Resmi Dikonfirmasikan, Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari Galaxy S8 dan Galaxy S8+

Tinggal menghitung jam saja sampai Samsung resmi mengungkapkan flagship terbarunya, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ (Galaxy S8 Plus) melalui event Unpacked yang digelar 29 Maret 2017 ini. Menjelang berlangsungnya peluncuran utamanya tersebut, Galaxy S8 kembali bisa dilihat detailnya lebih awal melalui video.

Baca Juga

Video di bawah memperlihatkan bagaimana smartphone unggulan Samsung ini diuji seseorang dengan mengetik melalui keyboard virtualnya. Mengusung konfigurasi spesifikasi terbaik di awal tahun ini, siapa pun yakin jika Galaxy S8 mampu mengeksekusi semua tugas yang diberikan padanya dengan lancar.

Dari sisi desain, tidak ada yang mengejutkan dari video di atas. Mengingat sejak akhir Februari 2017 lalu kita sudah mengetahui bakal seperti apa wujud smartphone unggulan Samsung ini. Apalagi spesifikasi Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, kita sudah membeberkannya sejak bulan lalu. Ringkasnya, bisa kalian lihat kembali di bawah:

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+

  • Layar 5.8-inchi dan 6.2-inchi resolusi Quad HD+ (1,440 x 2,960-pixel) edge-to-edge (tanpa bezel)
  • Rasio layar 18:9
  • Chipset Snapdragon 835 dengan konfigurasi prosesor octacore 1.9GHz + 2.45GHz, atau Exynos 9 Octa 8895 dengan konfigurasi prosesor octacore 1.7GHz + 2.5GHz
  • Memory RAM 4GB (diperkirakan akan ada varian dengan RAM 6GB)
  • Kamera 12-megapixel dengan bukaan lensa F/1.7
  • Kapasitas baterai 3,250mAh
  • Port USB Type-C
  • Internal storage 64GB dengan slot microSD mendukung kapasitas hingga 256GB
  • Anti debu dan air berstandar IP68
  • Sensor sidik jari di sisi belakang
  • Harga: Galaxy S8 sekitar Rp11.5 juta, Galaxy S8 Plus sekitar Rp13 juta

Beberapa hal penting lainnya yang sudah terungkap selama ini seperti:

Menghilangnya Tombol Home


Samsung membuang tombol Home! Ya, smartphone bongsor ini memang mengedepankan bentuk melengkung pada kedua sisinya, dan dengan layar lebar yang menguasai mayoritas panel depannya dengan rasio yang tinggi. Untuk memaksa tercapainya rasio tersebut, tombol Home di bawah layarnya (sekaligus biasanya menjadi lokasi dimana sensor fingerprint berada) terpaksa dibuang. Ini menjadi yang pertama dalam sejarah Android Galaxy Samsung. Menggantikan hal itu, Samsung menggunakan tombol virtual pada layarnya. Oh ya, layar besarnya ini juga digunakan sebagai media pemindai wajah, salah satu cara untuk mengamankan smartphone terbaru Samsung ini.

Lihat Seksinya Galaxy S8 Plus, yang Pasti Buat Kalian Nyesel Terlanjur Beli Galaxy S7 edge

Meskipun tampak cantik dan seksi, namun tidak bisa dipungkiri Galaxy S8 ini mengingatkan kalian pada..... Xiaomi!
Baca Juga

Ada Empat Pilihan Warna


Samsung juga akan meluncurkan dua varian Galaxy S8 ini dalam empat pilihan warna yang berbeda, Blue, Black, Orchid Gray, dan Silver.

Disediakan Aksesoris Khusus


Samsung juga menyiapkan beberapa aksesoris khusus untuk smartphone terbaru mereka ini. Beberapa diantaranya adalah Samsung DeX Station dan EB-PG950 Power Bank. Samsung EB-PG950 Power Bank ditawarkan dalam pilihan warna Grey dan Blue, seangkan Samsung DeX Station hanya satu warna hitam saja. Keduanya akan diumumkan bersamaan dengan Galaxy S8 dan varian plusnya malam ini.

Ini Kelebihan LG G6: Bersahabat dengan Instagram, Lebih Cepat dari Galaxy S8

Selain dijual satu bulan lebih awal dibandingkan Galaxy S8, LG G6 memiliki beberapa trik dan kelebihan yang membuatnya ideal bagi kalian yang hobi melakukan fotografi di luar ruangan. Apa saja fitur barunya yang sudah terungkap?
Baca Juga

Samsung EB-PG950 Power Bank memiliki kapasitas baterai 5100mAh , port USB-C, dan 15W Fast Charge In/Out, yang akan memastikan Galaxy S8 kalian tidak akan kehabisan baterai ketika digunakan di luar ruangan. Harganya diperkirakan mencapai Rp850 ribuan ketika dijual nanti.

Samsung DeX Station sesuai namanya, USB-C dock yang memiliki dua port USB, Ethernet, dan bahkan ada pendingin aktifnya. Sesuai tipikal docking, akesoris ini memberi fungsi tambahan seperti HDMI hingga kualitas 4K pada 30fps, 100Mb Ethernet, dan juga power supply (menjadi charger untuk Galaxy S8). Harganya diperkirakan mencapai Rp1.8 jutaan.

Snapdragon 835


Mengenai prosesor Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang digunakannya, ini menjadi yang paling canggih dimiliki Qualcomm saat ini. Baru diumumkan 17 November 2016 lalu, dan menjanjikan banyak perubahan dibandingkan Snapdragon 821.

Diantararanya adalah penggunaan prosesor jenis baru yang diproses dalam fabrikasi 10 nm Samsung FinFET LPE, yaitu Kryo 280 dengan delapan inti prosesor, masing-masing empat core kecepatannya 2.45 GHz dan 1.9 GHz. Kinerja prosesor dibantu oleh GPU Adreno 540 (yang mendukung OpenGL ES 3.2, OpenCL 2.0 full, Vulkan, dan bahkan GPU ini mendukung DirectX 12), serta memory jenis baru LPDDR4X.

Ternyata Murah Banget! Harga Xiaomi Mi6 Bakal Bikin Para Pesaingnya “Jantungan”

Dan semoga saja harga Xiaomi Mi6 nantinya tidak sampai merusak pasaran...
Baca Juga

Memory LPDDR4X ini berkecepatan 2400 MHz, dan bahkan mendukung penerapan RAM hingga kapasitas 16GB (sayang ya, Samsung hanya memilih RAM 4GB). LPDDR4X yang diproduksi Samsung Semiconductor ini sebenarnya sama seperti LPDDR4, dengan bandwidth yang sama, namun di atas kertas akan lebih hemat baterai. Dengan semua peningkatan kinerja yang diberikan tersebut, Snapdragon 835 juga diklaim mampu memancarkan visual berkualitas 8K pada 60 bingkai per detiknya.

Selain itu, Snapdragon 835 mendukung format storage eMMC 5.1 atau UFS 2.1 (sebelumnya hanya eMMC 5.1 atau UFS 2.0 saja), kemudian prosesor Snapdragon 835 ini juga dibangun pada manufaktur berteknologi terkecil pada saat ini: proses CPU 10 nm berteknologi FinFET LPE dari Samsung, memungkinkan prosesornya dirancang di atas silikon yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.

Mereka juga menggunakan desain yang revolusioner Fin Field Effect Transistors (FinFET), yang notabene teknologi milik Samsung. Hasilnya, membuatnya lebih efisien hingga 30%, memberikan kinerja penuh dengan perkiraan 27% lebih baik dari prosesor sebelumnya, sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 40% dibandingkan Snapdragon 821.

Lanjut ke halaman 2

1
2
SHARE
Previous articleLihat Kerennya Spear of Odin, Game Baru Ragnarok Online untuk HP Android
Next articleTidak Ada di Filmnya, Adegan dalam Power Rangers Terbaru Ini Buat Kita Ingat Masa Kecil!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.