LG G6 Resmi Meluncur, dan Semoga, Bukan “Sunat Edition” yang Dijual di Indonesia

LG G6

LG resmi mengumumkan LG G6 di Barcelona selama Mobile World Congress 2017, hari ini, sekaligus mengakhiri derasnya bocoran untuk flagship barunya yang menjadi wujud perubahan besar-besaran yang mereka lakukan dari LG G5. Mengusung layar lebar minim bezel, apa saja senjata LG G6 untuk menarik minat pasar tahun ini?

Baca Juga

Press-release LG yang kami terima juga memastikan apa detail spesifikasi LG G6. Tidak banyak berbeda dari rumor (atau beberapa dari kalian menyebutnya hoax) yang beredar sebelumnya, ada layar, “mesin” dan audio Hi-Fi dengan Quad DAC yang dimiliki LG V20 di sini, dikombinasikan dengan baterai non-removeable yang memberinya perlindungan anti debu dan air, antar muka baru, konfigurasi dual-camera yang berbeda, serta desain minim bezel yang diklaim tetap nyaman di tanyan. Well, dengan ukuran layar lebih besar dari iPhone 7 Plus, namun LG mampu membuat smartphone baru mereka ini tetap lebih kecil dan ringan, jelas itu sangat menarik.

Ini Fakta Spesifikasi LG G6, Android dengan CPU Snapdragon Terkuat, Siap Hadir Bulan Ini

Apa yang perlu kalian ketahui dari LG G6, Android terbaru LG yang membawa banyak perubahan dari LG G5, dan sudah dipastikan akan hadir lebih awal dari Galaxy S8.
Baca Juga

Spesifikasi LG G6

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 821 Processor, Quad-Core, 2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo. GPU Adreno 530 dengan kecepatan 653 MHz
  • Display: 5.7-inch 18:9 QHD+ FullVision Display (2880 x 1440 / 564ppi)
  • Memory: 4GB LPDDR4 RAM / 32GB or 64GB UFS 2.0 ROM / MicroSD (up to 2TB)
  • Camera: Depan 5MP Wide (F2.2 / 100°), Belakang Dual-Camera: 13MP Wide (F2.4 / 125°) / 13MP Standard OIS 2.0 (F1.8 / 71°). Kamera belakang dilengkapi OIS, 3-axis, dan lampu kilat dual LED
  • Baterai: 3,300mAh (embedded)
  • Operating System: Android 7.0 Nougat
  • Dimensi: 148.9 x 71.9 x 7.9mm
  • Berat: 163g
  • Jaringa: LTE-A 3 Band CA
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a, b, g, n, ac / Bluetooth 4.2 BLE / NFC / USB Type-C 2.0 (3.1 compatible)
  • Warna: Astro Black / Ice Platinum / Mystic White
  • Fitut lain: Anti Debu dan Air dengan standar IP 68 / sensor Fingerprint / UX 6.0 / Dolby Vision™ / HDR10 / Qualcomm Quick Charge™ 3.0 / 32-bit Hi-Fi Quad DAC

Paling mencolok memang layarnya. LG G6 mengusung layar LCD IPS dengan dimensi yang sama seperti LG V20, 5.7-inchi dengan resolusi Quad HD (2880×1440, 564PPI). Namun layar tersebut kini didukung dengan HDR10 serta Dolby Vision, yang dikonfigurasi pada rasio 18:9, yang memang sedikit “tidak umum” untuk perangkat mobile, namun memberi kemungkinan yang berbeda. Sebuah inovasi, karena rasio tersebut memungkinkan smartphone yang layarnya lebar ini antar mukanya terbagi menjadi dua bagian, kotak, yang ukurannya sama besar.

Bahkan dengan layarnya yang menguasai nyaris seluruh bagian sisi depannya, LG G6 masih bisa mencapai predikat lebih tipis dari LG G5. Konsep minim bezel memang bukan kali ini saja kita temui. Sharp melakukannya dengan Aquos, dan kemudian Xiaomi mempopulerkannya melalui Mi Mix, yang sejauh ini menjadi smartphone dengan rasio dimensi layar dengan panel depan yang dramatis.

Ini Kelebihan LG G6: Bersahabat dengan Instagram, Lebih Cepat dari Galaxy S8

Selain dijual satu bulan lebih awal dibandingkan Galaxy S8, LG G6 memiliki beberapa trik dan kelebihan yang membuatnya ideal bagi kalian yang hobi melakukan fotografi di luar ruangan. Apa saja fitur barunya yang sudah terungkap?
Baca Juga

Namun tidak bisa dipungkiri, banyak juga yang tidak nyaman dengan ukuran layar Xiaomi Mi Mix. Dan, juga banyak yang tidak setuju bezel di kiri-kanan dibuat setipis mungkin, atau bahkan melengkung. Karena itulah LG menyajikannya lebih tradisional. Bezelnya memang tipis, namun tidak akan setipis Xiaomi Mi Mix, atau bahkan, Galaxy S8. Yah, setidaknya kejadian salah sentuh bisa diminimalisir di sini.

Hebat, Smartphone dari Korea Ini Bisa Digunakan Non-Stop Sehari Penuh!

Selain baterai jumbo, dia juga tidak mau kalah dengan rival senegaranya. Kamera LG X power2 punya lampu kilat di depan, serta kamera dengan teknologi terbaru. Sudah ga zaman gaes, jeprat-jepret pakai HP yang terhubung powerbank!
Baca Juga

Mungkin kalian juga kecewa dengan pilihan Snapdragon 821. Well, Samsung punya jawaban kenapa hal ini bisa terjadi, ketika seharusnya tahun 2017 untuk kelas flagship standarnya adalah Snapdragon 835. Meskipun penulis pribadi menggunakan OnePlus 3T dan Xiaomi Mi5s yang menggunakan chipset terkuat Snapdragon (untuk tahun 2016) tersebut, tidak menemukan masalah pengoperasian yang lambat. Jika muncul gejala lag pun, yang patut diperiksa hanya jatah memory-nya. Masih cukup atau tidak.

Bezel layar LG G5 kiri, dengan LG G6 di sisi kanan

Untunglah, selain CPU mumpuni, LG masih memberikan jatih RAM 4GB. Memadai, namun bukan yang paling lega, mengingat kebutuhan multi-tasking aplikasi Android dewasa ini makin meningkat, dan sepertinya angka yang paling ideal untuk heavy user adalah 6GB. Menemaninya, ada storage 32 atau 64GB (sebagian besar pasar mendapatkan 32GB), kapasitas baterai 3300mAh, port tipe USB-C yang mendukung Quick Charge 3.0, ketahanan anti debu dan air dengan standar Ingress IP68, pemindai sidik jari di sisi belakang, kamera dual 13MP, kamera 5MP di sisi depan, dan satu corong speaker di sisi bawah.

Ini Masa Depan! LG G5 Ga Perlu Anti Air untuk Bisa Buat Kalian Pengen Ganti Hape!

Jika Galaxy S7 dibuat untuk membantai Xperia Z5, dan LG G5 dibuat untuk mengungguli Galaxy S7, sepertinya kita punya kontestan yang paling layak untuk berhadapan dengan iPhone 7 nantinya!
Baca Juga

Sayangnya, LG masih sama seperti LG G5, mereka memilah-milah fitur produknya. Jika sebagian besar wilayah Asia mendapatkan LG G6 yang dilengkapi Hi-Fi Quad DAC, namun yang di luar Asia harus puas kehilangan fitur tersebut. Bagkan wireless charging juga hanya menjadi standar varian di Amerika Serikat saja, yang artinya, seperti LG G5, menemukan LG G6 yang fiturnya paling lengkap sama saja juga mengorbankan jaminan garansi LG Electronics Indonesia.

Corong speaker masih satu, dan posisi di bawah. USB Type-C di tengah, dan ada lubang mic. Sisi bawah dan atas LG G6 juga dihiasi garis antena. Warna casing hitam yang paling sukses mengaburkan keberadaan garis tersebut;

LG G6 dijual langsung menjalankan Android 7.1.1, yang kini menawarkan interface LG UX6. LG sempat mendemokan beberapa fitur antar muka ini, seperti yang mengoptimalkan dimensi layar dan rasionya yang tidak biasa. Namun keseluruhan, kalian pengguna LG G5 tidak akan asing dengan UI pada LG G6 ini.

Ada yang beda dengan interface kameranya dibandingkan LG G5

Salah satu wujud penggunaan dimensi layar yang lebar, seperti kalian lihat di atas, aplikasi kamera kini memiliki tempat khusus untuk menampilkan barisan hasil foto di sisi atas viewfinder. Ya, langsung di tampilan viewfinder, sehingga memudahkan kalian langsung melihat hasil fotonya.

Lihat Seksinya Galaxy S8 Plus, yang Pasti Buat Kalian Nyesel Terlanjur Beli Galaxy S7 edge

Meskipun tampak cantik dan seksi, namun tidak bisa dipungkiri Galaxy S8 ini mengingatkan kalian pada..... Xiaomi!
Baca Juga

Dual-cameranya juga mengalami peningkatan. Jika sebelumnya dalam LG G5 resolusi maksimalnya hanya 8MP ketika menggunakannya untuk mengambil foto yang wide, hasilnya tidak sebaik kamera utamanya yang 16MP. Kini dengan kamera wide 13MP, seharusnya masih bisa sebanding dengan sensor utamanya, yang (yah, sayangnya sih) menggunakan Sony Exmor RS IMX258, sensor dari tahun 2015 yang juga digunakan untuk konfigurasi dual-camera pada Xiaomi Redmi Pro dan Xiaomi Mi5s.

Kamera LG G5 di sisi kiri, masih ada laser dan color spectrum sensor… Kamera LG G6 menanggalkannya. Bahkan resolusi kamera utamanya juga turun. Tapi untunglah, modul kameranya tidak menonjol.

OnePlus 3T Bikin Ngeces! Snapdragon 821, ROM 128GB, RAM 6GB, Dijual Hanya 5 Jutaan!

Dengan harga yang bahkan lebih murah dibandingkan banyak Android lainnya yang RAM-nya masih 4GB, kalian bakal heran kenapa Android sekeren ini juga harus kucing-kucingan dijual di Indonesia hanya karena masalah TKDN...
Baca Juga

Sony Exmor RS IMX258 yang digunakan untuk kamera utama (bukan yang wide) LG G6 ini bahkan, sebenarnya lebih rendah kastanya dari sensor kamera wide pada LG G5, yang menggunakan Exmor RS IMX268. Namun resolusinya, jelas lebih tinggi, serta dengan memanfaarkan ukuran sensor 1/3.06″ dan besar tiap pixelnya 1.12 μm. Hanya saja ketika membandingkan dengan sensor utama LG G5 yang menggunakan Exmor RS IMX234 dan resolusi maksimal 16MP, jelas ada peningkatan, walaupun menurut kami, tidak banyak.

Lanjut ke halaman 2… apakah LG G6 ini sekadar revisi desain LG G5? Berapa perkiraan harganya?

1
2

SHARE
Previous articleCerita Hero Dota 2 : Razor Sang Pemegang Buku Kematian
Next articleZootopia Sukses Rebut Best Animated Feature Film pada Piala Oscar 2017!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.