbench 4, memperlihatkan jika Xiaomi Meri (kode nama Xiaomi Mi5c) menjalankan prosesor octa-core yang tidak diketahui namanya, hanya kecepatannya 1.4GHz, dilengkapi 3GB RAM. Hasil benchmark-nya 762 point pada single-core dan 3399 pada pengujian multi-core. Nilai tersebut menempatkannya di kelas Snapdragon 625 (menggunakan prosesor octacore 2Ghz), yang juga sebelumnya sempat dirumorkan bakal digunakan untuk Xiaomi Mi5c ini.

Lanjut ke halaman 2… untuk melihat foto terbaru Xiaomi Mi5c.

1
2
SHARE
Previous articleSquare Enix Siapkan Judul RPG Baru, Hadirkan Produser Serial Tales!
Next articleMenurut Guillermo Del Toro, Hellboy 3 Tidak akan Terwujud!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.