Konami Kunjungi Komunitas PES Indonesia, Pertanda Bakal Ada Event Resmi?

kunjungan konami

Beberapa hari lalu, Konami datang dan mengunjungi komunitas PES Indonesia. Apakah kunjungan Konami ini pertanda mereka bakal mengadakan event resmi di Indonesia?

Meskipun katanya atlet eSport di Indonesia hanya bisa hidup berkecukupan, namun masih ada harapan bagi sektor ini untuk berkembang pesat di tahun 2017. Mendapatkan pengakuan dari luar negeri adalah salah satu indikasinya. Dan hal ini pun baru dialami oleh komunitas Pro Evolution Soccer (PES) terbesar di Indonesia, PES League Indonesia (PES League ID) yang beberapa hari lalu sempat mendapatkan kunjungan dari Konami, developer dan publisher dari PES!

4 Momen yang Dapat Memicu Meledaknya Industri eSport Indonesia di 2017

Di tahun 2017 ini, kami melihat gejala akan meledaknya industri eSport tanah air. Apa saja peristiwa yang menentukan itu?
Baca Juga

Kunjungan perwakilan Konami, utamanya yang berkecimpung dalam pengembangan PES/WE ini di Indonesia bisa dibilang merupakan yang pertama. Selama di Indonesia, lima orang perwakilan Konami ini didampingi oleh pihak Sony Interactive Entertainment Singapura dan founder sekaligus admin dari PES League ID, Valentinus Sanusi. Kunjungan ini pun terlihat dari foto-foto yang di-posting oleh Valent di akun Facebook miliknya.

kunjungan konami
Sumber foto: Facebook

Apa sih agenda dari kunjungan Konami ke Indonesia ini? “Agenda mereka di Indonesia adalah untuk memantau perkembangan komunitas PES di Indonesia,” ungkap Valent saat dihubungi Duniaku.net. “Bukan cuma itu, mereka juga sempat memaparkan beberapa program-program eSport yang bakal dijalankan di musim baru PES 2018 mendatang,” lanjut Valent.

Bagi yang masih awam, PES League ID sendiri saat ini masih menjalankan kompetisi offline dan online PES secara independen. Mereka menggelar kompetisi di berbagai daerah, dimana setiap daerah akan diambil pemenang yang akan bertanding di final nasional yang rencananya akan digelar pada bulan Mei mendatang. Lalu, juara nasional akan bertanding dalam tingkat Asia Tenggara yang juga diselenggarakan di bulan yang sama.

Duniaku.net adalah media partner resmi dari PES League Indonesia

Karena masih independen, kompetisi yang digelar PES League ID masih “mentok” di kejuaraan Asia Tenggara saja. Juara dari Asia Tenggara masih belum bisa bertarung di kejuaraan dunia, World Finals yang biasanya digelar bersamaan dengan final Liga Champions. Untuk bisa bertarung di World Finals, gamer di seluruh dunia (termasuk di Indonesia) wajib mengikuti tahapan-tahapan kompetisi online yang digelar Konami. Itupun wakil dari Indonesia harus lolos dari penyisihan tingkat Asia Tenggara terlebih dulu.

Dengan adanya kunjungan resmi dari Konami Jepang ini apakah musim depan kompetisi PES League ID akan menjadi resmi di bawah Konami? Dengan kata lain, juara nasional dari Indonesia bisa bertarung langsung memperebutkan slot di World Finals? “Yah, kita lihat nanti saja ke depannya. Harapannya sih, semoga PES League ID bisa diakui secara resmi oleh Konami dan yang pastinya bisa bikin event-event resmi bareng Konami. Doain ya!” pungkas Valent.

Selain memantau aktivitas dan perkembangan komunitas PES League ID, Valent juga mengungkapkan beberapa agenda lain selama Konami berada di Indonesia. Salah satunya adalah kunjungan ke beberapa rental PlayStation di Indonesia, sesuatu yang sebenarnya dianggap “ilegal” oleh Konami dan juga beberapa perusahaan besar game dunia lainnya.

kunjungan konami
Sumber foto: Facebook

Konami juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa toko game besar di Indonesia, serta tak lupa mengajak Valent dan beberapa anggota komunitas PES League ID untuk bermain bersama. Ada yang bisa tebak, kira-kira berapa skor pertandingan antara Konami yang notabene developer dari PES, melawan perwakilan komunitas PES terbesar di Indonesia ini? Hehehe.

Baca Juga

Apapun agenda kunjungan Konami ini, semoga bisa membawa dampak yang positif bagi perkembangan eSport di Indonesia, terutama untuk eSport di konsol ya!