Begini Kira-Kira Keterkaitan Logan dengan Film X-Men Lain!

logan dengan film x-men lain

Apakah sebenarnya ada hubungan antara Logan dengan film X-Men lain? Tentunya ada. Kalau kamu bingung, inilah pembahasannya!

Baca Juga

Sebelum lebih jauh membedah hubungan antara Logan dengan film X-Men lain, hati-hati karena mungkin penulis akan membahas detail-detail yang mengandung spoiler. Untuk yang belum nonton Logan maupun film X-Men sebelumnya dan tak mau terkena bocoran, tidak dilanjutkan untuk membaca lebih lanjut.

Untuk yang sudah nonton Logan tapi masih bingung atau yang tidak peduli spoiler sudah tentu bisa melanjutkan tanpa masalah.

SPOILER ALERT!!!

1

Hubungan dengan X-Men: Days of Future Past

Kejadian di X-Men: Days of Future Past sangat mempengaruhi linimasa seri ini. Secara resmi, seluruh kejadian di X-Men Origins: Wolverine, X-Men 1, X-Men 2, dan X-Men: The Last Stand dianggap tidak pernah terjadi atau belum terjadi. Film ini juga menggabungkan trilogi asli X-Men dengan X-Men baru yang dimotori James McAvoy dan Jennifer Lawrence.

Apa hubungan Logan dengan film X-Men yang satu ini?  Yang paling jelas adalah latar waktu. Kejadian masa depan Days of Future Past terjadi di tahun 2023. Saat Logan menyelesaikan urusan di masa lalu dan kembali ke masa depan, rasanya itu juga masih 2023.

Logan terjadi di tahun 2029. Jadi latar waktu Days of Future Past era modern adalah yang paling dekat dengan Logan.

Selain itu, Days of Future Past juga mempengaruhi hubungan manusia dengan mutan. Mutan jadi lebih diterima dibanding di trilogi X-Men pertama. Tapi keterkaitan yang satu ini akan dibahas lebih mendalam di bawah.

2

Hubungan dengan X-Men Apocalypse

Wah, Hugh Jackman Ingin Shah Rukh Khan Jadi Pemeran Baru Wolverine!

Berhubung Hugh Jackman pensiun, siapa yang sebaiknya menjadi pemeran baru Wolverine? Ternyata Jackman merekomendasikan Shah Rukh Khan!
Baca Juga

Ini sebetulnya efek Days of Future Past juga, tapi dampaknya lebih terlihat di Apocalypse. Terjadi setelah DoFP, Apocalypse menunjukkan kalau mutan lebih diterima oleh manusia. Dalam salah satu iklan viral filmnya, bahkan ditunjukkan sekarang sekolah Xavier bisa bebas beriklan.

Mystique, terutama, dianggap sebagai sosok pahlawan atas aksinya.

Kenapa ini penting? Kalau kamu ingat, di Logan X-Men yang telah musnah diabadikan dalam bentuk komik. Bahkan Wolverine sampai punya mainan sendiri (bisa terlihat dipegang salah satu anak di ending). Ini menunjukkan kalau dunia di Logan masih terpengaruh oleh kejadian Days of Future Past, dan bukan linimasa trilogi asli.

Kalau Logan berasal dari dunia trilogi asli X-Men, tidak mungkin ada komik yang memunculkan mereka sebagai pahlawan. Yang ada mereka akan dianggap sebagai ancaman, dan kemusnahan mereka justru dirayakan oleh manusia.

Saat Apocalypse berakhir, X-Men dianggap sudah menyelamatkan dunia dua kali. Pertama dari aksi Magneto, kedua dari aksi Apocalypse. Tak heran kalau mereka akan menjadi selebriti yang sampai aksinya dibuat komik segala.

Bila X-Men dianggap sebagai pahlawan, tak heran kalau pembenci mutan seperti Zander Rice harus menggunakan cara yang lebih terselubung untuk memusnahkan mutan. Bukannya sekedar menciptakan Sentinel-Sentinel canggih seperti yang terjadi di alur masa depan asli Days of Future Past.

 

Kaitan lain X-Men dengan film X-Men Apocalypse adalah sampel DNA Logan. Di adegan post-credits Apocalypse, terlihat orang-orang dari Essex Corp mengamankan sampel DNA di markas Danau Alkali yang baru saja jadi tempat pembantaian. Sampel DNA Logan, yang diambil di sana, inilah sepertinya yang kemudian menjadi bahan untuk menciptakan Laura. Bahkan dicurigai Transigen merupakan bagian atau penerus dari Essex Corporation.

Foto Logan - Caliban

Oh, satu lagi unsur dari X-Men Apocalypse yang lanjut muncul di Logan juga. X-Men Apocalypse adalah debutnya karakter Caliban. Di sana dia adalah mutan oportunis yang bergerak di dunia hitam. Ia menemui masalah saat berhadapan dengan Apocalypse, namun tidak diperlihatkan apa Apocalypse membunuhnya atau membiarkannya.

Sepertinya Apocalypse mengampuni Caliban. Tokoh yang satu ini kembali muncul di Logan, kali ini sebagai sekutu Logan dan Xavier. Di


 

Apakah ada lagi hubungan antara Logan dengan film X-Men lain? Cek lanjutannya di halaman kedua!

1
2
SHARE
Previous articleFrontgate Fighters, Rasakan Serunya Jadi Wasit di Game Fighting!
Next articleGame Networking Jakarta 2017, Siap Hubungkan Industri Game Jepang-Indonesia!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.