Inilah Penjelasan Ilmiah Ayam Raksasa yang Videonya Sedang Viral

ayam raksasa

Sosial Media memang takkan pernah kehabisan sensasi yang membuat netizen takjub. Contohnya seperti baru-baru ini, netizen dibuat heboh oleh kehadiran seekor ayam raksasa dalam sebuah video berdurasi 1 menit 16 detik.

Diunggah pertama kali oleh seorang warga negara Kosovo bernama Fitim Sejfijaj di akun Twitter minggu lalu, video ayam raksasa ini pun langsung menjadi viral di mana-mana. Sampai saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih 80 juta kali.

Baca Juga

Sebagian netizen masih mempertanyakan apakah ayam raksasa yang terdapat dalam video tersebut memang benar-benar ada, atau hanyalah sebuah rekayasa manusia yang mengenakan kostum ayam.

Ayam berwarna putih itu memang memiliki ukuran sangat besar jika dibandingkan dengan ayam-ayam normal yang sering kita jumpai. Si ayam raksasa terlihat keluar dari sebuah lubang, lalu berjalan di halaman sekitar kandangnya.

Meskipun kebanyakan netizen menganggap video viral itu hanyalah hoax, namun kenyataannya ayam raksasa memang benar-benar ada. Ayam raksasa tersebut berasal dari jenis ayam Brahma yang juga dikenal dengan sebutan “Rajanya Ayam”.

Dari beberapa litelatur, disebutkan jika ayam brahma merupakan hasil kawin silang antara ayam Cochin dan ayam Melayu, kemudian dari persilangan tersebut dikawinkan dengan ayam Gray Chittagong India. Hasilnya, lahirlah spesies ayam yang berbulu kaki tebal dan berpostur besar.

ayam raksasa

Ayam jenis ini banyak dikembangbiakkan di Amerika sejak 1850-an. Rata-rata bobot pejantan bisa mencapai 9 kg sedangkan betina 6 kg, hampir sama dengan berat seekor kalkun.

Mungkin banyak orang yang belum tahu jika ayam Brahma juga telah cukup lama masuk di Indonesia. Namun berbeda dengan Amerika, ketika ayam jenis ini dijadikan ras pedaging, di Indonesia ayam brahma tergolong ke dalam ayam hias karena bentuk tubuhnya yang unik.

Keindahan dari postur tubuhnya dan bulunya yang antik semakin menjadi daya tarik ayam Brahma sebagai ayam hiasan untuk dipamerkan. Pada akhirnya tak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi membeli ayam raksasa ini.

Bukan Cuma di Indonesia, 5 Patung Macan di Jepang Ini Juga Bikin Ngakak!

Deretan patung macan di Jepang ini juga ternyata memiliki bentuk wajah yang gak kalah aneh sama patung macan milik Koramil yang viral di dunia maya loh.
Baca Juga

Harga ayam Brahma pun lumayan fantastis. Ayam yang masih berusia 1 bulan, dipatok dengan harga 1,5 juta rupiah. Sedangkan untuk indukan yang siap menelur, harganya bisa mencapai 8 sampai 10 juta rupiah.

Apa kamu bisa menebak, sebesar apa telur dari ayam raksasa Brahma ini?