Mekanika Dota 2: Pengertian dan Macam-macam Disable (Bagian 1)

Mekanika dota 2 pengertian dan macam disableDalam Dota 2 banyak hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan spell. Beberapa spell memiliki efek disable ke musuh, lalu apa sih yang dimaksud dengan disable ? yuk simak pengertian dan macam disable di Dota 2 berikut ini.

Mekanika Dota 2: Penjelasan Tentang Dispel di Dota 2

Dalam permainan Dota 2 banyak hal penting yang perlu kalian ketahui, salah satunya adalah dispel. Mari simak penjelasan dispel di Dota 2 berikut ini!
Baca Juga

Dalam memenangkan sebuah pertandingan di Dota 2 diperlukan pemahaman tentang penggunaan spell di setiap hero. Beberapa hero memiliki spell yang dapat menghentikan pergerakan musuh (disable). Disable di Dota 2 memiliki banyak macam bentuk, untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini.

Stun

Mekanika dota 2 pengertian dan macam disable

Stun adalah salah satu disable yang paling sering dipakai dan merupakan disable yang paling bagus di Dota 2. Saat terkena stun musuh tidak dapat bergerak, menyerang, menggunakan item, menggunakan spell serta mengganggu channeling musuh seperti saat menggunakan Town Portal Scroll icon.pngTown Portal Scroll.

Mini-stun merupakan versi lain dari stun, mini-stun hanya membuat musuh ter-disable dibawah 1 detik (dibaca nol koma sekian detik). Mini-stun juga menghentikan channeling musuh, saat musuh terkena stun akan muncul sebuah animasi di atas kepala musuh yang terkena stun.

Contoh dari stun yaitu  Wraithfire Blast icon.pngWraithfire Blast​, Split Earth icon.pngSplit Earth​, and Slithereen Crush icon.pngSlithereen Crush. Sedangkan contoh dari mini-stun yaitu Battery Assault icon.pngBattery Assault​ and Lightning Bolt icon.pngLightning Bolt​.

Shackle

Mekanika dota 2 pengertian dan macam disable

Cara kerja Shackle mirip dengan stun yaitu benar-benar menghentikan pergerakan musuh yang membuatnya tidak dapat menggunakan spell, item serta tidak dapat menyerang. Perbedaannya ialah saat menggunakan shackle hero yang memiliki spell ini akan melakukan channel ke musuh atau memberikan efek negatif (debuff) ke pengguna.

Contoh spell yang memiliki efek shackle yaitu Black Hole icon.png Black Hole​, Dismember icon.png Dismember​, Fiend's Grip icon.png Fiend’s Grip​, Shackles icon.png Shackles​, Flaming Lasso icon.png Flaming Lasso​  (memberikan efek disarm ke pengguna)  and Electric Vortex icon.png Electric Vortex​ (memberi efek slow ke pengguna).

Sleep

Mekanika dota 2 pengertian dan macam disable

Selanjutnya ada sleep, cara kerja sleep sama seperti stun. Musuh yang terkena efek sleep tidak dapat bergerak, menggunakan item, menyerang dan menggunakan spell. Letak perbedaannya adalah ketika musuh yang terkena efek sleep musuh tersebut akan terkena efek invulnerable (tidak dapat dapat menerima damage/diserang). Tetapi beberapa spell sleep tidak memberikan efek invulnerable tetapi saat diserang efek sleep-nya akan hilang.

Contoh spell yang memberikan efek sleep adalah Nightmare icon.png Nightmare​ (memberikan 1 detik efek invulnerable), Echo Stomp icon.png Echo Stomp​ (tidak memberi efek invulnerable, tetapi musuh yang terkena efek spell ini tidak akan bangun ketika diserang saat 0.8 detik pertama) dan Song of the Siren icon.png Song of the Siren​ (memberi efek invulnerable sepenuhnya selama spell berlangsung)

Cyclone

Mekanika dota 2 pengertian dan macam disable

Cyclone juga memiliki cara kerja yang sama seperti stun, tetapi saat terkena efek cyclone musuh akan terangkat keatas oleh angin puyuh yang muncul. Kebanyakan efek cyclone akan memberikan efek dispel juga kemusuh, kecuali efek cyclone yang diberikan oleh Cyclone (Storm) icon.pngCyclone. Musuh yang terkena efek cyclone tidak dapat diserang selama efeknya berlangsung.

Contoh spell yang memberikan efek cyclone adalah Tornado icon.pngTornado​, Cyclone (Storm) icon.pngCyclone​ dan Eul's Scepter of Divinity icon.pngEul’s Scepter of Divinity.

Slow

Mekanika dota 2 pengertian dan macam disable

Slow juga termasuk sebagai salah satu efek disable yang ada di Dota 2, efek slow terbagi menjadi dua yaitu movement speed slow dan attack speed slow.

Movement speed slow maksudnya adalah musuh yang terkena efek ini akan menjadi lambat dalam berjalan. Banyak hero yang mempunyai spell yang memberi efek movement slow ke musuh. Ketika hero mendapatkan efek haste maka ia akan menjadi kebal terhadap spell movement slow.

Contoh spell yang memberi efek movement speed slow yaitu Thunder Clap icon.pngThunder Clap​, Gush icon.pngGush​ dan Poison Sting icon.pngPoison Sting​.

Attack speed slow akan memperlambat kecepatan serangan musuh, contoh dari spell yang memberikan efek ini adalah Untouchable icon.png Untouchable​, Fire Spirits icon.png Fire Spirits​, dan Liquid Fire icon.png Liquid Fire​.

Sumber : Dota2.gamepedia.comDiedit oleh Febrianto Nur Anwari