Tampil dengan Stock Android 7, Nokia 5 Bisa Menjadi Alternatif Google Nexus

Nokia 5Mobile World Congress 2017 bakal berlangsung mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2017 mendatang. Banyak vendor yang memanfaatkan event selular terbesar ini untuk mengkonfirmasikan smartphone terbarunya yang akan dijual di sepanjang tahun 2017. Termasuk di sana, HMD Global, yang memboyong tiga Android mereka, dan satu yang sudah dipastikan untuk pasae global.

Baca Juga

Meskipun Nokia kini dipegang hak jualnya oleh HMD Global, yang mendapatkan merek ini setelah “dikuasai” oleh Microsoft selama beberapa tahun, namun penulis akan menggunakan nama Nokia saja untuk menyebut HMD Global. Sepertinya lebih familiar, dan lebih nyaman didengar, karena langsung membuat kita mengingat ponsel jadul mereka yang fenomenal. Untuk MWC 2017 ini, ada tiga Nokia Android yang dipamerkan.

Nokia 6 Versi Global Makin Ganteng! Kini dengan RAM 4GB dan Storage 64GB

Dikabarkan siap dijual di Hong Kong, Malaysia dan Filipina, apakah Nokia 6 versi global ini juga masuk ke Indonesia?
Baca Juga

Setelah Nokia 6 dan Nokia 3310 yang sudah kami ulas sebelumnya, yang tidak kalah menarik adalah Nokia 5 dan Nokia 3, yang mengisi pasar mengengah bawah dan kelas bawah diantara jajaran Nokia Android tahun 2017 ini.

Nokia 5


Seperti saudaranya yang lebih besar, Nokia 5 juga dibuat menggunakan material aluminium unibody, untuk menciptakan kesan premium tanpa harus mengorbankan harga jual. Menjadi versi “hemat” dari Nokia 6, kalian harus puas dengan dimensi layar 5.2-inchi dengan resolusi HD, dan jatah RAM serta storage juga diperkecil. Sensor kameranya pun resolusinya juga disunat menjadi 13MP saja. Namun secara keseluruhan, keduanya sama.

Spesifikasi Nokia 5

  • Layar: 5.2-inchi HD 1280×720 IPS Display, dengan lapisan kaca 2.5D
  • Qualcomm Snapdragon 430 Processor, octa-core Cortex-A53, dengan kecepatan 1,4 GHz dan fabrikasi 28 nm, GPU Adreno 505
  • Dimensi: 149.7 mm x 72.5 mm x 8.05-8.55 mm
  • Memory: 2GB RAM
  • Storage: 16GB Internal Storage
  • Speaker: Single Speakers
  • Kamera: Belakang 13MP PDAF, 1.12um, f/2, lampu kilat LED dual tone; depan 8MP AF, 1.12um, f/2, wide-angle atau FOV 840
  • Opsi Dual Sim
  • Ada slot MicroSD
  • Koneksi selular: 3G / 4G LTE Bands 1/3/5/7/8/20/28/38/40; NFC
  • Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth, GPS, NFC, Micro USB, 3.5mm
  • Ada sensor fingerprint
  • Baterai: 3000mAH battery
  • OS: Android 7.1.1 Nougat
  • Pilihan warna: Matte Black, Silver, Tempered Blue, Copper

Melihat spesifikasinya, kalian bisa menyimpulkan jika ini memang lebih pantas masuk kelas menengah. Harganya sendiri €189, atau sekitar Rp2.6 jutaan ketika dijual Q2 2017 (atau antara bulan April-Juni 2017), sama seperti Nokia 6. Dan juga sama seperti saudaranya yang lebih besar, marial casingnya unibody, menggunakan aluminium jenis 6000, sehingga diklaim sangat kokoh.

Secara desain, kami menyukainya, seperti juga Nokia 6 yang ergonomis dan membulat pada keempat sisinya (sekaligus memberi rasa nyaman ketika menggenggamnya). Sederhana, penempatan antena pada keempat sisinya yang tidak “mengganggu” mata, dan masih ada tombol fisik Home seperti Nokia 6, yang berfungsi ganda sebagai pemindai sidik jari.

Resmi! Ini Spesifikasi Nokia 3310 Versi 2017, dan Perbandingannya dengan Versi Jadul

Setelah hanpir dua dekade, akhirnya ponsel sejuta umat, Nokia 3310 telah kembali. Seperti apa spesifikasinya? Dan bagaimana jika dibandingkan dengan versi jadulnya yang terkenal irit baterai, bandel serta tahan banting?
Baca Juga

Ini bisa juga menjadi daya tarik. Seperti Nokia 6 dan Nokia 3, Nokia 5 menjalankan stock Android 7 Nougat, versi terbaru OS Google tanpa ada tambahan bloatware yang mengganggu. Seperti tipikal Google Nexus yang sangat bersih, dan pastinya, juga ringan! Mungkin tampak hambar awalnya, namun toh kalian masih bebas mengkustomisasinya dengan aplikasi pihak ketiga.

Nokia 5

SHARE
Previous articleMengenal Mahershala Ali, Muslim Pertama Pemenang Piala Oscar
Next articleNah Loh, Gara-Gara SAO, Malaysia dan Singapura Terancam di Blacklist oleh Jepang!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.