5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

samurai nyata

Kumpulan samurai-samurai nyata ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, hingga kisah mereka masih terdengar hingga sekarang. Siapa saja?

Baca Juga

Sebelumnya, kita sudah membahas ninja-ninja nyata yang legendaris. Namun mengingat pekerjaan ninja yang mengharuskan penekanan pada spionase dan sabotase, sepertinya banyak nama yang hingga sekarang tidak diketahui umum. Bahkan sosok seperti Hattori Hanzo dan Fuma Kotaro saja sepertinya memiliki prestasi-prestasi yang tidak diketahui.

Sekarang giliran para samurai nyata yang dibahas. Mengingat para petarung ini sering kali harus berduel dan bertempur, presatasi mereka pun lebih mudah dicatat oleh sejarah. Seberapa melegenda mereka? Yah, hingga ratusan tahun kemudian mereka masih sering muncul dalam bentuk tokoh game, anime, hingga film. Kamu bahkan lebih mengenal mereka di media budaya pop tanpa menyadari mereka itu sosok nyata.

1

Miyamoto Musashi

Musashi sering muncul di berbagai media budaya pop hingga kamu bisa mengira dia adalah tokoh fiktif. Tapi tidak, dia ini samurai nyata yang memang benar-benar pernah mengukir jejaknya di dunia.

Seberapa kuat Musashi? Menurut buku The Book of Five Rings, samurai yang satu ini pertama berduel waktu dia berumur 13 tahun. Dia menang dan membunuh musuhnya.

Dua pencapaian Musashi yang paling terkenal adalah saat dia menang duel melawan Sasaki Kojiro serta mengalahkan para petinggi klan Yoshioka.

Konfliknya dengan klan Yoshioka menunjukkan kemampuan Musashi dalam memikirkan taktik sekaligus kekuatan bertarungnya yang luar biasa. Musashi sengaja datang telat saat melawan Yoshioka Seijuro, membuat pemimpin klan Yoshioka itu kesal duluan. Musashi lalu menyelesaikan duel ini dengan satu serangan, yang membuat Seijuro cacat.

Mengenal 5 Ninja Nyata yang Menginspirasi Tokoh Anime dan Game

Ninja bukan sekedar tokoh fiktif belaka. Inilah 5 ninja nyata yang begitu melegenda, sampai menginspirasi banyak tokoh anime, game, hingga film!
Baca Juga

Saudara Seijuro, Denshinichiro, lalu memutuskan untuk menuntut balas. Musashi datang telat lagi, sepertinya memang sengaja untuk membuat musuhnya emosi. Lalu dia menang lagi.

Kekalahan beruntun Seijuro dan Denshinichiro membuat klan Yoshioka murka. Tak lagi memikirkan kehormatan, mereka menghimpun kelompok berisi puluhan orang untuk menyergap Musashi. Tapi Musashi bisa mengetahui niat mereka, meluncurkan serangan kejutan, dan membunuh semua orang Yoshioka yang menghalangi jalannya untuk kabur.

Menang duel lawan Seijuro dan Denshinichiro yang merupakan pemimpin klan Yoshioka saja sebenarnya sudah luar biasa. Demikian pula dengan kemenangannya melawan Sasaki Kojiro. Tapi prestasi yang membuktikan kemampuan Musashi jelas adalah saat ia menghadapi puluhan orang Yoshioka dan bertahan hidup. Itu seharusnya hanya bisa dilakukan di anime dan game Dynasty Warriors.

 

Sumber: Wikipedia (Miyamoto Musashi), Wikipedia (Yoshioka-ryu)

2

Honda Tadakatsu

Honda Tadakatsu adalah samurai yang mengabdi di bawah Tokugawa Ieyasu. Hidup di puncak era Sengoku Jidai, Tadakatsu pernah terlibat dalam 100 pertempuran. Itu saja sudah prestasi menakjubkan, mengingat ia – jelas – sukses bertahan hidup dari setiap pertempuran itu.

Tadakatsu juga hidup di dunia di mana ilmu pengobatan belum berkembang seperti sekarang. Satu saja luka parah bisa mengakhiri karirnya sebagai samurai dan panglima di medan pertempuran. Tahu kenapa ia bisa terus bertarung di lebih dari seratus pertempuran? Karena Tadakatsu begitu hebat, ia tak pernah menderita luka serius. Ia juga tak pernah dikalahkan oleh samurai lain.

Kalau kamu menemukan Tadakatsu di game atau anime, biasanya kamu akan melihat dia dengan helm khasnya yang dihias dengan motif tanduk rusa. Itu bukan sentuhan fiktif. Dia memang mengenakan helm unik itu ke pertempuran. Jadi seharusnya para samurai yang ingin mengukir nama bisa dengan mudah menemukannya dan melawannya. Tetap saja hingga Ieyasu menciptakan Jepang yang stabil dan aman, Tadakatsu tidak terkalahkan.

 

Sumber: Badass of the Week, Wikipedia


 

Itu baru dua contoh. Siapa lagi kira-kira samurai nyata dengan kemampuan bertarung yang melegenda? Lihat lanjutannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleSerang Haters, Lagu Baru Young Lex “Makan Bang” Malah Tuai Banyak Hujatan
Next articleJadi Tren Industri, Teknologi VR dan Turnamen eSport Siap Banjiri Arena TGS 2017!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.