Suka Kartun Spongebob Squarepants? Jangan Sampai Gak Tahu 5 Fakta Menarik Stephen Hillenburg Berikut Ini!

stephen hillenburg

Stephen Hillenburg dan SpongeBob SquarePants adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Animator kelahiran Amerika Serikat ini telah berjasa membawa kartun keluaran Nickelodeon populer di seluruh dunia. Tapi seberapa tahukah kamu mengenai Stephen Hillenbugh si pencipta SpongeBob SquarePants?

Dari sekian banyak kartun keluaran Nickelodeon yang pernah kamu tonton, mungkin nama SpongeBob SquarePants yang paling legendaris. Seperti sudah kamu tahu, SpongeBob SquarePants mengisahkan kehidupan spons laut bersama teman-temannya di sebuah kota bernama Bikini Bottom.

Kehidupan kocak para penghuni Bikini Bottom seperti Squidward, Patrick, Mr Krab, Plankton, dan tentu saja Spongebob, selalu sukses menghadirkan gelak tawa bagi siapa saja yang menontonnya.

Baca Juga

Diciptakan oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, kartun ini langsung mendapat tempat di hati anak-anak Indonesia atau bahkan remaja dan orangtua ketika pertama kali tayang di saluran Lativi.

Tapi seberapa tahukah kamu mengenai pria yang lahir 21 Agustus 1961 di Oklahoma ini? Berikut deretan fakta Stephen Hillenburg yang belum banyak diketahui orang.

1

Bakat Lain yang Dimiliki Stephen Hillenburg

stephen hillenburg

Meskipun kita mengenal Stephen Hillenburg sebagai seorang animator yang berjasa membuat kartun SpongeBob SquarePants populer di seluruh dunia, namun ternyata Hillenburg memilki bakat lain selain menggambar.

Pria lulusan Humboldt State University memiliki bakat lain sebagai aktor dan pengisi suara. Jika kamu pernah menonton The SpongeBob SquarePants Movie yang dirilis tahun 2015 lalu, kamu bisa mendengar suara Stephen Hillenburg pada karakter Parrot atau si burung beo berbentuk boneka.

2

Ahli Biota Laut

stephen hillenburg

Fakta Stephen Hillenburg yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh orang. Sebagai lulusan dari Humboldt State University, ia mendapatkan gelar dalam interpretasi dan perencanaan sumber daya laut pada 1984, dan disebut sebagai ahli biodata laut.

Ilmunya itu lalu ia salurkan dengan mengajar di Ocean Institute. Hillenburg menulis buku komik berjudul The Intertidal Zone, yang dia gunakan unutuk mengajari muridnya tentang kehidupan hewan kolam. Melalui komik itu, beberapa karakternya kemudian diangkat dan dipilih sebagai karakter yang dipakai pada kartun SpongeBob SquarePants kelak.

Pada tahun 1987, Stephen Hillenburg keluar dari Ocean Institute dan mengejar impiannya sebagai seorang animator.

3

stephen hillenburg

Karir animator Hillenburg dimulai ketika ia bergabung dengan California Institute of the Arts (CalArts) pada 1992. Di situ, ia banyak belajar mengenai dunia animasi. Hasilnya, ia mampu membuat film animasi pendek berjudul The Green Beret dan Wormholes. Bahkan film Wormholes ditayangkan di banyak festival, termasuk Ottawa Internationa Animation Festival dan memenangkan penghargaan Best Concept.

Puncak karir Stephen Hillenburg tentu saja ketika ia menciptakan kartun SpongeBob SquarePants. Ia memanfaatkan wawasan mengenai dunia laut untuk dijadikan konsep yang cukup unik di dalam kartun Spongebob. Hasilnya pun tak main-main, sejak ditayangkan tahun 1999, SpongeBob SquarePants perlahan menjadi film kartun favorit anak-anak dan bahkan orang dewasa. Bahkan dilaporkan bahwa 50 juta penonton yang menonton setiap bulan, 20 juta diantaranya orang dewasa.

4

Pernah Menjadi Juru Masak

stephen hillenburg

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya kenapa karakter Spongebob digambarkan sebagai seorang juru masak atau koki handal di Krusty Krabs. Usut punya usut, profesi koki dipilih karena Stephen Hillenburg sendiri merupakan mantan juru masak.

Sebelum benar-benar terjun di dunia animasi, Hillenburg sempat bekerja sebagai juru masak di rumah makan siap saji. Karena hal itu, kita tak perlu terheran-heran kenapa Spongebob Squarepants diceritakan bekerja sebagai juru masak.

5

Penghargaan yang Diraih

stephen hillenburg

Karirnya yang gemilang bersama SpongeBob SquarePants, tentu membuat nama Stephen Hillenburg semakin populer. Alhasil, penghargaan demi penghargaan pun mulai mengalir deras.

Ia meraih satu Emmy Awards dan enam Annie Awards untuk SpongeBob SquarePants. Berkat jasanya menyadarkan masyarakat untuk menghargai dunia laut, Stephen Hillenburg juga diberikan penghargaan Walk the Talk dari Heal the Bay. Pada 2002, dia mendapat Statue Award dalam film dari Princess Grace Foundation.

Waduh! Gara-Gara Vandalisme, Lambang Negara Rusia Berubah Jadi Patrick Star

Waduuh, ternyata sekarang Patrick Star menjadi "lambang" baru negara Rusia!
Baca Juga

Nah sekarang kamu sudah makin tahu dong mengenai pria yang paling berjasa dari populernya kartun SpongeBob SquarePants ini!

Diedit oleh Arya W. Wibowo

SHARE
Previous articleSadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea?
Next articleOne Piece 858 – Terbentuknya Aliansi Bajak Laut Paling Aneh
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca