Ups, Save Data Nintendo Switch Ternyata Tidak Bisa Dipindah!

save data nintendo switch

Berdoalah Nintendo Switch-mu tidak bermasalah, karena untuk saat ini save data Nintendo Switch masih belum bisa dipindahkan ke media lainnya!

Saat ini gamer di seluruh dunia mungkin tengah bersuka cita dengan dirilisnya konsol baru, Nintendo Switch ke pasaran. Namun layaknya konsol-konsol edisi perdana, rupanya Nintendo Switch masih memiliki beberapa masalah baik dari segi hardware maupun software. Sampai saat ini sudah ditemukan sedikitnya empat masalah Nintendo Switch yang menimpa beberapa pengguna awal secara acak.

Baca Juga

Nah, rupanya masalah bukan hanya berhenti di situ saja. Yang menarik, masalah yang satu ini bahkan sudah dikonfirmasikan secara resmi oleh Nintendo. Apalagi kalau bukan ternyata save data Nintendo Switch tidak bisa dipindahkan dari memori internal!

save data nintendo switch

Nintendo Switch hanya memiliki kapasitas memori internal sebesar 32GB, dan nyaris seperempat di antaranya digunakan untuk sistem. Anggaplah kamu hanya memiliki kurang lebih 24GB untuk menyimpan save data. Penuh atau tidak, suatu saat kamu pasti ingin memindah save data hasil jerih payahmu ke media lain, microSD misalnya untuk sekedar membuat backup. Sayangnya, untuk saat ini kamu tidak bisa melakukan hal tersebut, dan Nintendo pun sudah memastikan hal tersebut dalam FAQ-nya.

Artinya, save data milikmu akan rentan untuk terhapus, atau hilang jika konsolmu mengalami salah satu dari masalah yang saat ini banyak terjadi. Dan, kamu pun tidak bisa memiliki file backup, yang artinya jerih payahmu selama berjam-jam memainkan game seperti Breath of the Wild terancam hilang!

save data nintendo switch

Dalam FAQ-nya, Nintendo mengonfirmasikan bahwa save data HANYA bisa disimpan di memori internal dan tidak bisa disimpan atau dikopi ke microSD. Lantas bagaimana jika memori internal sudah penuh? Maka solusinya hanya ada satu: menghapus save data lama yang sudah tidak kamu gunakan.

Bukan hanya ke microSD, bahkan untuk memindah ke konsol lain pun tidak bisa, paling tidak untuk saat ini. Tentu sebuah batasan yang cukup mengganggu, mengingat di konsol-konsol lain seperti PS4 kita bisa dengan mudah memanajemen ruang penyimpanannya. Namun bukan tidak mungkin, di update-update firmware selanjutnya, Nintendo bakal memberikan fitur ini.

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Tertarik beli Nintendo Switch? Mungkin ada baiknya kamu menunggu sampai 4 masalah Nintendo Switch ini dipecahkan! Apa saja?
Baca Juga

Untuk saat ini, mungkin ketidak hadiran fitur memindah save data Nintendo Switch ini belum terasa karena toh game yang sudah dirilis masih bisa dihitung dengan jari. Namun dengan seiring bertambahnya koleksi game-mu nanti, sepertinya cepat atau lambat Nintendo harus segera mencari solusi untuk masalah ini.

Bagaimana menurutmu?

Sumber: Nintendo/Kotaku

SHARE
Previous articleMau Untung Malah Buntung, Inilah 5 Film Besar Paling Merugi Sepanjang Sejarah
Next articleSword Art Online The Movie: Ordinal Scale Raup Omzet hingga 116 Juta Rupiah
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.