Jangan Sampai Gak Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Seputar Piala Oscar 2017

fakta piala oscar 2017

Selain para pemenang yang tentunya akan menuai banyak sorotan, Piala Oscar tahun ini juga memiliki cerita menarik di belakangnya. Contohnya seperti deretan fakta Piala Oscar 2017 berikut ini.

Ajang prestisius Acamedy Awards atau biasa dikenal dengan sebutan Piala Oscar kembali digelar untuk yang ke-89 tahun ini. Tentunya pagelaran di dunia hiburan yang dianggap sebagai ajang penghargaan tertinggi di industri perfilman telah dinanti lama publik.

Inilah 6 Kejutan Paling Heboh dari Nominasi Oscar 2017

Suicide Squad mendapat nominasi? La La Land menyamai rekor Titanic? Ada banyak sekali kejutan dalam nominasi Oscar 2017, dan inilah beberapa contohnya!
Baca Juga

Piala Oscar 2017 seolah menjadi tempat pembuktian sepak terjang berbagai film yang tayang dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Pemberitaan mengenai siapa-siapa saja aktor dan aktris yang digadang-gadang menjadi yang terbaik pun tak luput menjadi bumbu penyedap pagelaran Piala Oscar 2017.

Selain berbagai spekulasi mengenai calon pemenang, deretan fakta Piala Oscar 2017 juga tak kalah menarik untuk dibahas. Lalu fakta apa sajakah yang ada dalam ajang prestisius di dunia film ini?

1

Isu Rasis

fakta piala oscar 2017

Seperti kita tahu, ajang Piala Oscar 2016 banyak mendapat kritikan pedas. Hal ini tak terlepas dari isu rasis yang menyelimuti pagelaran ke-88 ini. Piala Oscar yang seyogyanya diperuntukan bagi para insan terbaik di dunia film, seolah-olah hanya menampilkan aktor atau aktris kulit putih saja dijajaran nominasi.

Pada ajang Piala Oscar 2017, terlihat sudah banyak perubahan. Dalam setiap katagori, sudah ada aktor atau aktris kulit hitam yang dianggap berbakat dan masuk nominasi. Bahkan nama Viola Davis sempat digadang-gadang sebagai calon kuat pemenang dalam katagori Pemeran Pendukung Terbaik.

2

Dana yang Dihabiskan

fakta piala oscar 2017

Disebut sebagai ajang penghargaan film tertinggi di dunia, tentu membuat setiap gelaran Piala Oscar menjadi pusat perhatian seluruh pencinta film. Tak mengherankan, ajang yang pertama kali diadakan tahun 1929 ini selalu menampilkan gelaran yang “wah” dan membuat siapapun yang menontonnya dibuat takjub.

Tak terkecuali dengan tahun ini. Academy Awards ke-89 dibuat dengan biaya yang cukup fantastis. Mulai dari panggung, dekorasi, hingga piala Oscar yang memang berlapis emas. Menurut beberapa sumber, penyelenggaraan Piala Oscar 2017  menghabiskan US$42,8 juta atau sekitar Rp572 miliar.

3

Souvenir Untuk Para Pemenang

fakta piala oscar 2017

Fakta Piala Oscar 2017 selanjutnya adalah hadiah souvenir yang dibawa pulang oleh setiap nomine. Setiap tahun, souvenir yang dibawa pulang oleh para nominasi Piala Oscar ini bikin banyak orang terkesima. Pasalnya, hadiah yang ada di dalamnya tak main-main.

Isi souvenir itu di antaranya adalah voucher menginap selama tiga hari di mansion mewah Lost Coast Ranch, satu minggu di spa eksklusif Golden Door, menginap lima malam di villa di pantai Hawaii, sampai sepuluh sesi gym dengan pelatih fisik ternama.

4

Rekor La La Land

fakta piala oscar 2017

Film La La Land arahan sutradara Damien Chazelle mendadak menjadi perbincangan di ajang Piala Oscar 2017. Bukan tanpa alasan, pasalnya film drama musikal ini menyamai rekor film Titanic dan All About Eve sebagai film dengan nomine terbanyak dalam sejarah Piala Oscar. Ketiga film tersebut sama-sama meraih 14 nomine Oscar.

Selain pemeran aktor dan aktris terbaik oleh Ryan Gosling dan Emma Stone, La La Land juga muncul sebagai kandidat pemenang untuk kategori Naskah Asli Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Kostum Terbaik. Tak ketinggalan lagu “City of Stars” dan “Audition (The Fools Who Dream)” masuk nominasi dalam katagori OST Terbaik.

5

Kejutan Kimi no Na wa

fakta piala oscar 2017

Kejutan besar hadir pada katagori Best Animated Feature Film of the Year dimana film animasi Kimi no Na wa yang sempat membuat heboh dunia animasi nyatanya gagal masuk nomine. Padahal banyak yang memprediksi jika Kimi no Na wa bukan cuma sekedar masuk nominasi Piala Oscar 2017 tapi berhasil keluar sebagai pemenang.

Baca Juga

Mengingat popularitas dan kesuksesan film buatan Makoto Shinkai ini di Jepang dan luar Jepang, banyak orang berharap jika Kimi no Na wa mampu mengulang sejarah yang dibuat oleh Spirited Away sebagai anime Jepang yang sukses menjadi anime terbaik dalam ajang Piala Oscar.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleAMD Siap Tantang Intel dengan CPU Ryzen! Bagaimana Perbandingannya?
Next articleCerita Hero Dota 2 : Razor Sang Pemegang Buku Kematian
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca