Nokia 6 Versi Global Makin Ganteng! Kini dengan RAM 4GB dan Storage 64GB

Nokia 6 Versi Global

Mobile World Congress 2017 bakal berlangsung mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2017 mendatang. Banyak vendor yang memanfaatkan event selular terbesar ini untuk mengkonfirmasikan smartphone terbarunya yang akan dijual di sepanjang tahun 2017. Termasuk di sana, HMD Global, yang memboyong tiga Android mereka, dan satu yang sudah dipastikan untuk pasae global.

Baca Juga

Meskipun Nokia kini dipegang hak jualnya oleh HMD Global, yang mendapatkan merek ini setelah “dikuasai” oleh Microsoft selama beberapa tahun, namun penulis akan menggunakan nama Nokia saja untuk menyebut HMD Global. Sepertinya lebih familiar, dan lebih nyaman didengar, karena langsung membuat kita mengingat ponsel jadul mereka yang fenomenal. Untuk MWC 2017 ini, ada tiga Nokia Android yang dipamerkan.

Resmi! Ini Spesifikasi Nokia 3310 Versi 2017, dan Perbandingannya dengan Versi Jadul

Setelah hanpir dua dekade, akhirnya ponsel sejuta umat, Nokia 3310 telah kembali. Seperti apa spesifikasinya? Dan bagaimana jika dibandingkan dengan versi jadulnya yang terkenal irit baterai, bandel serta tahan banting?
Baca Juga

Tipe Nokia Android yang paling menonjol tidak lain Nokia 6, yang sudah diumumkan awal Januari 2017, serta sementara ini dijual eksklusif Cina saja. Selama MWC 2017, Nokia memastikan Nokia 6 akan dirilis di wilayah lain. Bersamaan dengan yang terbesar, ada Nokia 5 dan Nokia 3, yang mengisi pasar mengengah bawah dan kelas bawah diantara jajaran Nokia Android tahun 2017 ini.

Nokia 6


Walaupun banyak yang menilai ini tipe flagship Nokia, namun penulis sangsi. Masih ada beberapa bocoran yang lebih pantas spesifikasinya. Namun untuk masuk ke pasar global, kombinasi spesifikasi mumpuni dan harga murah yang harus dipilih. Dan Nokia 6 mewakili dari visi Nokia yang baru. Tentu saja, versi global ini sama persis dengan yang di Cina.

Spesifikasi Nokia 6

  • 5.5″ Full HD 1920×1080 In-Cell Display
  • 2.5D Glass corners
  • Qualcomm Snapdragon 430 Processor, octa-core Cortex-A53, dengan kecepatan 1,4 GHz dan fabrikasi 28 nm, GPU Adreno 505
  • 4GB RAM
  • 64GB Internal Storage
  • Dual speakers with Dolby Atmos technology
  • 16MP f/2.0 Rear Camera
  • 8MP Front Camera
  • Dual Sim with MicroSD Expansion option
  • 3G / 4G
  • Wi-Fi, Bluetooth, GPS, NFC
  • USB Type-C Port
  • 3000mAH battery with Quick Charge tech
  • Android OS 7.0 Nougat

Ada layar IPS 5.5-inchi Full HD, chipset Snapdragon 430, internal storage 32GB dan jatah memory RAM 3GB, kombinasi kamera 16MP/8MP, slot micro USB, sensor sidik jari, dan dual speaker dengan amplifier khusus, yang dibekingi software Dolby Atmos.

Pilihan warnanya Matte Black, Silver, Tempered Blue, dan Copper ketika dijual nantinya, dan harganya €229, atau sekitar Rp3.2 jutaan. Belum ada kepastian kapan dijual di luar Cina, apalagi, masuk Indonesia. Namun beberapa laporan yang menyebutkan jika pengajuan ijin pengajuan di beberapa negara sudah masuk. Negara tersebut antara lain: Taiwan, Rusia, India, Sanyol, Perancis, Jerman, Inggris Raya, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Polandai, Afrika Selatan, Finlandia, Vietnam, dan Ukraina. Ya, sejauh ini belum ada Nokia Android yang masuk daftar sertifikasi di Indonesia.

Bukan Hanya Bangkitkan Nostalgia, Nokia 3310 “Lebih Canggih” dari iPhone 7

Versi baru Nokia 3310 selain bakal bikin generasi 90-an mengingat kembali masa lalunya, dikabarkan juga bakal memiliki fitur yang bahkan iPhone terbaru saja gak punya... coba tebak, fitur apakah itu?
Baca Juga

Mengiringi perilisan versi global Nokia 6, vendor Finlandia ini juga menawarkan edisi khusus Arte Black Nokia 6. Selain warnanya yang eksklusif piano black yang lebih ganteng (namun pasti lebih rentan meninggalkan sidik jari), kalian mendapatkan internal storage 64GB dan RAM 4GB. Hanya saja harganya meningkat menjadi €299, atau sekitar Rp4.2 jutaan. 

Hanya kalian yang bisa menilai apakah angka tersebut sepadan dengan teknologi Snapdragon 430 yang digunakan di sini. Tapi jangan melupakan casing aluminium unibody, speaker stereo, serta build-quality yang meyakinkan untuk kelas Android, ketika mengukur mahal tidaknya smartphone ini, ya! 

Nokia 6 Versi Global

SHARE
Previous articleZootopia Sukses Rebut Best Animated Feature Film pada Piala Oscar 2017!
Next articleMengenal Mahershala Ali, Muslim Pertama Pemenang Piala Oscar
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.