Sebelum Kedatangan Sinetron Tak Mendidik, 6 Anime Legendaris Ini Pernah Tayang di SCTV

SCTV pernah menjadi salah satu saluran televisi favorit anak-anak. Pasalnya banyak sekali anime legendaris yang pernah tayang di sini. Mulai dari genre komedi sampai mecha, bisa kamu tonton setiap hari.

Bersama dengan RCTI, Surya Citra Televisi atau SCTV merupakan saluran televisi swasta tertua di Indonesia. Mulai mengudara sejak 24 Agustus 1990, perlahan SCTV bisa merangkul penonton segala umur mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Terlebih dengan berbagai program menarik, termasuk deretan anime legendaris yang sempat tayang di SCTV.

Baca Juga

Ya, sebelum diserang deretan sinetron seperti Anak Sekolahan, Anak Langit sampai Berkah Cinta, SCTV adalah salah satu televisi primadona bagi para pecinta anime. Dari sekian banyak, berikut ini 5 anime legendaris yang pernah tayang di SCTV.

1

B'T X

anime legendaris

Sukses bersama manga Saint Seiya tak membuat Masami Kurumada berpuas diri. Tak berselang lama ia juga membuat manga sejenis dengan judul B’T X atau dibaca Beat X yang tak kalah berhasil.

Anime yang menceritakan pertarungan pendekar dengan para robot berbentuk hewan ini pun akhirnya ditayangkan oleh SCTV di tahun 90-an dan menjadi salah satu anime favorit dan ditunggu-tunggu kala itu.

2

Popolocrois

anime legendaris

Jika B’T X menyasar penonton laki-laki, Popolocrois adalah anime legendaris di SCTV yang menjadi favorit perempuan karena konsep cerita anime yang sangat kental dengan nuansa fantasi dan kerajaan.

Popolocrois adalah anime yang diangkat dari video game yang dirilis di PlayStation 1. Menceritakan petualangan pangeran Pietro dari kerajaan Popolocrois. Selain menampilkan aksi dari pangeran Pietro, anime ini juga dibalut dengan bumbu komedi yang kocak.

3

Samurai X

anime legendaris

Mungkin banyak dari kita baru mengenal anime legendaris ini ketika ditayangkan di SCTV. Apalagi, para pengisi suaranya mampu menghidupkan karakter Kenshin, Sanosuke, Kaoru, dan Yahiko secara tepat.

Samurai X atau Rurouni Kenshin  dirilis tahun 1994 oleh publisher Shueisha. Manga atau anime ini berlatar belakang pada awal dari era Meiji di Jepang. Cerita berfokus kepada Kenshin Himura atau dikenal dengan julukan “Hittokiri Battousai” yang menyesali perbuatan di masa lampaunya dimana ia telah banyak membantai orang-orang tak bersalah. Kenshin berjanji untuk tidak membunuh lagi. Dari situ dimulailah perjalanan Kenshin menjadi seorang pengembara yang menggunakan pedang dengan mata pisau terbalik.

4

Makibao

anime legendaris

Anime Midori no Makibao menceritakan kisah kuda putih mungil yang sering mendapat bully karena ukuran tubuhnya yang tak proporsional sebagai kuda pacu. Bahkan tampilan fisiknya lebih mirip keledai dengan lubang hidung yang besar.

Konflik bermula ketika ibu dari Midori Makibao dibawa pergi sebagai ganti hutang-hutang yang telah menumpuk. Tak mau tinggal diam, Makibao pun ikut berbagai turnamen pacuan kuda demi mengumpulkan uang yang hasilnya dipakai menebus ibunya yang di bawa.

Pada awal karir, Makibao memiliki kesulitan membuat debut sebagai kuda pacuan. Terlebih ia harus bersaing dengan kuda unggulan yang memiliki lari super cepat, Superhorse Cascade. Tapi dengan semangat dan tekad demi bertemu ibunya kembali, semua rintangan itu pada akhirnya bisa Makibao lalui dengan susah payah.

5

Dr Slump

anime legendaris

Sebelum Akira Toriyama menuai kesuksesan melalui manga Dragon Ball, ia sudah terlebih dahulu mencuri perhatian sebagai mangaka saat merilis manga Dr Slump. Muncul tahun 1980, Dr Slump mendapat sambutan positif dari pembaca dan dengan cepat mendapatkan adaptasi animenya.

Bukan Cuma Dragon Ball, 5 Manga Karya Akira Toriyama Ini Juga Harus Kamu baca

Berikut ini Duniaku telah merangkum deretan manga karya Akira Toriyama selain Dragon Ball yang harus kamu baca!
Baca Juga

Dr. Slump sendiri menceritakan seorang penemu bernama Senbei Norimaki yang akrab dipanggil “Dr. Slump”. Sampai suatu ketika ia menciptakan sebuah robot yang diberi nama Arale Norimaki. Alih-alih membawa berkah, robot ciptaannya yang memiliki kekuatan super ini malah lebih banyak membuat masalah di desa. Animenya pernah ditayangkan di SCTV pada akhir tahun 90-an.

Mana nih yang jadi favoritmu dulu?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleKembali Jelajahi Sisi Gelap Middle-Earth dalam Shadow of War, Bersama Spesifikasi PC-nya!
Next article5 Pangeran Arab ala Anime yang Gak Kalah Tamvan dari 25 Pangeran di Dunia Nyata
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca