Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan

Kematian seorang aktor dapat menorehkan luka yang teramat dalam, terutama kepada para penggemarnya. Semakin melankolis ketika kita mengetahui bahwa aktor tersebut wafat sebelum film terakhirnya dirilis. Siapa saja mereka?

Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan

Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Joker dalam The Dark Knight.[/caption]

Kematian seorang aktor memang dapat menorehkan luka yang teramat dalam, terutama kepada para penggemarnya. Ditambah lagi jika aktor tersebut merupakan seorang yang bertalenta dan figur publik yang dicintai oleh khalayak ramai. Semakin melankolis ketika kita mengetahui bahwa aktor tersebut wafat sebelum film terakhirnya dirilis.

[duniaku_baca_juga]

Ajal bisa bertamu kapan dan di mana saja. Sangat disayangkan ketika aktor-aktor hebat ini harus meninggal sebelum mereka dapat merampungkan atau menyaksikan film-film terakhir mereka. Padahal film-film yang dirilis pasca kematian mereka ini banyak yang berakhir menjadi film box-office dengan pendapatan luar biasa atau film yang berhasil melambungkan nama mereka ke puncak kejayaannya.

Sejarah telah merekam berbagai kisah memilukan mengenai wafatnya seorang aktor sebelum film yang telah atau tidak berhasil mereka rampungkan tayang di layar lebar. Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang meninggal karena kecelakaan, sakit parah, hingga overdosis obat-obatan terlarang.

[page_break no="1" title="Bruce Lee"]


Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Lee dalam film terakhirnya, Enter the Dragon.[/caption]

Bruce Lee meninggal pada tanggal 20 Juli 1973, tepat enam hari sebelum film Hollywood pertamanya dirilis. Kematiannya begitu menggemparkan publik kala itu. Betapa tidak, ia digadang sebagai aktor bela diri terbaik yang pernah terlahir ke muka bumi.

Meski pada saat itu banyak beredar spekulasi liar mengenai penyebab kematian sang aktor, namun keluarganya membantah dan dengan tegas menyatakan bahwa Lee murni meninggal akibat sakit karena pembengkakan pada otaknya. Mendengar berita ini, publik semakin terkejut Lantaran mereka sudah kadung memandang Lee sebagai seorang manusia dengan kesehatan dan tubuh yang sangat prima.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/04/18/tokoh-anime-dan-game-bruce-lee/" title="10 Karakter ini terinspirasi dari sosok mendiang Bruce Lee."]

Enter the Dragon sendiri adalah film kolaborasi pertama antara sineas Hong Kong dan studio Hollywood. Film ini dianggap penting karena tak hanya menyajikan aksi laga terbaik pada masanya, namun juga berhasil menciptakan standar baru bagaimana seharusnya genre film ini dieksekusi.

Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Lee dalam video game UFC.[/caption]

Tak sampai di situ, selain melejitkan nama Lee sebagai seorang aktor papan atas, Enter the Dragon juga berhasil membuka mata dunia, khususnya khalayak Barat, bahwa talenta Asia tak kalah dengan mereka. Film ini juga telah berandil besar dalam membuka jalan yang mempermudah aktor laga Hong Kong lainnya seperti Jackie Chan dan Sammo Hung untuk dikenal lebih luas di Hollywood.

Sejak saat itu, orang tak hanya mengenang Bruce Lee lewat filmnya yang fenomenal, namun juga warisan bela diri dan filosofinya yang begitu menginspirasi.

[page_break no="2" title="Robin williams"]


Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan www.parade.com[/caption]

Aktor kawakan ini ditemukan meninggal di rumahnya di California pada tanggal 11 Agustus 2014, dalam usia 63 tahun. Otoritas setempat memastikan bahwa ia meninggal dengan cara menggantung dirinya sendiri. Sudah bertahun-tahun lamanya pria tua ini berjuang melawan depresi yang dideritanya. Dan beberapa waktu sebelum peristiwa bunuh diri itu terjadi, ia divonis mengidap parkinson.

Portofolio filmnya sangat mentereng. Beberapa film terkenal yang ia mainkan di antaranya adalah Mrs. Doubtfire (1993), Good Morning, Vietnam (1987), Good Will Hunting (1997), Jumanji (1995), dan Night at the Museum (2006). Perannya sebagai Sean Maguire, seorang psikolog baik hati, dalam film Good Will Hunting dinilai cemerlang dan dianggap layak untuk dihadiahi piala Oscar dalam kategori aktor pendukung terbaik.

Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Mendiang Robin dalam film Good Morning, Vietnam![/caption]

[duniaku_adsense]

Selain dikenal sebagai aktor kelas wahid, Robin McLaurin Williams juga ternyata merupakan seorang pelawak tunggal atau komika yang sangat kocak. Jauh sebelum kebintangannya bersinar terang, ia sudah melanglang buana mementaskan aksi komedi teatrikalnya ke berbagai tempat dan terlibat dalam beberapa program TV lokal seperti The Richard Pryor Show dan Eight is Enough.

Ada dua film besar yang dirilis setelah ia berpulang. Film pertama berjudul Night at The Museum: Secret of the Tomb, rilis pada bulan Desember di tahun yang sama. Dalam film tersebut ia berperan sebagai presiden AS, Theodore Roosevelt. Sedangkan film keduanya berjudul Boulevard.

Tiga nama lain masih ada di halaman selanjutnya untuk kamu kenang...

[page_break no="3" title="Philip Seymour Hoffman"]


Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Philip Seymour Hoffman.[/caption]

Pada tanggal 2 Februari 2014, ia ditemukan sudah tak bernyawa di apartemennya di Manhattan, New York. Polisi menduga sebab kematiannya adalah akibat overdosis narkotika. Philip meninggal pada usia 46 tahun. Usia emas bagi seorang aktor Hollywood.

[duniaku_baca_juga]

Anak muda zaman sekarang mungkin hanya familier dengan perannya sebagai Plutarch Heavansbee di dua seri The Hunger Games: Mockingjay Part I dan Part II. Akan tetapi, jauh sebelum ia memerankan seorang gamemaker dalam dua seri film tersebut, namanya sudah melejit terang dalam beberapa film-film “berat” seperti Scent of a Woman dan The Big Lebowski.

Ia bahkan berhasil menggondol Oscar untuk kategori aktor terbaik sebagai pemeran utama dalam film Capote. Dirinya juga sempat masuk ke dalam daftar nominasi Academy Award sebagai aktor pendukung terbaik lewat dua film berjudul Charlie Wilson’s War (2007) dan Doubt (2008).

Sembilan bulan setelah peristiwa memilukan tersebut, The Hunger Games: Mockingjay Part I dirilis. Pada saat kematiannya, ia juga tengah mengerjakan The Hunger Games: Mockingjay bagian kedua. Beruntung, adegan-adegan pentingnya telah ia kerjakan. Sedangkan sisa dua adegan minornya dalam film tersebut dibongkar ulang untuk menghormati kepergiannya.

[page_break no="4" title="Paul Walker"]


Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Paul Walker.[/caption]

Paul Walker tewas dalam sebuah insiden ketika mobil Porsche Carrera GT yang ia tumpangi menabrak sebuah pohon dan terbakar seketika. Untuk diketahui, dalam kecelakaan tersebut Paul berada di kursi belakang, sementara temannya, Roger Rodas, yang mengemudikan.

Kematian yang sangat mengejutkan, padahal Paul tengah dalam masa produksi film terbarunya, Furious 7. Ditambah lagi, menurut penuturan orang-orang terdekatnya, Paul dan khususnya Roger adalah dua pengemudi yang andal dan kenyang akan pengalaman membalap. Tak hanya dalam film, dalam kehidupan nyatanya pun Paul Walker memang punya hobi balap mobil.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/11/07/wow-paul-walker-kembali-tampil-lagi-di-fast-furious-8/" title="Wow, Benarkah Paul Walker akan Kembali "Dibangkitkan" dalam Furious 8?"]

Pria yang meninggal di usia 40 tahun ini banyak menghabiskan awal kariernya dalam berbagai serial televisi. ia juga telah banyak membintangi beberapa film semasa hidupnya. Namun, perannya sebagai Brian O’Conner dalam waralaba The Fast and the Furious adalah yang berperan besar melambungkan namanya ke puncak ketenaran internasional.

Meski Fast Furious 7 tak berhasil ia selesaikan, akan tetapi tercatat ada dua film lain yang berhasil ia rampungkan namun sama-sama dirilis setelah kematiannya. Kedua film tersebut adalah Hours (Desember 2013) dan Brick Mansion (2014).

[page_break no="5" title="Heath Ledger"]


Memilukan, Aktor Legendaris Ini Berpulang Sebelum Film Terakhirnya Ditayangkan Heath Ledger.[/caption]

[duniaku_adsense]

Aktor pemilik nama lengkap Heathcliff Andrew Ledger ini meninggal pada 22 Januari 2008, enam bulan sebelum film terbaiknya yang ia bintangi dirilis secara global. Ia ditemukan sudah meregang nyawa di sebuah apartemen di New York. Kematiannya diduga akibat overdosis obat-obatan.

Beruntung, The Dark Knight sukses ia rampungkan. Padahal, saat itu ia juga tengah dalam proses menyelesaikan film lain berjudul The Imaginarium of Doctor Parnassus. Aktor lain seperti Johny Depp, Jude Lawm dan Colin Farrell kemudian diminta untuk meneruskan peran Ledger dengan menggunakan bantuan teknologi CGI.

Banyak yang menyayangkan kepergiannya di usia yang masih sangat muda, 28 tahun. Heath juga termasuka ke dalam jajaran aktor bertalenta dan diperhitungkan di Hollywood sana. Jika dirinya masih hidup, mungkin ia akan melanjutkan perannya sebagai Joker dalam film Batman araha Zack Snyder.

Penampilannya sebagai Joker di film arahan Christoper Nolan tersebut sungguh brilian dan mendapat banyak penilaian positif dari para kritikus film. Penampilan yang disebut sebagai salah satu yang terbaik di abad ke-21. Atas performanya yang memukau itu pula, ia diganjar piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik pada tahun 2008.

Menyedihkan memang, namun seperti itulah cara kehidupan bekerja. Mungkin banyak dari kita yang berpikir jika seandainya aktor-aktor ini hidup lebih lama lagi, mereka akan jauh lebih dikenang ketika meninggalnya nanti. Namun, ketika Tuhan telah berkehendak lain, manusia hanya bisa pasrah dan merelakan kepergian idola mereka untuk selama-lamanya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU