Usai Satu Dekade Menghibur Gamer, Produksi PS3 akan Segera Dihentikan

produksi ps3 akan dihentikan

Satu dekade tentunya bukan waktu yang singkat untuk daur hidup sebuah konsol. Dan jelang usia kesebelas tahun ini, Sony memutuskan produksi PS3 akan dihentikan dalam waktu dekat.

Kabar ini sendiri bukan datang langsung dari pernyataan resmi dari Sony, melainkan tampil di website resmi PS3 khusus Jepang. Dalam website resmi tersebut (lebih tepatnya di halaman PS3 Super Slim 500GB), Sony menuliskan “shipments are scheduled to end soon.” Distribusi konsol yang akan segera dihentikan ini mengindikasikan bahwa mereka sudah tidak akan memproduksi konsol tersebut dalam waktu dekat.

Baca Juga

Sebagai catatan, PS3 Super Slim 500GB adalah satu-satunya model yang masih diproduksi di Jepang dan barat sampai saat ini. Untuk versi lain sudah tidak ada produksi meskipun di pasaran masih (termasuk di Indonesia) masih banyak yang menjualnya. Jadi, jika kamu menemukan ada versi lain di toko game terdekatmu, itu adalah versi refurbished, bukan asli dari pabrik.

produksi ps3 akan dihentikan

Kapan produksi PS3 akan dihentikan? Menurut Tweet dari salah satu retailer ternama di Jepang, produksi PS3 akan dihentikan paling cepat bulan Maret ini. Ini adalah jadwal penghentian produksi di Jepang, dan apabila di Jepang sudah dihentikan produksinya, maka hal serupa juga akan diikuti oleh Sony Amerika tidak lama lagi.

PS3 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2006 lalu. Pada saat itu, Sony menjanjikan bahwa mereka akan memberikan dukungan untuk PS3 paling tidak hingga 10 tahun. Nah kebetulan, masa 10 tahun tersebut sudah lewat bulan November 2016 lalu, sehingga wajar jika akhirnya Sony siap menghentikan produksinya dalam waktu dekat. Super Slim adalah model yang terakhir dirilis, dimana model ini diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

produksi ps3 akan dihentikan

Dengan bakal dihentikannya produksi PS3, maka bisa dibilang berakhir sudahlah era konsol generasi ketujuh. Xbox 360 sudah lebih dulu dihentikan produksinya pada bulan April 2016 lalu, dan diikuti dengan Wii pada bulan November 2016.

Resmi! Persiapan Rilis Switch, Produksi Wii U Dihentikan di Seluruh Dunia

Wii U resmi jadi barang kolektor sekarang. Selamat jalan, Wii U!
Baca Juga

Meskipun bukan konsol terlaris dari Sony, namun penjualan PS3 sangat memuaskan selama satu dekade berada di industri game. Total, konsol ini terjual lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia, di bawah PlayStation 2 yang hampir mencapai angka 100 juta unit.

Selamat jalan PS3!

Sumber: VG247/Gematsu

SHARE
Previous articleGanteng dan Cantik, Begini Para Pemeran Karakter Horor di Kehidupan Nyata
Next articleKisah Dua Tahun Pengembangan Game Ascender Bagian 1 – Berawal dari Sebuah Mimpi
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.