Bukan Hanya Bangkitkan Nostalgia, Nokia 3310 “Lebih Canggih” dari iPhone 7

UPDATE: Nokia resmi meluncurkan ponsel ini selama MWC 2017. Bisa kalian baca ulasannya di sini.

Mobile World Congress 2017 bakal berlangsung mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2017 mendatang. Banyak vendor yang memanfaatkan event selular terbesar ini untuk mengkonfirmasikan smartphone terbarunya yang akan dijual di sepanjang tahun 2017.

Baca Juga

Salah satunya HMD Global. Vendor baru dari Finlandia yang mendapatkan hak untuk menggunakan merek Nokia ini dikabarkan bakal membawa beberapa produk, termasuk diantaranya versi baru Nokia 3310.

Nokia 3310 versi baru ini merupakan salah satu langkah HMD Global membangkitkan nostalgia pengguna ponsel jadul, sekaligus sebagai strategi mereka mengenalkan smartphone Android Nokia yang baru. Nokia 3310 yang banyak diakui sebagai ponsel paling tangguh di dunia ini sekadar produksi ulang saja, namun ada beberapa hal baru yang membuatnya bukan sekadar Nokia 3310 asli yang diproduksi ulang serta dijual begitu saja.

Selain Lebih Kuat, Ini Fitur Nokia 3310 Versi Baru yang Perlu Kalian Ketahui

Dulu, ada meme kocak Nokia 3310 bisa mengakses Facebook, dan bahkan mengakses internet. Apakah fitur tersebut juga bisa kalian dapatkan melalui Nokia 3310 versi baru yang diungkapkan besok?
Baca Juga

Menjelang konfirmasi resminya besok, muncul beberapa informasi baru mengenai Nokia 3310 ini. Seperti yang sudah kami tegaskan sebelumnya, versi baru Nokia 3310 ini tidak menjalankan OS modern yang kompleks (baca: Android), melainkan sekadar antarmuka Series 30+ milik Nokia lama.

versi baru Nokia 3310
Ada yang masih ingat tren 90-an ini?

Kemudian juga kembali ditegaskan, layarnya berwarna, termasuk juga pada casingnya, ada beberapa pilihan warna, yang bebas kalian ganti jika bosan. Dulu kita mengenal fitur semacam itu sebagai Xpress-on Cover, dan sangat digandruingi pada masanya.

Feature phone dengan Series 30+ yang terakhir dijual di Indonesia, Nokia 230!

Namun apa yang lebih menarik sebenarnya adalah pengguaan antarmuka Series 30+. Terakhir kita mendapatkan UI Series 30 melalui Nokia 150 yang diluncurkan HMD Global Desember 2016 lalu, Nokia 108 yang dirilis 2013 lalu (dan juga masuk serta dijual resmi di Indonesia), Nokia 220 yang beken karena bisa digunakan untuk akses internet, atau yang paling baru dan juga eksis di Indonesia, Nokia 230, yang di dijual dengan harga setara sebuah smartphone (dan tetap saja laku keras, bahkan sangat langka di pasaran).

Fitur softwarenya semacam Nokia 150 ini…

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Semoga saja, Nokia 3310 versi 2017, Nokia 3310 terbaru, atau Nokia 3310 Android ini mampu mengembalikan slogan Nokia yang telah lama hilang, Connecting People, bukan sekadar Connecting Account. Plus, bonus game Snake II, please!!
Baca Juga

Perkiraan Spesifikasinya?


Mudahnya, versi baru Nokia 3310 ini memadukan desain klasiknya dengan fitur Nokia 150. Demikian kalian bisa berharap adanya layar sekitar2.4-inchi dengan resolusi QVGA atau 240 x 320 pixel, slot microSD, kamera yang sudah mendukung lampu kilat (bahkan juga bisa ditempatkan lampu kilat di depan seperti Nokia 230), ringtone polyphonic atau juga file musik seperti MP3, RadioFM, konektor microUSB agar kalian bisa berbagi dengan saudaranya yang ber-OS Android, ada audio jack 3.5mm yang bahkan iPhone 7 saja tidak memilikinya, opsi dualSIM card, hingga kapasitas baterai minimal 1000mAh.

Nokia 150


Nokia Series 30+ ini merupakan platform software dan antar muka aplikasi yang diciptakan oleh MediaTek untuk Nokia. Meskipun mengingatkan pada UI S30 Nokia lama, yang dulu jamak kita kenal karena aplikasi dan game Java, S30+ justru tidak mendukung aplikasi Java J2ME.

Bahkan punya port audio, ketika smartphone yang puluhan kali lebih mahal tidak memilikinya….

Namun S30+ mampu menjalankan aplikasi built-in, seperti browser Opera, opsi pencarian Bing, aplikasi cuaca MSN Weather hingga chatting melalui GroupMe dari Skype. Well, jangan heran jika aplikasinya “berbau” Microsoft, karena memang sebelumnya mereka yang berhak menggunakan merek Nokia sejak tahun 2014, dan kemudian diambil alih oleh HMD Global akhir 2016 kemarin.

30+ Meme Nokia 3310 Terbaru Ini Bikin Makin Kangen dengan Ponsel Terkuat Sejagat

Yakin sudah tahu semua meme kocak Nokia 3310? Berikut kompilasi #MemeNokia3310 terbaru gak cuma bikin ngakak, namun juga bikin kalian yang punya ikatan batin dengan ponsel sejuta umat ini baper dan pengen punya lagi.
Baca Juga

Penyesuaian Material dan Tombol


Sebelumnya kami juga sudah mendengar jika versi baru Nokia 3310 ini kini kembali dengan layar berwarna seperti pediksi kami sebelumnya, bukan sekadar layar monokrom 84 x 84 pixel, dan ukurannya juga lebih besar dari yang lama.

Selain itu, layarnya tidak terlalu tajam (kecil resolusinya), untuk menjaga agar ketahanan baterainya tetap tinggi. Namun jelas layar yang lebih modern akan membuat game Snake klasik terlihat lebih menarik dimainkan.

Nokia 3310 versi baru ini juga bakal ditawarkan dalam berbagai pilihan warna, termasuk merah, hijau dan kuning, serta tampil lebih ramping dan ringan dibandingkan Nokia 3310 aslinya.

Selain itu, tombol-tombolnya bakal dibuat lebih besar dan strukturnya juga akan berubah. Untuk Nokia 3310 tahun 2017 ini, rumor yang beredar saat ini harganya nanti akan dijual Rp850 ribuan, dan bakal mulai dijual tidak lama setelah peluncuran awalnya selama MWC 2017.

Lanjut ke halaman 2

1
2

SHARE
Previous article6 Jurus Terkuat One Piece yang Bisa Menyaingi God Thread Awakening Doflamingo
Next articleHebat, Smartphone dari Korea Ini Bisa Digunakan Non-Stop Sehari Penuh!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.