Makin Cakep, Spesifikasi Motorola Moto G5 Menjadi Tidak Sebanding dengan Modelnya

Spesifikasi Motorola Moto G5

Mobile World Congress 2017 bakal berlangsung mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2017 mendatang. Banyak vendor yang memanfaatkan event selular terbesar ini untuk mengkonfirmasikan smartphone terbarunya yang akan dijual di sepanjang tahun 2017. Salah satunya Motorola. Vendor yang sejak 2014 lalu diakuisisi Lenovo ini seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, mengkonfirmasikan Motorola Moto G5 dan Moto G5 Plus.

Baca Juga

Berbeda dengan seri Motorola Moto E yang beruntung mendapat kesempatan dijual resmi di Indonesia, Moto G4 harus puas masuk secara “diam-diam” ke Indonesia. Semoga saja penerusnya ini bisa memperbaiki keadaan, karena secara harga dengan spesifikasinya menawarkan kombinasi yang baik untuk ukuran kelas menengah.

Dan seperti kakaknya, ada dua tipe yang ditawarkan Motorola. Yang kecil, Moto G5 (tanpa plus) langsung mengusung casing dengan bahan metal aluminium, meninggalkan bahan plastik polycarbonate pada Moto G4 dan Moto G4 Plus.

Salah satu identitas Moto G5 (tanpa plus) adalah lubang mic (lubang hitam pada gambar di atas) sekunder berada di sisi atas garis penanda antena selularnya.

Material aluminium yang ditawarkan dengan pilihan warna Lunar Gray dan Fine Gold tersebut dimensinya 144.3 x 73 x 9.5mm. Memang mengecil dibandingkan sebelumnya (153 x 76.6 x 9.8 mm), namun tetap tergolong besar untuk smartphone 5-inchi. Seperti sebelumnya, ada lapisan nano-coating yang membantu mencegah air masuk ke dalam tubuhnya.

Selain Snapdragon 625, Motorola Moto G5, Punya Kamera Canggih, Sony Exmor Dual-Pixel

Android 7 Nougat, Snapdragon 625, kamera canggih dengan sensor dual-pixel ala Galaxy S7, dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Setelah Moto Z, semoga saja Lenovo Indonesia juga memasukkan smartphone terbaru Motorola ini ke pasar lokal.
Baca Juga

Selain tubuh aluminium, langsung terlihat bedanya dibandingkan sebelumnya, ada sensor sidik jari di bawah layar (sesuatu yang hanya diberikan pada varian Plus pada G4). Tidak ada konfigurasi dual-speaker seperti Moto E3 power, namun setidaknya speaker smartphone ini ada di depan. Tepatnya, berada di lokasi yang sama dengan earpiece di atas layar. Di sisi atas, kalian masih mendapatkan port audio jack 3.5mm.

Layarnya mengecil dari 5.5-inchi menjadi 5-inchi, untuk membedakan kelasnya dari versi Plus. Bidang 5.0-inchi LCD dengan resolusi Full HD 1080p menghasilkan kepadatan pixel 441ppi. Cukup tinggi untuk smartphone kelas menengah. Bahkan sudah ada lapisan Gorilla Glass 3 untuk memberi keamanan dari goresan ringan.

Motorola Moto G4 Plus, Android Setara iPhone 6s Plus dengan Kamera Canggih!

Walaupun kualitas kameranya setara iPhone 6s Plus, namun ternyata harganya hanya 1/4-nya dari smartphone Apple!
Baca Juga

Di sisi mesin utamanya, kalian berserah pada chipset Qualcomm MSM8937 dengan prosesor Snapdragon 430 yang memiliki delapan core prosesor, berkecepatan 1.4GHz, ada memory 2GB RAM, dan internal storage 16/32GB yang masih bisa diperbesar dengan microSD, yang bukan hybrid, terpisah dari kedua slot kartu SIM-nya.

Spesifikasi tersebut mungkin terkesan moderat, namun, dengan OS Android 7.0 yang tampilannya mendekati stock, tanpa banyak bloatware, seharusnya Snapdragon 430 sudah lebih dari cukup mengeksekusi semua kebutuhan komputasi.

Untuk kameranya, Motorola Moto G5 mengusung sensor 13MP dengan bukaan lensa f/2.0 yang didukung fokus PDAF (phase detect autofocus). Tidak terlalu spesial, mengingat hanya mampu merekam video Full HD 1080p pada 30fps. Namun kalian bisa menemukan Professional Mode, sebutan untuk mode manualnya. Kamera depannya sendir juga tidak terlalu spesial, 5MP dengan lensan wide-angle serta bukaan f/2.2.

Untuk kapasitas baterainya, sayang sekali, menurun 200mAh dari Moto G4. Kini menjadi 2800mAh saja. Kalian bisa memanfaatkan fasilitasn rapid charging yang juga menjadi standar pada kelas atas mereka. Bahkan dalam paket pembelian sudah disertakan 10W rapid charger.

Baik Moto G5 dan G5 Plus dipastikan mulai dijual Maret 2017 mendatang, namun tidak disebutkan negara mana yang mendapatkannya terlebih dahulu. Untuk harganya, kalian bisa mendapatkannya pada angka €199, atau sekitar Rp2.8 jutaan.

Ga Pake Mahal, Spec 5 Jutaan dalam Motorola Moto G4 Ini Hanya Dijual 2 Jutaan!

Prosesor octa-core, RAM 3GB, layar Full HD, OS Android Marshmallow dan pasti dapat update Android N, kamera 16MP dengan fokus phase detect dan dukungan laser, dijual hanya 2 jutaan?
Baca Juga

Spesifikasi Motorola Moto G5:

  • OS: Android 7.0 Nougat
  • Prosesor: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, octa-core 1.4GHz 64-bit Cortex-A53, GPU Adreno 505 dengan kecepatan 450MHz
  • Layar: 5-inchi, resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920-pixel), kepadatan pixel 441ppi, berpelindung Corning Gorilla Glass 3
  • Dimensi: 144.3 x 73 x 9.5 mm
  • Berat: 145g
  • Baterai: 2800 mAh mendukung fast-charging dengan charger Motorola TurboPower
  • RAM: 2GB RAM
  • Storage: 16GB, ada slot microSD terpisah (mendukung hingga 256GB)
  • Kamera: 5MP selfie/13MP kamera utama, dengan fokus PDAF dan lampu kilat dual LED
  • Konektivitas: Bluetooth 4.2, WiFi, GPS dengan A-GPS/GLONAS, dual-SIM 4G/LTE, microUSB 2.0 (mendukung OTG dan USB Host)
  • Ada radio FM
  • Sensor fingerprint di bawah layar
  • Pilihan Warna: Lunar Grey, Fine Gold
Sumber: Motorola (2)

SHARE
Previous articleMau Indonesia Maju? 5 Sifat Orang Jepang Ini Harus Banget Kita Tiru
Next articlePeringkat 10 Anggota Terkuat Akatsuki di Naruto, Siapa Saja?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.