Kesulitan Menyelesaikan Gamenya? Inilah Tips Bertahan Hidup di Game Nioh!

Tips Nioh

Game Nioh bisa dibilang sangat sulit. Bahkan gamer yang sudah biasa main Dark Souls saja bisa kesulitan. Perlu bantuan? Coba baca tips-tips ini!

1

Stance Itu Penting

Tips Game Nioh

6 Lagu Inuyasha Paling Berkesan hingga Akhir Seri

Selain petualangan seru, lagu-lagu Inuyasha yang berkualitas dan enak didengar menjadi ciri utama seri anime ini. Apa saja contohnya?
Baca Juga

Beda dari Dark Souls di mana satu senjata hanya memiliki satu kuda-kuda, game Nioh memiliki tiga kuda-kuda. Ada High Stance, Medium Stance, dan Low Stance. Jangan anggap remeh variasi kuda-kuda ini. Kamu bisa-bisa mati berkali-kali karena terlalu terbiasa menggunakan satu saja.

Medium Stance adalah gaya yang paling seimbang. Kamu bisa bertahan dengan baik dan juga menyerang dengan lebih sakit dari serangan Low Stance, tapi juga lebih cepat dari serangan High Stance.

Low Stance adalah gaya untuk bertahan. William bisa dengan lebih mudah mengelak dari serangan musuh serta memosisikan diri di belakang lawan. Konsekuensinya, walau serangan William lebih cepat dan hemat stamina, kekuatan serangannya jadi lebih lemah dari stance lain.

Gunakan Low Stance saat menghadapi musuh-musuh tangguh yang gesit. Dua boss awal (Onryoki dan Hino Enma) sebaiknya kamu hadapi dengan kuda-kuda ini, lalu beralih ke kuda-kuda lain saat terbuka kesempatan menyerang. Low Stance juga adalah yang terbaik untuk menghadapi musuh yang merayap.

High Stance adalah gerakan dengan tebasan paling kuat. Musuh kamu suka sekali bertahan? Gunakan ini untuk menjebol pertahanan mereka. Tapi hati-hati, William akan lebih sulit mengelak dan bertahan dalam kuda-kuda ini.

Di game Nioh, kamu bisa mengganti kuda-kuda dengan mudah dan dinamis. Jadi bisa saja kamu menggunakan Low Stance untuk mengelak, lalu menggantinya jadi Medium atau High untuk menyerang balik. Bahkan sebenarnya sih itu cara paling ideal untuk bertahan hidup di game ini.

2

Kodama!

Di Dark Souls, kamu bisa menambah jumlah obat-obatan kamu dengan mengumpulkan Estus Shard. Di Nioh, kamu bisa mengumpulkan Elixir dari musuh-musuh yang kamu taklukkan. Tapi jumlahnya tidak pasti. Selain itu, kalau kamu tidak melakukan apa-apa, jumlah maksimum Elixir yang otomatis terisi di Shrine atau mati hanya tiga.

Ingin menambah jumlah Elixir? Kalau begitu kumpulkanlah Kodama. Di level-level utama (dan beberapa sidequest) kamu bisa membantu Kodama nyasar untuk kembali ke Shrine. Setiap 5 Kodama terkumpul, jumlah Elixir yang otomatis terisi akan bertambah 1.

Mengumpulkan Kodama memang tidak akan mudah. Ada beberapa di antara mereka yang tersembunyi dengan baik. Tapi kalau kamu memeriksa dengan seksama setiap level, seharusnya minimal kamu akan bisa menemukan 5. Cukup untuk menambah Elixir gratis.

3

Jangan Remehkan Skill Tree Ninja dan Onmyo

Beda dengan Dark Souls, game Nioh memiliki skill tree. Ada skill senjata untuk menambah kemampuanmu bertarung, ada skill Ninja untuk menambah perlengkapan ninja dan skill-skill stealth, ada juga skill Onmyo untuk menambah perlengkapan sihir.

Kamu mau menjadi samurai yang murni menggunakan senjata? Tentu tidak apa-apa. Tapi tetap jangan sepenuhnya mengabaikan Ninja dan Onmyo. Terutama karena poin untuk menguasai jurus dari dua skill tree ini juga beda dari poin senjata.

Ada beberapa kemampuan dari skill tree Ninja yang juga tak rugi untuk dimiliki petarung jarak dekat. Ninja memungkinkan kamu untuk memperoleh item-item support yang selalu terisi ulang setiap kamu mati atau kembali ke shrine. Sebut saja Anti-toxin pill yang menyembuhkan racun atau Shikin-gan yang bisa menyembuhkan paralysis.

Suka menggunakan senjata jarak jauh? Quivermaker bisa menambah jumlah maksimum anak panah, Shot Pouch menambah jumlah maksimum amunisi senapan, dan Round Carrier menambah jumlah maksimum amunisi Hand Cannon. Semua itu ada di skill tree Ninja.

Lalu bagaimana dengan Onmyo? Onmyo Magic bisa memberikan kamu talisman; item untuk memberi efek elemental ke senjata. Tidak seperti amulet yang bisa kamu kumpulkan dari musuh, talisman ini juga otomatis terisi lagi setiap kamu mati atau kembali ke shrine.

Selain itu ada juga skill Onmyo yang bisa menambah jumlah penyembuhan dari Elixir, memperkuat kamu menghadapi alam Yokai, dan lain-lain.

Memang bijaksana untuk fokus kepada satu-dua skill tree. Tapi coba lihat baik-baik juga skill-skill yang disajikan di skill tree Ninja dan Onmyo Magic. Siapa tahu ada yang ternyata cocok untuk gaya main kamu.


 

Ingin tahu lebih banyak tips game Nioh? Cek halaman kedua untuk lanjutannya!

Baca Juga
1
2

SHARE
Previous article5 Penjahat One Piece Movie yang Paling Hebat dan Berkesan
Next article10 Karakter Terkeren di One Piece, Manakah Karakter Favoritmu?
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.