Wow, Surabaya dan Jakarta Masuk 19 Besar Kota Penggemar Anime di Dunia!

kota penggemar anime

Perlahan popularitas anime di Indonesia mulai menanjak pesat. Seperti data yang dirilis Google, dua kota di Indonesia berhasil masuk ke dalam 15 besar kota penggemar anime di dunia.

Bisa dibilang anime atau animasi khas Jepang telah menjadi budaya populer di seluruh dunia. Karena bukan hanya di negaranya sendiri, namun di berbagai negara termasuk Indonesia, anime memiliki basis fan yang cukup banyak. Para penikmatnya pun berasal dari berbagai umur dan profesi, tak terkecuali dengan para artis atau selebriti dunia.

Yuri Bryzgalov, seorang pengguna Quora, menuturkan jika terdapat tiga faktor mengapa orang-orang begitu mencintai anime dan manga. Pertama, cerita yang disajikan mampu diterima oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil, remaja, atau bahkan orang dewasa. Sebut saja seperti One Piece atau Naruto yang punya fans dari beragam kalangan.

Baca Juga

Cerita yang berkualitas dan penyajian gambar yang menarik menjadi alasan kedua mengapa anime mudah dicintai oleh siapapun. Alasan ketiga adalah adanya candu bagi siapapun yang telah menonton anime. Layaknya menonton drama Korea, kamu tidak akan berhenti menonton anime hanya untuk satu episode saja. 

Tren anime sebagai hiburan yang digemari oleh semua kalangan pun meluai meluas ke berbagai negara. Untuk mencari tahu daerah mana saja yang disebut sebagai daerah penggemar anime, baru-baru ini Google merilis 19 kota penggemar anime di dunia. Penilaiannya diukur dari seberapa sering sebuah daerah mencari kata kunci anime di Google.

Dari Pokemon GO Sampai Meme Mukidi, Inilah Hal-Hal yang Paling Dicari di Google Tahun 2016

Google kembali merilis "Google Year in Search 2016" yang berisikan daftar hal-hal yang paling dicari di Google selama tahun 2016.
Baca Juga

Hasilnya, kota-kota di Jepang mendominasi sebagai kota penggemar anime versi Google. Yokohama berada di urutan pertama, disusul oleh Nagoya dan Osaka di peringkat dua dan tiga. Hal itu tak mengherankan mengingat anime lahir di negara Jepang dan banyak penggemar anime berasal dari Jepang.

Peringkat empat dan lima ternyata dikuasai oleh dua kota di Filipina yaitu Quezon dan Manila. Tiap tahun penggemar anime di Filipina memang terus naik. Berbagai event yang berhubungan dengan budaya populer Jepang seperti lomba cosplay menjadi salah satu faktornya.

kota penggemar anime

Indonesia sendiri menyumbang dua kota sebagai penggemar anime versi Google. Kota tersebut adalah Surabaya dan Jakarta. Dua kota besar di Indonesia itu menduduki posisi 13 dan 14 dalam daftar yang dirilis Google.

Berikut ini daftar lengkap 19 kota penggemar anime versi Google.

  1. Yokohama, Jepang
  2. Nagoya, Jepang
  3. Osaka, Jepang
  4. Quezon, Filipina
  5. Manila, Filipina
  6. Fukuoka, Jepang
  7. Shinjuku, Jepang
  8. Shibuya, Jepang
  9. Makati, Filipina
  10. Minato, Jepang
  11. Jeddah, Arab Saudi
  12. Riyadh, Arab Saudi
  13. Surabaya, Indonesia
  14. Jakarta, Indonesia
  15. Santiago, Chilli
  16. Kuala Lumpur, Malaysia
  17. Mexico City, Meksiko
  18. Bangkok, Thailand
  19. Bogota, Kolombia

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleIni Jagoan One Piece Ketika Beraksi American Football Ala Eyeshield 21
Next articleLihat Kembali Konsol yang Sudah Dirilis Nintendo Sampai Saat Ini
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca