Mengenal Mahershala Ali, Muslim Pertama Pemenang Piala Oscar

mahershala ali

Mahershala Ali sukses mencuri perhatian di panggung Piala Oscar 2017. Aktor berusia 43 tahun ini berhasil meraih piala Oscar pertamanya dalam kategori Best Supporting Actor lewat film Moonlight yang ia bintangi.

Ia mengalahkan aktor kenamaan seperti Michael Shannon, Dev Patel, Jeff Bridges, dan Lucas Hedges. Kemenangan itu sekaligus menjadikan Mahershala Ali sebagai muslim pertama yang mampu membawa pulang piala Oscar dalam sejarah.

Resmi! Film Valak “The Nun” Mulai Bergentayangan di Bioskop Tahun 2018

Siapkan mentalmu, hantu biarawati Valak akan bersolo karir dan siap memberikan teror yang lebih mengerikan dalam film The Nun yang akan dirilis tahun 2018.
Baca Juga

Namun siapa sebenarnya sosok Mahershala Ali? Yuk kenal lebih jauh lewat enam fakta menarik Mahershala Ali berikut ini.

1

Punya Nama yang Panjang

mahershala ali

Ali lahir pada 19 Februari 1974 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat dengan nama  Mahershalalhashbaz Gilmore. Namun karena namanya cukup panjang dan sulit dilafalkan, akhirnya ia dipanggil dengan sebutan Mahershala Ali.

Meskipun seorang muslim, nama Ali sebenarnya diambil dari alkitab. “Nama saya berasal dari Alkitab. Isaiah 8: 1 dan 3,” ujarnya seperti dilansir IndiWire.

2

Pertama Kali Mengenal Islam

mahershala ali

Ali mulai mengenal Islam untuk pertama kali saat ia menyelesaikan pendidikan sekolah. Saat itu Ali diajak oleh temannya, Amatus Karim, untuk pergi ke masjid melaksanakan ibadah shalat Jum’at. Ketika ia melakukan beberapa gerakan shalat, Ali mengaku terharu hingga menangis.

“Yang aku tahu, umat Muslim percaya dan hanya memiliki satu Tuhan dan Muhammad adalah Nabi-Nya. Selesai shalat, seorang anak lelaki memandangku dan bertanya apakah aku ingin menjadi orang Muslim atau tidak dan aku menjawab, ‘Ya’,” ucapnya.

3

Memiliki Bakat Akting dari Kecil

mahershala ali

Bakat akting Ali sudah terlihat sejak kecil. Ketika masih menjadi mahasiswa di Saint Mary’s College of California ia sudah dipercaya untuk berperan dalam pertunjukan karya George C. Wolfe berjudul Spunk.

Karir Ali pun terus menanjak ketika dirinya magang di California Shakespeare Festival saat liburan musim panas. Lalu mendapatkan peran utama pada film independen, Making Revolution di tahun 2003.

4

Hobi Berolahraga

mahershala ali

Selain bakat akting, Ali juga punya kegemaran di bidang olahraga. “Sedari saya berusia 4 tahun, saya berkompetisi dengan sangat serius. Saya memulainya dengan balapan BMX, lalu kemudian saya mulai bermain basket,” ujarnya pada sebuah siaran di podcast Death, Sex & Money pada Mei 2016.

5

Pencinta Kucing

mahershala ali

Ia memiliki kecung peliharaan bernama Nas. Menurutnya, ia lebih memilih memelihara kucing ketimbang anjing. Ali merasa alergi terhadap anjing karena ia beragama Islam.

6

Film yang Dibintangi

mahershala ali

Bisa dibilang Moonlight merupakan salah satu capaian terbaik Ali sebagai aktor di industri perfilman Hollywood. Berkat aktingnya sebagai Juan, ia sukses menyabet penghargaan Best Supporting Actor pada Piala Oscar 2017.

Namun film Ali bukan hanya itu saja loh. Film-film Mahershala Ali lainnya adalah The Hunger Game: Mockingjay, Supermacy, Go for Sister, dan Crossing Over.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleNokia 6 Versi Global Makin Ganteng! Kini dengan RAM 4GB dan Storage 64GB
Next articleTampil dengan Stock Android 7, Nokia 5 Bisa Menjadi Alternatif Google Nexus
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca