Mengenal 5 Ninja Nyata yang Menginspirasi Tokoh Anime dan Game

ninja nyata

Ninja bukan sekedar tokoh fiktif belaka. Inilah 5 ninja nyata yang begitu melegenda, sampai menginspirasi banyak tokoh anime, game, hingga film!

1

Hattori Hanzo

ninja nyata - hattori hanzo

Baca Juga

Ninja nyata pertama yang akan kita bahas adalah Hattori Hanzo. Siapa yang belum pernah dengar nama ini? Bahkan mereka yang bukan fan anime garis keras saja seharusnya minimal pernah mendengar namanya. Tokoh ini menginspirasi nama Kanzo Hattori si tokoh utama Ninja Hattori, tampil di Nioh, dan juga di sejumlah game lain.

Dan ya, Hattori Hanzo adalah tokoh nyata. Hattori Hanzo sebenarnya adalah gelar yang diturunkan dari satu orang ke orang lain. Total ada lima orang dalam sejarah yang pernah menyandang gelar ini. Yang akan dibahas di sini adalah yang paling terkenal.

Image credit: Wikipedia

Dikenal juga sebagai Hattori Masanari, ia dijuluki sebagai “Hanzo si Iblis” atau “Hanzo si Hantu.” Hanzo Hattori memiliki beberapa pencapaian populer yang tercatat dalam sejarah. Yang pertama adalah saat kampung halamannya, provinsi Iga, diincar oleh Oda Nobunaga.

Walau kalah jumlah, taktik-taktik brilian Hattori membuatnya dapat menanggulangi serangan-serangan pasukan Nobunaga dari tahun 1579. Pada akhirnya Oda Nobunaga harus menyerang sendiri Iga, didukung oleh pasukan yang jumlahnya sangat besar, demi menangani kampung halaman Hattori itu.

Hattori sendiri selamat dari pembantaian yang Nobunaga lakukan. Ia kemudian mengabdi di bawah Ieyasu Tokugawa. Prestasi-prestasinya berikutnya berhubungan dengan calon Shogun pemersatu Jepang itu. Ia beberapa kali menyelamatkan keluarga Ieyasu, termasuk mengamankan Ieyasu dengan memandunya melintasi wilayah Iga.

Wah, Hugh Jackman Ingin Shah Rukh Khan Jadi Pemeran Baru Wolverine!

Berhubung Hugh Jackman pensiun, siapa yang sebaiknya menjadi pemeran baru Wolverine? Ternyata Jackman merekomendasikan Shah Rukh Khan!
Baca Juga

Walau di masa sekarang Hanzo Hattori dikenal sebagai ninja sejati, sebetulnya Hanzo lebih sering bertarung dengan tombak ketimbang menggunakan shuriken dan peralatan ninja lainnya. Dia bahkan dikenal sebagai ahli dari pertarungan tombak. Jadi ketimbang kostum-kostum seperti yang dikenakan di Samurai Showdown serta Nioh, Hattori asli lebih sering mengenakan baju besi ala samurai.

Menurut legenda, Hanzo juga memiliki jutsu-jutsu gaib ala Naruto. Dikatakan kalau dia bisa berpindah tempat dalam sekejap, memprediksi masa depan, serta mempengaruhi pikiran orang. Benar-tidaknya kabar tentang kesaktian ini, tentunya, tidak diketahui.

Ada kisah kalau Hattori pada akhirnya meninggal di tangan rivalnya, Fuma Kotaro. Namun kebenaran tentang kejadian itu juga dipertanyakan.

 

Sumber: Wikipedia, Badass of the Week

2

Fuma Kotaro

Ninja nyata selanjutnya yang akan dibahas adalah Fuma Kotaro dari klan Fuma. Orang yang menurut legenda membunuh Hanzo Hattori.

Kotaro adalah pemimpin kelima dari klan Fuma. Dia mengabdi di bawah klan Hojo. Prestasi terbesar Kotaro adalah saat dia sukses mengeksekusi misi khas ninja. Dia dan para ninja klan Fuma menyelinap ke perkemahan pasukan Takeda Katsuyori. Mereka lalu menjalankan sabotase, yang berujung kepada kekacauan hebat. Pasukan Katsuyori sampai membunuh satu sama lain di tengah kericuhan itu.

Setelah klan Hojo tumbang, klan ninja Fuma berubah menjadi bandit yang beroperasi di sekitar area Edo. Tidak diketahui apakah benar dia membunuh Hattori Hanzo. Yang jelas, ia akhirnya ditangkap oleh pasukan penegak hukum lalu dijatuhi hukuman mati oleh Ieyasu Tokugawa, majikan Hattori Hanzo.

Sebagai rival dari Hattori Hanzo, Kotaro kini juga diabadikan menjadi tokoh dari berbagai media game. Dia tampil di Fate/Grand Order, Sengoku Basara, Samurai Warriors, dan banyak game lain. Mungkin karena reputasinya sebagai bandit, Kotaro sering diperlihatkan berpenampilan seram. Tidak seperti Hanzo yang penggambarannya lebih menyerupai wujud ninja konvensional.

 

Sumber: Wikipedia


 

Siapa lagi ninja nyata yang kisah-kisahnya menginspirasi tokoh game dan anime? Baca lanjutannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleInikah Penerus Overwatch? Closed Beta LawBreakers Akan Rilis 16 Maret Mendatang
Next articleMemacu Adrenalin, 5 Film Tentang Agen Rahasia Terbaik Ini Wajib untuk Kamu Tonton!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.