Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu!

Film animasi 3D memang bukan hal yang baru. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, kualitas visual yang dihasilkan semakin spektakuler. Ini lima diantaranya yang terbaik!

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu!

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Hello world![/caption]

Film animasi dengan sentuhan 3D memang bukan hal yang baru. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kualitas visual yang dihasilkan juga semakin spektakuler.

[duniaku_baca_juga]

Selain menjamin kualitas visual yang asyik untuk disaksikan, film-film animasi 3D juga kerap mampu menghadirkan atmosfer atau suatu adegan yang akan sangat sulit untuk direpresentasikan dalam film live-action-nya.

Film animasi 3D CGI juga barang kali menjadi ajang pelarian kita yang merasa risi dengan film adaptasi live-action yang digarap oleh Hollywood. Cerita yang melenceng, plot yang tak sesuai, jalan cerita yang mudah ditebak, hingga karakter yang sama sekali tak ada dalam game atau animenya namun entah kenapa tiba-tiba muncul di film tersebut.

Berikut 5 film animasi 3D CGI yang bisa jadi rekomendasi tontonan kamu yang berencana untuk berakhir pekan di rumah saja.

[page_break no="1" title="Tekken: Blood Vengeance"]

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Tekken: Blood Vengeance.[/caption]

[duniaku_adsense]

Sebagian besar dari kita pasti mengenal nama ini sejak seri ketiganya. Sebuah game fighting terobosan yang menawarkan banyak kemajuan, utamanya dalam hal mekanik dan variasi kombonya yang njelimet tapi fantastis. Lagipula, berapa banyak sih dari kalian yang pernah memainkan atau setidaknya tahu bahwa Tekken 1 dan Tekken 2 itu ada?

Sebagai pelipur lara dari kegagalan film live-action-nya, Bandai Entertainment meluncurkan animasi 3D berjudul Tekken: Blood Vengeance. Kisah ini mengambil alur cerita alternatif antara Tekken 5 dan Tekken 6. Bintangnya adalah Xiaoyu, yang menyamar sebagai mata-mata untuk mencari informasi mengenai seorang siswa bernama Shin Kamiya.

Apa yang ditakutkan para penggemar beratnya menjadi kenyataan. Adaptasi live-action adalah langkah yang keliru. Ada banyak hal yang menyimpang dalam film tersebut. Namun, jika harus menyebut salah satunya, itu adalah para para karakternya. Terutama Jin.

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Devil Jin.[/caption]

John Foo malah tampak seperti memerankan Jin yang masih berusia belasan tahun. Sebagai cosplayer, ia lumayan mirip. Hanya saja tubuhnya terlalu kecil dan pendek. Ototnya juga terlihat feminin dibanding Jin yang kita harapkan. Biar begitu, memang sulit mencari aktor yang paling tepat secara penampilan untuk memerankan Jin. Makanya, sejak awal gagasan live-action banyak ditentang.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/29/karakter-tekken-7-josie-rizal-asal-indonesia/" title="Karakter Tekken 7 ini Ternyata berasal dari Indonesia!"]

Beruntung, Bandai berhasil sedikit mengobati kekecewaan para fans. Puncak film animasi ini juga dieksekusi nyaris sempurna dengan menyuguhkan pertarungan spektakuler antara keluarga lintas generasi, JIn, Kazuya, dan Heihachi. Kita juga bisa melihat transformasi Jin menjadi bentuk iblisnya. Hal yang tak mampu dan nyaris mustahil dilakukan oleh adaptasi live-action-nya.

[page_break no="2" title="Resident Evil Degeneration"]

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Si ganteng.[/caption]

Lupakan adaptasi live-action Resident Evil yang karut marut itu. Mari kita bersepakat untuk menganggap film tersebut tak pernah ada sekaligus berharap sutradara jempolan langganan Oscar macam Nolan atau Inarritu sudi mencipta ulang film live-action tersebut di masa mendatang.

Dalam film ini, kita akan disuguhkan dengan duo alumni Resident Evil 2: Claire Redfield dan Leon Scott Kennedy. Berlatar tujuh tahun pasca insiden Racoon City (RE 2) atau berselang satu tahun usai aksi heroik Leon menyelamatkan putri presiden AS di RE 4.

Jalan cerita film ini, entah kenapa cukup mengecewakan. Plotnya seperti menjiplak alur cerita gamenya yang mengisahkan mengenai perusahaan farmasi korup dan jahat yang bertanggung jawab atas semua kekacauan yang terjadi.

Reuni antara Claire dan Leon yang lama tak berjumpa juga mendapat porsi yang sedikit. Sepertinya semua yang terjadi di Racoon City tak terlalu berkesan bagi mereka hingga keduanya tak begitu acuh satu sama lain. Capcom malah sibuk ‘merekayasa’ kisah cinta Leon dengan Angela yang berakhir murahan di mata para penggemarnya.

Kualitas CGI juga patut jadi sorotan utama. Gesture para pemain tampak kaku dan kurang halus. Adegan final juga berakhir anti-klimaks, terlalu mudah diprediksi dan jauh dari kesan menegangkan. Lemahnya segi visual juga yang mungkin berimbas pada wajah Leon yang tampak sedikit … bengis. Jauh dari kesan imut keanime-animean seperti di RE 4.

Biar bagaimanapun, film ini menjadi tonggak baru usaha Capcom dalam melebarkan sayap salah satu francis game paling menguntungkan mereka.

Lanjut ke halaman kedua...

[page_break no="" title="Kingsglaive"]

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Kingsglaive.[/caption]

[duniaku_baca_juga]

King Regis, penguasa tanah Lucis, memerintahkan para prajuritnya, Kingsglaive, untuk melindungi kerajaan dari ancaman Niflheim yang berniat mencuri kristal suci. Kisah ini paralel dengan video gamenya. Di mana di tempat lain, putra King Regis, Noctis, tengah berpetualang bersama ketiga sahabatnya.

Alur ceritanya cukup sukar dipahami. Penonton akan langsung ditempatkan pada situasi peperangan antar dua kerajaan tanpa tahu pasti apa duduk persoalannya. Penjelasan dua kerajaan tersebut juga relatif singkat dan tak banyak diuraikan. Itu karena Square Enix, lewat studio khusus CGI-nya, Visual Works, memang berniat menciptakan film ini sebagai satu kesatuan dengan game Final Fantasy XV. Kamu wajib memainkan gamenya untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Nyx Ulric.[/caption]

Nilai jual film ini, tentu saja terletak pada kualitas grafisnya. Baku hantam disajikan sangat realistis. Percikan api, luka sayatan, hingga ekspresi para karakternya dibuat sangat mendetail. Kemampuan warping atau teleportasi para Kingsglaive adalah salah satu adegan yang paling keren dan ditampilkan cukup intens.

Para pengisi suara di film ini juga tak main-main. Ada “Ned Stark” yang mengisi suara King Regis, “Cersei Lannister” sebagai Luna Freya, serta “Jesse Pinkman” sebagai pengisi suara pemimpin Kingsglaive, Nyx Ulric yang sekaligus menjadi aktor utama dalam film ini.

Tenang saja, untuk sekadar dapat menikmati visualnya yang ciamik, kamu tak perlu memainkan semua seri Final Fantasy yang ada. Atau bahkan kamu tak perlu memainkan seri Final Fantasy manapun terlebih dahulu. Tonton saja dan nikmati keseruan yang disajikan.

[page_break no="" title="Resident Evil Damnation"]

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Resident Evil Damnation.[/caption]

[duniaku_adsense]

Setelah dirasa cukup sukses menngonversi kisah Resident Evil ke dalam film animasi 3D, Capcom kembali memuaskan dahaga para pecinta franchise ini yang semakin muak dengan live-action besutan si Anderson itu.

Di film ini Leon kembali diplot menjadi protagonis. Sepertinya Capcom masih sulit beranjak dari karakter paling ikonik game survival-horror garapan mereka tersebut. Kali ini Leon mendapat perintah untuk menyusup masuk ke sebuah negara kecil di Timur Eropa untuk mencari tahu apakah benar adanya dugaan mengenai penggunaan Bio Organic Weapons (B.O.W) dalam peperangan di sana.

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Ada, lagi-lagi berhasil memanfaatkan "kebaikan" Leon untuk memuluskan misinya.[/caption]

Mengabaikan perintah dari pemerintah AS untuk segera angkat kaki dari negara yang tengah berkecamuk tersebut, Leon memutuskan untuk nekat terlibat lebih jauh demi menyingkap fakta hingga ke akarnya. Serta dalam misi pribadi untuk mengakhiri teror BOW di negara tersebut.

Dalam film ini akhirnya Capcom mendengar permintaan para fans dengan memperkenalkan agen rahasia cantik alias si wanita berbalut busana merah, Ada Wong. Meski adegannya tak sebanyak Leon dan Sasha (tokoh utama lainnya), namun ia sukses jadi pusat perhatian.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/02/25/dlc-resident-evil-7-chris-redfield/" title="Chris Redfield bakal Main di DLC Resident Evil 7, lho!"]

Secara keseluruhan, film ini lebih baik dibanding prekuelnya. Plot yang kompleks, visual yang lebih apik, dan aksi konfrontasi dengan licker serta bela diri yang lebih epik. Fans mana yang tidak “orgasme” menyaksikan pertarungan kolosal antara Leon dan Sasha melawan Tyrant di pengujung film? Pertarungan yang mengingatkan kita betapa kerepotannya Leon menghabisi El Gigante di RE 4.

Dan untuk pertama kalinya, kamu akan iba terhadap licker di film ini. Kok Bisa? Tonton saja langsung filmnya.

[page_break no="" title="Space Pirate Captain Harlock"]

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Space Pirate Captain Harlock.[/caption]

Selama bertahun-tahun, pertempuran dahsyat terus bergejolak di berbagai galaksi seiring 500 miliar manusia yang sejak nenek moyangnya telah pergi meninggalkan bumi, berencana untuk kembali ke planet biru tersebut. Namun, akses menuju bumi ditutup rapat oleh koalisi Gaia yang menjadi pusat pemerintahan seluruh umat manusia yang ada di berbagai galaksi. Hanya ada satu orang yang mampu mewujudkan keinginan umat manusia, dialah Kapten Harlock, sang perompak luar angkasa.

Film ini adalah kisah klasik bikinan Leiji Matsumoto yang terus direka ulang selama lebih dari tiga dekade lamanya atau sejak anime Space Battleship Yamato tayang. Selain kualitas animasi yang lebih mumpuni, yang membedakan film ini dibanding pendahulunya adalah nuasa dan karakterisasinya yang lebih gelap dan kelam.

Ini 5 Film Animasi 3D CGI yang Bisa Jadi Tontonan Seru Buat Nemenin Akhir Pekanmu! Kapten Harlock.[/caption]

Alur cerita banyak diambil dari perspektif Yama, seorang pemuda yang entah bagaimana berhasil diterima dengan mudah untuk bergabung menjadi anggota perompak ini. Lewat kacamatanya juga, penonton akan diajak mendalami kepribadian serta sekelumit masa lalu sang kapten, Harlock.

Jika pertempuran klimaks dalam Kingsglaive ditandai dengan pertarungan antar raksasa, Space Pirate menawarkan sesuatu yang lebih fiksi ilmiah. Pertempuran yang epik dan megah antar kapal perang luar angkasa.

Terlepas dari banyaknya ulasan negatif yang meluncur dari para penggemar setia IP ini lantaran ketidaksesuaian cerita di sana sini, untuk urusan aksi pertempuran dan kualitas visual serta efek yang ditawarkan, Space Pirate tak perlu lagi diragukan.

Itulah beberapa film yang patut kamu pertimbangkan. Tentu saja di luar sana masih banyak film 3D CGI yang layak untuk diperhitungkan. Duniaku akan kembali membuat artikel rekomendasi film animasi 3D CGI nanti atau memperbarui daftar ini. Selamat menyaksikan!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU