Antara Gosip dan Fakta Xiaomi Mi5c, Android Cina Ini Harganya Bakal Merusak Pasar

Spesifikasi Xiaomi Mi5c

Xiaomi tidak perlu sampai harus buka booth di Mobile World Congress 2017 di Spanyol untuk membuat mata dunia berpaling. Sesuai undangan yang sudah disebarkan sebelumnya, kemarin mereka menggelar konferensi pers, mengumumkan chipset pertama buatan sendiri, Xiaomi Surge S1, yang sebelumnya disebut prosesor Pinecone, dan juga gadget pertama yang menggunakannya, Xiaomi Mi5c.

Baca Juga

Nama Xiaomi Mi5c dan prosesor Pinecone, yang kini memiliki nama resmi Surge S1 memang tidak bisa dilepaskan. Sejak akhir tahun lalu, Xiaomi sudah terdengar menyiapkan varian ekonomis flagship mereka tahun lalu, Xiaomi Mi5c, yang dikabarkan menjadi duta chipset Surge S1. Chip tersebut diproduksi secara in-house oleh Xiaomi, dan banyak dinilai bisa menambah daya saing Xiaomi, karena mereka tidak perlu bergantung pada Qualcomm dan MediaTek, serta, memungkinkan produk mereka dirilis lebih cepat dari vendor lainnya.

Gara-gara Samsung, Xiaomi Mi6 Bisa Dijual Lebih Murah dan “Lebih Cepat” dari Galaxy S8

Selain tiga versi Xiaomi Mi6 dan dengan harga mulai 3 jutaan, ternyata Android tergahar Xiaomi ini masih punya senjata lainnya agar bisa bersaing dengan smartphone lainnya yang menggunakan CPU Snapdragon 835.
Baca Juga

Rumor mengenai Xiaomi Mi5c sendiri sudah muncul sejak akhir 2016 lalu, dan menjadi salah satu Android Xiaomi yang dikabarkan akan menggunakan Surge S1. Dan kini bersamaan dengan dikonfirmasikannya Surge S1 yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya, Xiaomi Mi5c terbuka tabirnya. Apakah rumor yang salam ini beredar sesuai dengan fakta spesifikasi Xiaomi Mi5c yang terungkap? Yuk, kita bandingkan bersama-sama!

Spesifikasi Xiaomi Mi5c:

  • OS: Android 7.1 Nougat
  • Prosesor: Surge S1, octa-core 64-bit processor (2.2GHz quad-core A53 + 1.4GHz quad-core A53), GPU ARM Mali-T860 MP4
  • Layar: IPS 5.15-inchi, resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920-pixel), kepadatan pixel 428ppi, berpelindung Corning Gorilla Glass 3, dengan kecerahan 550-nit, dan pengaturan 2048 tingkat level kecerahan
  • Dimensi: 144.4 x 69.7 x 7.1mm
  • Berat: 135g
  • Baterai: 2860mAh mendukung fast-charging
  • RAM: 3 GB RAM LPDDR3
  • Storage: 64GB eMMC5.0
  • Kamera: 8MP selfie dengan bukaan lensan f/2.2 / 12MP kamera utama dengan 1.25 micron pixel, f/2.2, 27mm, phase detection autofocus, LED flash
  • Konektivitas: Bluetooth 4.2, WiFi a/b/g/n/ac, GPS dengan A-GPS/GLONAS, dual-SIM 4G/LTE, USB Type-C 1.0 (mendukung OTG dan USB Host)
  • Sensor: Fingerprint di bawah layar, Acceleromter, Gyroscope, Ambient Light, Proximity
  • Pilihan Warna: Black, Gold, Rose Gold

Spesifikasi Xiaomi Mi5c

1

Layarnya 5.15-inchi


Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat sebelumnya Xiaomi berkode Libra, Mi4c, yang beken dengan julukan Miforce menggunakan layar berdimensi 5-inchi. Peningkatan harus ada. Dan agar tidak membuat Mi5 kelihatan “kecil”, Xiaomi menggunakan dimensi yang sama, 5.15-inchi dengan resolusi yang masih sama, Full HD. Ukuran ini tidak terlalu kecil, namun juga tidak terlalu besar. Menghasilkan keseluruhan dimensi tubuhnya yang pas di tangan.

Ditambah lagi layar 5.15-inchi yang dipasok oleh JDI (produsen layar asal Jepang kolaborasi Sony, Toshiba dan Hitachi) juga diapit oleh bezel yang sangat tipis, hanya 1.6mm saja. Henatnya lagi, Xiaomi mampu meminimalkan bingkai hitam, atau black border di sekeliling layar yang selama ini menjadi momok bagi pengguna Xiaomi, khususnya, Mifan yang menggunakan smartphone tipe warna cerah (bingkai hitam secara estetik merusak cantiknya desain).

Xiaomi Redmi 5 Disiapkan, Ini Bocoran Spesifikasi Penerus HP Termurah Xiaomi

Xiaomi bakal sibuk, setelah Redmi Note 4 Snapdragon, Redmi Note 4X, Xiaomi Mi6, Xiaomi Mi5c, kini ada Redmi Pro 2, Xiaomi Mi Max 2, Mi Mix 2, dan juga, Redmi 4S atau Redmi 5.
Baca Juga

Berhubungan dengan penggunaan Surge S1, Xiaomi mampu memaksimalkan mesin tersebut agar sejalan dengan software mereka, sehingga optimalisasi pencahayaan layar bisa maksimal. Mereka mengklaim bisa mencapai tingkat pengaturan pencahayaan otomatis hingga 2048 tingkatan, sehingga sangat presisi. Dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti, pencahayaan layar bisa dengan halus berganti dari terang ke gelap dan sebaliknya menyesuaikan kondisi cahaya ruangan.

Well, kehalusan pengaturan backlight otomatis ini memang menjadi masalah tersendiri bagi smartphone Xiaomi, dan penulis penasaran seperti apa hasil optimalisasi tersebut. Apalagi dengan kecerahan maksimal sampai 550 nit, harusnya bisa dimaksimalkan, sehingga tampilan layar Xiaomi Mi5c tetap terlihat di bawah paparan cahaya matahari.

Bagaimana dengan rumornya? Meleset! Sebelumnya dikabarkan Xiaomi Mi5c layarnya 5.5-inchi Full HD. Namun bingkai hitam yang tipis sudah jelas terlihat pada bocoran sebelumnya, dan banyak disambut baik.

Selain Percepat Update MIUI, Fitur CPU Xiaomi Surge S1 Ini Bisa Bikin Snapdragon Keok

Selain update software MIUI yang lebih cepat, Setelah harga smartphone Xiaomi merusak pasaran merek lainnya, kini giliran prosesor mereka yang memiliki fitur canggih, yang dipastikan bisa membuat CPU MediaTek dan Snapdragon langsung keok! Apa saja teknologi Surge S1?
Baca Juga

2

Desain yang Tipis dan Ringan


Xiaomi mengenalkan Xiaomi Mi5c sebagai smartphone ultra slim, ringan, dan menjadi yang pertama ditenagai oleh Surge S1. Dengan keseluruhan dimensi tubuhnya 144.4 x 69.7 x 7.1 mm, ketipisan tubuh Xiaomi Mi5c berhasil mengungguli kedua pendhulunya, seperti Mi4c dengan dimensi 138.1 x 69.6 x 7.8mm dan Mi5 pada 144.6 x 69.2 x 7.3mm.

Sayangnya, untuk beratnya tidak meraih angka yang menarik, karena 135gram pada Mi5c ini tetap lebih berat 6gram dari Mi5 dan 3gram dari Mi4c. Ya ya, kalian tidak akan bisa membedakan bobot mereke ketika digenggam nantinya.

Bagaimana dengan rumornya? Well, data dimensi dan berat belum diketahui saat itu, namun sudah bisa dipastikan ketipisannya. Untuk fakta yang satu ini, kami menilainya tidak meleset!

Lanjut ke halaman 2… untuk mengetahui teknologi dan jenis sensor kameranya!

1
2
3
SHARE
Previous articlePeringkat 6 Tim Terbaik Eyeshield 21 – Siapa yang Paling Hebat?
Next articleIni Lho Rekomendasi Film Bulan Maret yang Jangan Sampai Ketinggalan untuk Ditonton
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.