Gara-gara Pokemon GO, Niantic Masuk Masuk 10 Besar Publisher Game Mobile 2016

Dua hal yang cukup menonjol di App Annie Top 52 Publishers of 2016. Pertama adalah melonjaknya Niantic secara drastis ke posisi 10 dan tergesernya posisi developer Clash of Clans, Supercell, dari posisi pertama.

Beberapa waktu yang lalu, App Annie baru saja merilis App Annie Top 52 Publishers of 2016. Di sini terdapat 52 perusahaan penerbit game mobile yang memiliki pendapatan tertinggi dari dua platform game mobile, yaitu Apple App Store dan Google Play Store. Pendapatan yang didapat melalui platform lain tidak dihitung oleh App Annie.

Pada tahun 2016 tampaknya dominasi Supercell, sang developer Clash of Clans dan Clash Royale, sedikit memudar. Supercell tergeser dari posisi puncak oleh Tencent, perusahaan raksasa dari Cina yang pada tahun lalu menduduki peringkat keenam. Sebenarnya ini bukanlah hal yang aneh, karena Tencent sendiri memiliki saham mayoritas di Supercell yang baru saja mereka akuisisi pada pertengahan tahun lalu.

Dengan bertenggernya Tencent dan Supercell di puncak teratas publisher game mobile 2016, bisa dibilang kini Tencent telah memulai dominasi mereka di dunia game mobile. Pembelian Supercell tampaknya juga mampu meningkatkan pendapatan game mobile Tencent sendiri, bisa jadi karena pengetahuan yang dibagikan oleh awak Supercell di lingkungan Tencent.

publisher game mobile 2016

Satu puiblisher yang meroket di tahun 2016 adalah Niantic. Tahun ini, Niantic berhasil bertengger di posisi 10, melonjak tinggi dari tahun lalu di mana mereka masih berada di luar 52 besar. Prestasi ini tak lepas dari fenomena Pokemon GO yang meledak pada pertengahan tahun 2016 lalu. Masuknya Niantic juga membuat peta 10 besar publisher game mobile 2016 cukup banyak berubah.

Pertanyaannya adalah apakah mereka mampu untuk mempertahankan posisi mereka di 10 besar, atau bahkan 52 besar? Pasalnya, saat ini bisa dibilang hype dari Pokemon GO sudah sangat pudar, terutama di Indonesia. Walaupun begitu, menurut data App Annie saat artikel ini ditulis, Pokemon GO masih di urutan 7 di Top Grossing negara Amerika Serikat.

Tahun 2016 juga merupakan tahun yang baik dari publisher asal Amerika Serikat dan Jepang. Kedua negara tersebut memiliki jumlah perusahaan terbanyak di 52 besar. Kamu bisa melihatnya pada grafik di bawah ini.

publisher game mobile 2016

SHARE
Previous articleWarner Bros Berencana Menggarap Reboot Film The Matrix
Next article8 Kontroler PlayStation dan Xbox Limited Edition Terkeren yang Harus Kamu Miliki (Jika Masih Ada)