Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini

Nintendo Switch telah dirilis secara resmi oleh Nintendo. Mari kita simak konsol dan perangkat gaming yang sudah dirilis oleh Nintendo berikut ini!

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini

Siapa yang tidak tahu Nintendo? Ya, Perusahaan asal Jepang dengan latar belakang gaming ini telah berdiri semenjak tahun 1889. Saat ini mereka baru saja merilis produk paling baru mereka yaitu Nintendo Switch yang dirilis pada 3 Maret kemarin.

[duniaku_baca_juga]

Namun siapa sangka bahwa konsol pertama yang dirilis oleh Nintendo adalah 37 tahun yang lalu. Ada yang masih ingat konsol apa itu? Berikut Duniaku.net sajikan daftar konsol yang sudah dirilis oleh Nintendo sampai saat ini:

[page_break no="1" title="Nintendo"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Telegraph.co.uk[/caption]

Produk pertama Nintendo tidak memiliki nama khusus namun bersifat handheld atau bisa dibawa kemana-mana. Konsol ini diproduksi dari tahun 1980-1991. Terdapat 59 permainan yang bisa dimainkan termasuk The Legend of Zelda, Mario Bros, dan Donkey Kong.

[duniaku_adsense]

[page_break no="2" title="Nintendo Entertainment System"]

 

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Taringa.net[/caption]

Produk berikutnya ialah konsol rumah pertama yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1983 di Jepang, 1985 di Amerika Utara, dan 1986 di Eropa. Konsol ini dinamakan Nintendo Entertainment System atau NES. Memiliki badan berbentuk kotak dengan controller yang juga berbentuk kotak, konsol ini terlihat sederhana namun sangat elite pada masanya.

[page_break no="3" title="Super Nintendo Entertainment System"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Nintendo.wikia.com[/caption]

Dikenal juga dengan SNES, Super Nintendo Entertainment System merupakan penyempurnaan dari produk mereka sebelumnya yakni NES. SNES sendiri merupakan produk yang laris keras dibanding pesaingnya dahulu yaitu SEGA.

Berbentuk sedikit lebih bundar dan lebih kurus dibanding NES, SNES juga memiliki controller yang berbentuk bundar juga dibanding NES yang hanya kotak murni. SNES dirilis pada tahun 1990 di Jepang, 1991 di Amerika Utara, dan 1992 di Eropa.

[page_break no="4" title="Game Boy"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Idigitaltimes.com[/caption]

Nintendo Game Boy dirilis di Jepang dan Amerika Utara pada tahun 1989 dan di Eropa pada tahun 1990. Berbentuk kecil dan memiliki warna abu-abu, konsol ini terkenal dengan game-game seperti Tennis dan Super Mario Land.

Lanjut ke halaman selanjutnya untuk melihat rilisan lainnya dari Nintendo.

[page_break no="5" title="Game Boy Color"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Youtube.com[/caption]

Pada tahun 1998, Nintendo mengumumkan penerus dari Game Boy, yaitu Game Boy Color. Game Boy Color memiliki variasi warna, salah satunya untuk mempromosikan game Pokemon Gold dan Pokemon Silver.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="6" title="Game Boy Advance"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Thegaygamer.com[/caption]

Pada tahun 2011, Nintendo merilis Game Boy Advance yang berwarna ungu serta berbentuk lonjong dan dipegang secara menyamping. Nintendo kemudian memunculkan dua konsol model revisi bernama Gameboy Advance SP dan Game Boy Micro. Game Boy Advance SP memiliki bentuk kotak yang bisa dilipat serta memiliki fitur charger yang merupakan inovasi untuk produk-produk Nintendo kedepannya. Sedangkan Game Boy Micro adalah versi lebih kecil namun tidak dilipat dari Game Boy Advance.

[duniaku_adsense]

[page_break no="7" title="Nintendo 64"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Starfox.wikia[/caption]

Nintendo 64 merupakan console dengan grafik terbaik pada zamannya. Rilis pada tahun 1996, konsol yang memiliki controller unik dan bervariasi warna ini terjual sebanyak 32,9 juta di seluruh dunia.

[page_break no="8" title="Nintendo GameCube"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Techradar.com[/caption]

Muncul pertama kali pada tahun 2001 sebagai pesaing dari Playstation 2 dan Xbox, merupakan produk Nintendo pertama yang menghadirkan fitur online gameplay namun terbilang di belakang Playstation 2 dan Xbox karena tidak bisa membaca format DVD.

Ayo ke halaman selanjutnya kalo mau liat produk-produk terbaru Nintendo selain Nintendo Switch!

[page_break no="9" title="Nintendo DS"]

 

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: 3dsbuzz.com[/caption]

Produk Nintendo pertama yang memiliki dua layar yang menargetkan usia anak-anak terutama kaum perempuan dengan game-game seperti Petz, Disney Princess, dan Barbie.  Dirilis pertama kali pada tahun 2004 dan menghadirkan fitur multiplayer sekaligus rilisnya DS Lite pada tahun 2006.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="10" title="Nintendo Wii"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Digitiser.com[/caption]

Dirilis pada tahun 2006, Nintendo Wii hadir dengan fitur unik yaitu wireless controller atau controller tanpa kabel yang dinamakan “Wii Remote yang membuat para pemain bisa bermain tenis atau baseball serasa bermain beneran dengan mengayun-ayun Wii Remote.

[duniaku_adsense]

[page_break no="11" title="Nintendo Wii U"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini Sumber: Pcadvisor.co.uk[/caption]

Pada tahun 2011, Nintendo mengumumkan penerus dari Wii yaitu Wii U. Konsol ini memiliki sebuah controller dengan sistem touchscreen yang merupakan salah satu kelebihannya.

[page_break no="12" title="Nintendo Switch"]

Lihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini

Pada bulan ini Nintendo merilis produk terbaru mereka yaitu Nintendo Switch. Produk ini didesain sebagai hybrid konsol yang bisa dimainkan sebagai konsol biasa layaknya Wii U dan Wii, namun juga bisa berfungsi sebagai tablet touchscreen yang bisa kamu mainkan. Nintendo Switch rilis dengan game andalan mereka yang sangat laku keras sampai saat ini yaitu The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

[read_more id="299217"]


Itulah berbagai konsol yang sudah dirilis Nintendo. Mana yang pernah kamu miliki?

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU