AMD Siap Tantang Intel dengan CPU Ryzen! Bagaimana Perbandingannya?

AMD Ryzen
Sumber: AMD

AMD akan merilis prosesor baru mereka, Ryzen 7, pada tanggal 2 Maret besok. Dikabarkan, prosesor AMD Ryzen 7 seharga 6 jutaan Rupiah bisa mengalahkan prosesor 15 juta Rupiah milik Intel!

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Kali ini tim Duniaku.net kedatangan MSI GS43 VR Phantom. Gaming laptop ini ringan tapi performanya jempolan! Simak ulasannya di sini!
Baca Juga

Selama ini perangkat keras CPU dan GPU keluaran AMD selalu menjadi bahan olokan, namun kali ini AMD akan memberikan perlawanan keras terhadap Intel melalui prosesor seri Ryzen!

Pada konferensi pers yang diadakan beberapa saat lalu, CEO AMD Dr. Lisa Su mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan prosesor generasi terbaru mereka pada tanggal 2 Maret besok. Yang membuat berbagai media heboh adalah performanya yang mampu menyaingi prosesor seharga 15 juta Rupiah, tapi pertama-tama kita bahas dulu Ryzen lebih lanjut.

AMD membagi Ryzen menjadi lini berdasarkan performa dan harga, dengan Ryzen 7 menjadi lini high end, Ryzen 5 di tengah-tengah, dan Ryzen 3 merupakan lini untuk budget gaming. Untuk saat ini mereka baru akan meluncurkan Ryzen 7 ke pasaran, sementara Ryzen 5 dan Ryzen 3 menyusul.

Prosesor AMD Ryzen 7 akan dirilis dalam tiga varian pula. Semua memiliki delapan core dan mendukung multi-threading. Berikut adalah spesifikasi dan harga dari semua produk lini Ryzen 7:

  • Ryzen 7 1800X: 8C/16T, 3.6 GHz – 4.0 GHz turbo, 95W, USD $499
  • Ryzen 7 1700X: 8C/16T, 3.4 GHz – 3.8 GHz turbo, 95W, USD $399
  • Ryzen 7 1700: 8C/16T, 3.0 GHz – 3.7 GHz turbo, USD $329

Berdasarkan harga dari salah satu toko perangkat komputer Tanah Air, NanoKomputer, AMD Ryzen 7 1800X akan hadir di Indonesia dengan harga 6,9 juta Rupiah, 1700X seharga 5,2 juta Rupiah, dan 1700 pada 4,4 juta Rupiah.

Nah sekarang kita baru bicarakan hal yang membuat orang-orang tercengang!

AMD Ryzen Performance
Perbandingan antara dua produk dengan harga serupa. Sumber: Tech Powerup
AMD Ryzen Performance
Performa 1800X beda tipis dengan i7-6900K. Sumber: Tech Powerup

Seperti yang terlihat pada grafik benchmark di atas, AMD mengklaim rasio price-to-performance untuk prosesor AMD Ryzen 7 1700 mengalahkan Intel Core i7-7700K meski keduanya tidak berbeda jauh dari segi harga.

Kemudian prosesor Intel Core i7-6900K yang dibanderol USD $1050 atau sekitar Rp15.240.000, performanya bisa dibilang setara dengan Ryzen 7 1800X yang harganya berbeda jauh.

Untuk perbandingan performa yang bisa kamu lihat secara nyata sendiri, pada acara The Game Awards 2016 AMD juga mengadakan percobaan langsung yang menunjukkan perbandingan prosesor AMD Ryzen dan Intel i7 dalam menjalankan game Battlefield 1 dengan pengaturan resolusi 4k. Berikut ini adalah video rekamannya:

Awalnya lini generasi baru ini diberi nama Zen, namun akhirnya diubah menjadi Ryzen. Menurut Wakil Presiden Marketing AMD John Taylor mereka melakukannya dengan terpaksa karena di Amerika Serikat sudah ada banyak produk bernama dan bertema Zen.

Ryzen pun bermula dari “Rizen”, potongan kata dari “New Horizon” yang huruf “o”-nya diubah menjadi “e” agar lebih unik dan terasa “zen”-nya. Sementara “y” dari Ryzen dipakai agar orang-orang tidak mengucapkannya sebagai “risen” (naik/berdiri) saja. Fyuh, banyak banget ya tanda kutipnya…

Mereka juga memutuskan menggunakan simbol Enso, bulatan yang digambar dengan kuas, dari kaligrafi Jepang untuk menjaga tema Zen yang mereka pakai sejak awal.

Pada paruh kedua tahun ini atau menjelang akhir tahun, mereka juga berencana merilis Mobile APU yang didasari dari arsitektur mikro Zen berdasarkan jawaban seorang representatif AMD dari thread tanya-jawab di Reddit.

Diperkirakan Ryzen 3 akan diluncurkan pada waktu yang sama dengan APU tersebut, dan Ryzen 5 akan hadir pada pertengahan rilis Ryzen 7 dan Ryzen 3, yakni pada kuartal kedua tahun 2017.

Baca Juga

Bagaimana, apakah tabunganmu sudah cukup buat beli komponen PC baru?

Sumber: Anandtech / Tech Powerup. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous article10 Ninja Ini Berpotensi Menjadi Karakter Terkuat Naruto (Jika Tidak Mati)
Next articleJangan Sampai Gak Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Seputar Piala Oscar 2017
Jadi penulis karena nggak bisa koding.