Ternyata Ada Kisah Nyata yang Kelam di Balik Dongeng Beauty and the Beast

kisah nyata dongeng disney

Pesona Emma Watson memang berhasil membuat para penonton rela antre untuk menyaksikannya beraksi sebagai Belle. Namun tahukah kamu soal kisah nyata dongeng Disney yang ada di baliknya?

Setelah menanti lebih dari seperempat abad, kisah dongeng peraih Oscar, Beauty and the Beast hadir kembali dalam format live action. Daya tarik utamanya, tentu saja pesona si cantik, Emma Watson yang kebagian peran sebagai Belle.

Baca Juga

Selain itu, berbagai hal menarik juga dijanjikan dalam Beauty and the Beast versi teranyar ini. Bintang-bintang besar seperti Dan Stevens dan Luke Evans didaulat untuk mengisi peran sebagai Beast dan Gaston.

Tiga tema lagu baru juga disiapkan untuk mengisi film yang memang kental dengan nuansa musikal. Film ini bahkan disebut-sebut sebagai film live action Disney yang membawa pesan LGBT.

Terlepas dari isu-isu yang beredar, semua orang tentu tahu bahwa Beauty and the Beast sudah terlebih dahulu hadir dalam format dua dimensi di tahun 1991 lalu. Namun sepertinya belum banyak yang tahu bahwa kisah kelam nyata ternyata ada di balik animasi peraih Oscar tersebut.

kisah nyata dongeng disney
festival-cannes.fr

Review Beauty and the Beast – Jatuh Cinta Lagi pada Emma Watson

Emma Watson berhasil mengambil hati sebagai Belle di Beauty and the Beast. Luke Evans memukau dengan performa luar biasa. Tapi tentu tak semuanya sempurna.
Baca Juga

Buku dongeng berjudul La Belle et la Bete adalah kisah yang mengilhami perjalanan cinta si cantik dan si buruk rupa. Siapa sangka dongeng karangan Gabrielle-Suzanne Barbot de Villeneuve juga ternyata terinspirasi dari kisah nyata.

Kisah nyata dongeng Disney ini ternyata terinspirasi dari kisah cinta Petrus Gonsalvus dan tunangannya, Catherine. Selama hidupnya, Petrus Gonsalvus mengalami tekanan yang amat luar biasa akibat penyakit langka yang diidapnya. Seperti dilansir laman Mirror, sekitar abad 16, Petrus alias Pedro Gonzalez didiagnosis menderita hipertrikosis atau sindrom Ambras.

Sindrom langka tersebut membuat hampir sekujur tubuhnya ditumbuhi oleh rambut. Karena keanehannya itu, Petrus dikucilkan dan membuat semua orang ketakutan. Catatan sejarah bahkan menyebutkan bahwa Petrus pernah ditangkap sebagai hadiah penobatan Raja Henry II dan Ratu Catherine de Medici.

kisah nyata dongeng disney
kaskus.co.id

Beruntung, ia akhirnya bertemu dengan Catherine, seorang janda bangsawan yang menerima Petrus apa adanya. Mereka pun menikah dan dikaruniai empat orang anak. Dua di antaranya lahir normal, sementara dua lainnya menderita sindrom yang sama dengan ayahnya.

Kisah cinta suci merekalah yang akhirnya mengilhami buku La Belle et la Bete, yang kemudian disadur Disney menjadi Beauty and the Beast. Selain kisah Beauty and the Beast, rupanya tak sedikit dongeng Disney lainnya yang terinspirasi dari kisah nyata. Ini buktinya.

1

Pocahontas

kisah nyata dongeng disney
youtube.com

Dalam cerita Pocahontas versi Disney, sosok Pocahontas digambarkan sebagai seseorang yang berhasil menyelamatkan John Smith, penjajah Inggris pada abad ke-17. Namun, sebetulnya, hubungan sejarah suku asli Amerika dengan penjajah jauh lebih rumit dari cerita yang selama ini kita ketahui dari Disney.

Pocahontas dan John memang saling ‘jatuh cinta’ namun dalam cara yang sungguh berbeda. Gara-gara perbedaan ini, suku Powhaton, keturunan Pocahontas yang sebenarnya sampai menyebut bahwa Disney ‘mengaburkan’ sejarah yang telah ada.

kisah nyata dongeng disney
ancient-origins.net

Matoaka alias Pocahontas lahir sekitar tahun 1596. Ia dijuluki Pocahontas yang artinya ‘si nakal’. Matoaka kemudian dijadikan sandera oleh penjajah Inggris selama lebih kurang satu tahun ketika usianya baru menginjak 17 tahun.

Agar bisa bebas, Pocahontas akhirnya bersedia untuk menikah dengan seorang duda berusia 28 tahun, John Rolfe. Ia akhirnya mengubah namanya menjadi Rebecca Rolfe dan hijrah ke kampung halaman suaminya di London. John dan Rebecca akhirnya dikaruniai seorang putra dari pernikahannya tersebut.

Nahas, Rebecca alias Pohacontas tewas di atas kapal saat pasangan tersebut tengah mencoba kembali ke Virginia. Padahal usianya kala itu masih sangat belia, yakni 21 tahun.

Masih ada kisah nyata dongeng Disney lainnya di halaman kedua…