Peringkat 8 Karakter Terpintar One Piece – Siapa Layak Jadi Nomor Satu?

karakter terpintar one piece

Di antara semua karakter yang sudah tampil sejauh ini, siapakah karakter terpintar One Piece? Ada beberapa nama yang menonjol. Inilah daftarnya!

8

Benn Beckman

5 Penjahat One Piece Movie yang Paling Hebat dan Berkesan

Walau kadang dianggap tidak canon, ada sejumlah penjahat One Piece Movie yang hebat dan berkesan di hati penonton. Siapa saja? Ini dia daftarnya!
Baca Juga

Di volume 8 One Piece dulu, ada pertanyaan mengenai karakter terpintar One Piece. Saat itu Eiichiro Oda menyebutkan tiga nama dengan IQ tertinggi: Kuro, Nami, dan Benn Beckman. Dan dari tiga itu, Beckman adalah yang memiliki IQ paling besar.

IQ tinggi bukan otomatis berarti Beckman luar biasa cerdas, tentu. Biar bagaimanapun, IQ bisa dianggap sebagai kekuatan prosesor dari otak manusia. Dan seperti prosesor komputer, manusia yang memilikinya bisa saja tidak pernah memaksimalkan penggunaannya. Tapi kelebihan ini membuat Beckman berpotensi sangat berbahaya. Bahkan mungkin dialah ahli strategi dari kelompok bajak laut Shanks.

Kalau begitu, kenapa Beckman ada di bawah nama-nama lain? Sederhana saja: hingga sejauh ini, Beckman tidak pernah benar-benar menunjukkan potensi IQ tingginya itu. Dia selalu tampak keren dan bijaksana. Namun dia lebih sering terlihat beraksi menyerang atau mengancam orang lain ketimbang menggunakan kecerdasannya.

OP Lovers mungkin baru akan mengetahui bagaimana Beckman memanfaatkan IQ-nya saat kru Topi Jerami bertemu lagi dengan Shanks.

7

Sengoku

Tadinya penulis ingin memasukkan Kapten Kuro ke daftar ini. Biar bagaimanapun, seharusnya dialah salah satu manusia dengan IQ tertinggi di East Blue. Tapi Kuro hanya diperlihatkan memanfaatkan IQ-nya itu untuk menyusun strategi serta membuat rencana di mana dia dianggap mati.

Untuk urusan strategi, ada satu karakter yang lebih brilian dari Kuro: Sengoku si mantan Laksamana Armada dari Angkatan Laut. Kelakuan Luffy memang sering membuat pria ini terkaget-kaget. Tapi di krisis terbesar yang pernah dihadapi Angkatan Laut – Pertempuran Marineford – ia dapat menjaga ketenangannya.

Taktik briliannya pada akhirnya membuat Angkatan Laut berhasil keluar sebagai pemenang pertempuran itu. Seperti biasa, terjadi masalah yang membuat ia gagal sekalian memadamkan era bajak laut, dan tokoh seperti Luffy bisa lolos. Tapi tetap saja, melihat dia bisa sukses menghadapi armada besar kru Whitebeard merupakan pencapaian yang tak bisa diabaikan.

6

Nami

karakter pencuri terhebat

Karakter lain yang sudah dikonfirmasi Eiichiro Oda memiliki IQ tinggi. Kecerdasan Nami ini dia perlihatkan dalam kemampuannya membaca cuaca, seekstrem apapun fenomena Grand Line dan Red Line yang ia hadapi. Tanpa kemampuan super ini, Luffy dan kawan-kawan mungkin bahkan tidak akan meninggalkan East Blue.

Bukti lain kecerdasan Nami adalah senjatanya: Clima-Tact. Usopp mungkin menciptakan senjata ini sebagai peralatan pesta, tapi pengetahuan Nami soal cuaca membuatnya dapat menggunakan Clima-Tact untuk mengalahkan musuh tangguh seperti Miss Doublefinger dan Kalifa dari CP9. Ia lalu menggunakan pengetahuan yang ia peroleh dari Weatheria untuk menjadi lebih kuat lagi.

5

Nico Robin

Sebagai arkeolog, Robin memiliki pengetahuan yang sangat luas. Patut diingat kalau dia lulus ujian arkeolog di umur 8 tahun.

Dia juga satu-satunya orang di One Piece – sejauh ini – yang mampu membaca poneglyph; pengetahuan yang ternyata vital untuk dapat menemukan Raftel dan One Piece. Bahkan Big Mom yang sudah berkiprah lama dan memiliki road poneglyph saja tidak dapat memanfaatkannya.

Robin juga adalah anggota kru Topi Jerami yang paling paham soal sejarah dunia. Termasuk tokoh-tokoh penting yang ditemui dan dihadapi Luffy di sepanjang jalan. Kalau misalnya kru Topi Jerami butuh penjelasan tentang sejarah atau kejadian politik, pasti Robin yang akan memberi penjelasan.


 

Empat nama di atas memang bisa dianggap sebagai karakter terpintar One Piece di bidang-bidang berbeda. Namun kecerdasan mereka dalam urusan sains masih kalah dari empat peringkat teratas. Siapa saja? Lanjut saja ke halaman kedua untuk membaca lanjutannya!

Baca Juga
1
2

SHARE
Previous articleCerita Hero Dota 2: Morphling, Sang Elemental Penguasa Lautan
Next article6 Jurus Terkuat One Piece yang Bisa Menyaingi God Thread Awakening Doflamingo
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.