Kalahkan VG.J, Team Liquid Dota 2 Jadi Juara Kompetisi SL i-League Season 3!

Selesai sudah kompetisi SL i-League Season 3. Setelah 3 hari penuh pertarungan sengit antar tim Dota 2 terbaik, Team Liquid pun akhirnya dianugerahi gelar jawara kompetisi SL i-League Season 3!

Kompetisi yang berjalan pada 23 sampai 26 Februari kemarin ini berhasil menelurkan Team Liquid sebagai juara pertama. Diadakan di Shanghai, Cina, kompetisi ini merupakan hasil kerja sama antara StarLadder penyelenggara kompetisi eSport asal eropa dengan IMBA TV sebuah kanal siaran tayangan pertandingan eSport asal Tiongkok.

Kompetisi ini mempertandingankan tim-tim terbaik asal Eropa, Tiongkok, Amerika dan juga Asia Tenggara. Dengan Wings Gaming dan tim OG sebagai dua tim yang diundang langsung, membuat proses Team Liquid menjadi juara terbilang tak mudah. Mereka jadi harus melalui kualifikasi wilayah Eropa terlebih dahulu mengalahkan tim-tim hebat Eropa lainnya seperti Natus Vincere salah satunya.

Pada fase grup, Team Liquid terbilang memiliki performa solid meski menghadapi tim-tim tangguh. Ia berada di grup B bersama dengan tim VG.J, Wings Gaming dan Digital Chaos. Memasuki babak playoff Team Liquid juga tampil percaya diri dan berhasil kalahkan para penggawa asal Filipina, TNC Pro Team, 2-0.

Roster tim Vici Gaming yang disponsori oleh pebasket NBA, Jeremy Lin. Sumber gosugamers.net

Memasuki babak final, Team Liquid bertemu dengan team VG.J, cabang team Vici Gaming yang disponsori oleh pebasket NBA asal Tiongkok, Jeremy Lin. Team Liquid berhasil menang dengan skor 3-1 dari seri pertandingan best of 5.

Namun performa Team Liquid bisa dibilang belum panas di game pertama. VG.J tampil solid dan berhasil kuasai tempo permainan setidaknya sampai pertengahan permainan. Namun menjelang akhir tepatnya di sekitar menit 45, VG.J mulai keteteran dan hampir saja mengalami kekalahan. Namun VG.J bangkit kembali dan berhasil paksa Team Liquid ketik GG di menit 53.

Masuk ke game kedua Team Liquid berhasil bangkit dari kekalahannya di game pertama. Mereka tak mau lagi terbawa ke dalam tempo permainan VG.J dan berhasil kendalikan tempo permainan sejak dari awal permainan. Team Liquid yang tak mau banyak basa-basi pun langsung berhasil paksa VG.J ketik GG di menit 24.

Game ketiga seharusnya jadi titik tolak bagi VG.J untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Meski berhasil leading di awal-awal, namun sepertinya strategi 5-man-push dari VG.J malah bikin keteteran menghadapi permainan split push yang dibawa Team Liquid. Bertumpu kepada Morphling-Io dari Lasse ‘MATUMBAMAN’ Urpalainen dan Maroun ‘GH’ Merhej, Team Liquid akhirnya berhasil menang setelah 47 menit pertempuran.

Game keempat yang harusnya jadi game terakhir harapan tim VG.J malah berawal kurang baik bagi mereka. Sampai ke menit-9 VG.J harus berjuang keras dengan skor kill yang sudah mencapai 0-5. Ketidak unggulan tersebut pun terus menggelinding seperti sebuah bola salju besar yang siap menghantam VG.J kapan saja. Tak kuat lagi membendung serangan Anti Mage dari Amer ‘Miracle-’ Al-Barkawi, VG.J terpaksa ketik GG pada menit 37.

Baca Juga

Sebagai juara pertama, Team Liquid berhak membawa hadiah utama sebesar $135.000 atau sekitar Rp1,8 M. Selamat untuk Kuro ‘Kuroky’ Salehi dan kawan kawan ya! Mungkinkah kemenangan ini jadi tanda kejayaan Team Liquid pada kompetisi Kiev Major mendatang? Semoga saja ya! Ikuti terus Duniaku.net untuk informasi eSport Dota 2 ter-update ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari