Crash Bandicoot PS4 akan Rilis Pertengahan Tahun Ini, tapi Bukan Jadi Game Eksklusif?

crash bandicoot ps4
Sumber: PlayStation Blog

Petualangan Crash si Bandicoot edan akan segera kembali! Activision dan PlayStation tetapkan tanggal rilis remake Crash Bandicoot PS4 pada 30 Juni mendatang, akan tetapi…

The Last of Us Part II dan 2 Kejutan Lainnya Hadir di PlayStation Experience!

Event PlayStation Experience 2016 pamerkan judul Uncharted baru, Crash Bandicoot remaster, dan The Last of Us 2. Yuk lihat trailer gameplay-nya di sini!
Baca Juga

Penggemar serial Crash Bandicoot boleh berbahagia nih! Karena pertengahan tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 30 Juni 2017, sang hewan marsupial akan kembali menghiasi layar kacamu melalui paket remake Crash Bandicoot N. Sane Trilogy untuk konsol PS4 yang dilaporkan dibanderol pada USD $40 (sekitar 534 ribu Rupiah).

Sesuai judulnya yang membawa embel-embel trilogi, remake Crash Bandicoot PS4 mengambil tiga judul game lamanya: Crash Bandicoot, Cortex Strikes Back dan Warped, kemudian dipermak ulang dengan tampilan yang lebih modern seperti yang terlihat di trailer-nya.

Namun ada sebuah misteri yang menyelimuti pengumuman tanggal rilis Crash Bandicoot N. Sane Trilogy. Pertama, akun Twitter PlayStation Irlandia menyebutkan kalau game ini akan rilis untuk PS4 dan PS4 Pro terlebih dahulu.

Nah lho, apa sebenarnya maksud dari “terlebih dahulu” — alias “first” di sini?

Kemudian beberapa hari sebelumnya pada pengumuman tanggal rilis, pengguna Twitter bernama David Burke sempat menanyakan apakah remake ini akan menjadi game eksklusif PS4 yang dijawab dengan yakin oleh pihak PlayStation Irlandia.

Tapi kalau kamu melihat rangkaian tweet-nya sekarang, jawaban tersebut sudah dihapus! Apakah ini pertanda kalau Crash Bandicoot N. Sane Trilogy bakal dikeluarkan juga untuk Xbox One, PC — atau bahkan Nintendo Switch?

Atau mungkinkah Sony dan Activision akan mengeluarkan versi Vita-nya? Hmm, saya rasa ini asumsi yang paling tidak mungkin terjadi. Mungkin lain ceritanya kalau game ini rilis sekitar tiga tahun lalu.

crash bandicoot ps4 not exclusive
Sumber: Noobfeed

Untuk sementara ini belum ada jawaban yang jelas baik dari pihak Activision maupun Sony. Akan tetapi kalau kita mengingat lisensi Crash Bandicoot masih dipegang oleh Activision, maka tidak mengherankan kalau mereka akan merilis game ini untuk platform-platform lain juga.

Crash Bandicoot N. Sane Trilogy sendiri kembali ditangani oleh Vicarious Vision (Skylanders, Marvel Ultimate Alliance 2) yang sudah mengambil alih serial ini dari Naughty Dog sejak tahun 2002. Mereka menggunakan geometri (atau bentuk) level yang sama persis dari game lama-lamanya, namun ditambahkan sistem gameplay dan fitur-fitur baru.

crash bandicoot ps4
Masihkah kamu ingat dengan mereka semua? Sumber: PlayStation Blog

Beberapa penambahan baru oleh Vicarious Vision yang paling terlihat adalah tampilan visual yang lebih cantik, animasi yang lebih luwes, dan juga lagu latar yang dibuat ulang. Lihat saja penampilan Crash dan kekasihnya, Tawna, serta Neo Cortex dan kawan-kawan!

Lalu mereka juga menambahkan sistem checkpoint baru, sistem save manual maupun auto-save, serta tantangan Time Trial untuk semua game Crash Bandicoot PS4. Fitur-fitur tersebut diadaptasi dari judul Warped versi PS1-nya.

crash bandicoot ps4
Sumber: PlayStation Blog

Sistem serta tampilan menu Pause Game dari ketiga game tersebut juga dirombak dengan desain yang seragam untuk remake PS4 ini, tampak dari gambar di atas. Menu tersebut akan memperlihatkan jumlah kunci dan berlian yang telah kamu dapatkan di tiap level. Tidak ketinggalan, catatan waktu Time Trial juga disisipkan di bagian kanan bawah.

Sejauh ini, Crash Bandicoot N. Sane Trilogy terlihat cukup bagus. Tinggal kita tunggu saja apakah benar game ini hanya hadir di PS4 terlebih dahulu dan kemudian keluar di konsol-konsol lainnya, serta apakah Activision dan Vicarious Vision akan memberikan kejutan tambahan lain saat game-nya rilis di pasaran nanti.

Baca Juga

Sumber: Gamespot / Noobfeed / PlayStation Blog. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleOi Oi Oi! JKT48 Rilis Album Baru Berjudul Festival Greatest Hits
Next articleCerita Hero Dota 2: Anti-Mage Sang Pendeta Terakhir dari Tustarkuri!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.