Joy-Con Switch Juga Kompatibel dengan PC dan Smartphone. Ini Cara Menggunakannya!

joy-con pc android

Bukan cuma bisa dipakai di Nintendo Switch, Joy-Con ternyata juga kompatibel dengan PC dan smartphone Android. Ini cara menggunakannya!

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, rupanya ada banyak masalah yang menimpa para pemilik awal Nintendo Switch secara acak. Secara garis besar, ada sekitar 4 masalah Nintendo Switch yang saat ini sudah ditemukan, dengan masalah konektivitas Joy-Con yang paling mendominasi. Namun sebelum kamu kesel duluan, kamu bisa mencoba usaha untuk memperbaiki masalah koneksi Joy-Con ini dengan menjauhkan barang-barang yang bisa mengganggu sinyalnya.

Baca Juga

Bicara mengenai Joy-Con, sebenarnya sih kontroler ini kurang nyaman digenggam, terutama bagi yang memiliki kepalan tangan cukup besar. Namun rupanya, Joy-Con bukan cuma bisa digunakan untuk bermain game di Nintendo Switch saja lho! Sudah terbukti bahwa kamu juga bisa menggunakan kontroler ini untuk memainkan game di platform lain, seperti PC dan smartphone!

Bagaimana caranya?

Joy-Con PC Android
Sumber gambar: PC Advisor

Karena Joy-Con menggunakan konektivitas bluetooth, maka kamu bisa melakukan pairing ke PC atau smartphone semudah pairing gadget bluetooth lainnya. Setelah memisahkan kontroler ini dari unit Switch, kamu hanya perlu menyalakan perangkat bluetooth di PC, laptop atau smartphone. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan sinkronisasi Joy-Con dengan cara menekan tombol sinkronisasi yang ada di bagian atas kontroler, dan bluetooth di PC atau smartphone-mu pun langsung akan mendeteksi keberadaannya.

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Tertarik beli Nintendo Switch? Mungkin ada baiknya kamu menunggu sampai 4 masalah Nintendo Switch ini dipecahkan! Apa saja?
Baca Juga

Setelah di-pairing, maka di layar PC atau smartphone-mu akan tampil bagian kontroler mana yang kamu sinkronisasi, apakah kiri atau kanan (L atau R). Setelah terkoneksi, kamu pun bisa menggunakan Joy-Con untuk browsing internet (menggunakan tombol analognya), membuka aplikasi di laptop atau PC, serta bermain game.

Joy-Con PC Android
Sumber gambar: Polygon

Namun sayang, sampai saat ini belum ada konfirmasi bahwa apakah kamu bisa menggunakan kedua bagian (kiri dan kanan) secara bersamaan di PC atau smartphone. Namun kompatibilitas dengan PC dan smartphone ini bisa membuat Nintendo sejajar dengan Sony dan Microsoft yang juga sudah memberikan kompatibilitas untuk DualShock 4 dan kontroler Xbox One untuk digunakan secara mudah di PC.

Jauhkan 6 Hal Berikut dari Nintendo Switch agar Tidak Mengganggu Konektivitas Joy-Con

Respon Joy-Con kurang cepat? Atau bahkan sering kehilangan koneksi? Coba jauhkan barang-barang ini dari Switch saat bermain ya!
Baca Juga

Bagi kamu yang masih penasaran dengan bagaimana cara mengoneksikan Joy-Con dengan PC atau smartphone, kamu bisa menyimak videonya berikut ini. Plus, kamu juga bisa melihat sedikit demo saat kontroler ini digunakan untuk memainkan game Nintendo klasik dengan bantuan emulator.

Bagaimana menurutmu? Kira-kira apakah kamu bakal memilih kontroler mungil ini untuk memainkan game-game di PC, laptop atau smartphone?

Sumber: The Verge/Polygon

SHARE
Previous articleCerita Hero Dota 2: Dazzle Sang Shadow Priest Terkuat Suku Dezun
Next articleMusik Boruto Bakal Nge-Rock, Kana-Boon Kembali untuk Serial Anime Boruto
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.