Attack on Titan 91 Perlihatkan Calon Musuh Baru Eren dan Kawan-Kawan

Attack on Titan 91

Alih-alih lanjut menceritakan Eren, Attack on Titan 91 menunjukkan kumpulan karakter baru yang bisa menjadi musuh barunya! Siapa saja mereka?

Baca Juga

Pembahasan Attack on Titan 91 ini akan membedah kejadian yang terjadi jauh melampaui alur anime. Tepatnya kelanjutan dari pengungkapan besar misteri dunia Attack on Titan. Kalau kamu belum mengikuti manga ini hingga bab terbaru, hati-hati kalau mau melanjutkan membaca. Tentu saja terdapat banyak bocoran di bawah ini.

SPOILER ALERT!!!

Attack on Titan 90

Di akhir Attack on Titan 90, Eren, Mikasa, dan Armin akhirnya meraih satu mimpi mereka. Karena belum ada lanjutan serangan dari titan shifter musuh, umat manusia di balik tembok dapat leluasa menghabisi para titan dan membersihkan Distrik Shiganshina. Shiganshina dapat dibersihkan dan Recon Corps pun dapat mencapai lautan.

Tapi Eren tidak bisa tenang. Alih-alih bersuka ria, sang tokoh utama menyadari adanya musuh di seberang lautan. Kali ini, di Attack on Titan 91 kita diperlihatkan calon-calon musuh baru Eren. Apakah mereka adalah kumpulan makhluk berbahaya yang berhati keji?

Tidak juga. Kumpulan yang diperlihatkan ini justru adalah para prajurit simpatik dari kaum Eldian, yang sepenuhnya termakan propaganda Marley.

Foto-Foto Baru Thor Ragnarok Ini akan Bikin Kamu Semakin Penasaran!

Foto-foto baru Thor Ragnarok dirilis, ini menunjukkan penampilan baru Thor, memperlihatkan Bruce Banner, serta memperkenalkan musuh dan sekutu baru!
Baca Juga

Fokus utama Attack on Titan 91 adalah prajurit muda bernama Falco. Di awal bab, Falco terlihat melantur di tengah cekungan ledakan. Sepertinya dia berada cukup dekat dengan luncuran artileri. Beruntung dia hanya menunjukkan gejala gegar otak, bukan mati mengerikan seperti rekan-rekannya yang lebih dekat dengan lokasi ledakan.

Falco yang ling-lung memberi celah bagi pembaca untuk memahami apa yang terjadi. Ternyata Falco adalah bagian dari pasukan Eldia (lihat ban lengan mereka) di tentara Marley. Mereka sudah terlibat peperangan selama empat tahun, dan ini bisa jadi kunci mereka meraih kemenangan.

Rentetan peperangan ini juga sepertinya alasan Marley hanya bisa mengirim satu-dua agen, seperti Berthold dan Zeke, ketimbang menyerbu langsung Pulau Paradis. Pasukan mereka sibuk untuk urusan lain.

Falco bahkan lupa kenapa kadet seperti dirinya diperintahkan bertempur di garis depan. Namun ternyata itu adalah ujian terakhir. Prajurit terbaik di sana akan terpilih mengemban tanggung jawab besar.

Oh ya. Seperti bisa kamu lihat di atas, pihak Marley akhirnya memutuskan mengambil langkah drastis. Mereka akan menyerbu Paradis. Di sini juga diperlihatkan sosok yang sepertinya adalah Reiner Braun, si Armored Titan sejati.

Rencana menguasai Paradis akan melibatkan Armored Titan sebagai ujung tombak. Namun sepertinya Marley tidak percaya dengan Reiner. Di sini dikatakan kalau sedang dicari prajurit yang bisa menjadi pewaris kekuatan Armored Titan.

Begini masalahnya: kekuatan titan sejauh ini diwarisi dengan memangsa pemilik kekuatan sebelumnya. Itu yang terjadi antara Grisha Yeager dengan Eren Kruger. Berthold tampaknya dinilai tidak bisa diandalkan lagi, hingga ia akan diumpankan ke kaum Eldia generasi baru.

Kalau memang Reiner akan dikorbankan, uniknya itu berarti hanya ada satu saja trio mata-mata yang masih akan hidup.

Ya, kalau Reiner dieksekusi maka hanya Annie saja anggota yang tersisa dari para titan penyusup. Penasaran juga apakah Annie akhirnya bisa diyakinkan menjadi sekutu, atau dosa-dosanya terlalu besar untuk diampuni.

Kalau mau dieksekusi juga, Annie bisa dikorbankan untuk menjadikan tokoh seperti Mikasa dan Levi sebagai titan. Tapi untuk sekarang, belum diketahui apa yang akan terjadi mengingat dia masih dibungkus dalam kristal.


 

Jadi, begitulah kondisi di awal Attack on Titan 91. Ada kejadian besar apa lagi di bab ini? Kamu bisa membaca pembahasan lanjutannya di halaman berikutnya!

1
2
SHARE
Previous articleIni Dia Fakta Menarik yang Perlu Kalian Ketahui Dibalik Naruto Shippuden 489
Next articleCerita Hero Dota 2 : Sven, Rogue Knight Penyendiri yang Hanya Percaya pada Dirinya Sendiri
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.