Ternyata Manga One Piece Adalah Manga yang Paling Banyak Ditinggalkan oleh Fans!

manga one piece

Meskipun punya jalan cerita yang menarik dan fan fanatik, ternyata manga One Piece menjadi manga paling banyak ditinggalkan fan karena ceritanya yang sangat panjang.

Ada sebuah pepatah, “yang berlebihan itu tidak baik”, ya pepatah tersebut rasanya cukup tepat untuk menggambarkan beberapa manga yang punya cerita super panjang. Bahkan setelah bervolume-volume, manga tersebut belum juga ada tanda-tanda menemukan titik akhir cerita. Meskipun sebenarnya kualitas gambar dan cerita di dalam manga tersebut boleh dikatakan tidak terlalu buruk.

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, situs terkemuka yang sering menyelenggarakan voting tentang anime, Goo Rangking, baru saja merilis daftar deretan manga yang ditinggalkan oleh pembaca Jepang karena ceritanya terlalu panjang dan bertele-tele.

Hasil dari survei tersebut bisa dibilang cukup mengejutkan, karena siapa sangka ternyata manga One Piece karya Eichiiro Oda berada di posisi pertama sebagai manga yang paling banyak ditinggalkan pembaca.

Dalam suvei tersebut, manga One Piece mendapatkan 542 suara dari penggemar Jepang sekaligus berada di posisi teratas manga dengan cerita terpanjang yang banyak ditinggalkan. Hingga saat ini, manga One Piece sudah mencapai 84 volume dan masih terus berlanjut.

Manga One Piece mulai diserialisasikan pada majalah Shonen Jump edisi #34 pada tanggal 4 Agustus 1997. Berarti, buah karya dari Eichiiro Oda ini sudah menemani para pembaca selama 20 tahun. Ya, bukan waktu yang sebentar untuk ukuran sebuah manga.

manga one piece

Namun lewat alur cerita serta berbagai plot twist yang ditampilkan, membuat para penggemar One Piece tetap setia menunggu setiap chapter yang dirilis. Bahkan kesuksesan manga ini membuat One Piece sebagai manga terlaris dengan penjualan lebih dari 320 juta kopi dan akan terus bertambah.

Tapi entah kenapa jika banyak penggemar di Jepang yang meninggalkan dan berhenti membaca kisah Luffy dan kawan-kawannya ini.

8 Gambar One Piece Ini Membuktikan Jika Eiichiro Oda Mengagumi Indonesia

Cerita di dunia One Piece memang selalu mengejutkan, terlebih jika OPLover Indonesia mengetahui tempat, binatang, tumbuhan, tempat dan bahkan pulau asli Indonesia ternyata juga muncul di dalam cerita One Piece.
Baca Juga

Sementara, posisi kedua manga yang paling banyak ditinggalkan pembaca karena terlalu panjang adalah Detective Conan. Diterbitkan mulai dari awal tahun 1994, Detective Conan kini telah diterbitkan sebanyak 91 volume tankobon. Pada awalnya, serial manga ini sangatlah bagus, akan tetapi, lama-kelamaan mulai membosankan dan repetitif.

Terlebih ceritanya yang mulai keluar dari tujuan awal. Bayangkan, mungkin dari 3 hingga 7 volume yang diterbitkan, hanya beberapa chapter yang membahas musuh utama dan masuk ke cerita inti. Yep, bisa dibilang, bahkan manganya pun terlalu banyak filler.

Berikut ini daftar lengkap manga yang berhenti dibaca penggemar karena ceritanya terlalu panjang veris Goo Rangking.

  1. One Piece (84 volume, belum tamat) – 542 Suara
  2. Detective Conan (91 volume, belum tamat) – 352 Suara
  3. Kochikame (200 volume, tamat) – 296 Suara
  4. Bleach (75 volume, tamat) – 207 Suara
  5. Jojo’s Bizarre Advanture (118 volume, belum tamat) – 149 Suara
  6. Crest of the Royal Family (62 volume, belum tamat) – 137 Suara
  7. Oishinbo (111 volume, belum tamat) – 134 Suara
  8. Gintama (67 volume, belum tamat) – 127 Suara
  9. Naruto (72 volume, tamat) – 125 suara
  10. Futari Ecchi (69 volume, belum tamat) – 117 suara
  11. Hajime no Ippo (116 volume, belum tamat) – 111 suara
  12. InuYasha (56 volume, tamat) – 89 suara
  13. Golgo 13 (183 volume, belum tamat) – 77 suara
  14. Fairy Tail (60 volume, belum tamat) – 72 suara
  15. Asari-chan (100 volume, tamat) – 67 suara

Diedit oleh Arya W. Wibowo