Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Tak disangka, ada sejumlah aktor Hollywood pengisi suara karakter-karakter video game terkenal. Siapa saja mereka? Inilah daftarnya!

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal! Copyright: Andrewtcollins[/caption]

Tak disangka, ada sejumlah aktor Hollywood pengisi suara karakter-karakter video game terkenal. Siapa saja mereka? Inilah daftarnya!

[duniaku_baca_juga]

Akan muncul sebuah perdebatan sengit yang tiada bertepi ketika para gamer membicarakan  mengenai kualitas deretan video game yang mereka mainkan. Umumnya, debat kusir tersebut meruncing pada dua aspek yang dianggap paling penting dan menjadi fondasi utama sebuah game: grafis dan gameplay. Mana yang lebih penting dari kedua aspek tersebut?

Sulit rasanya untuk menemukan jawaban tunggal dari pertanyaan abadi itu. Apalagi jika pertanyaan ini dilempar ke sebuah forum atau media sosial di mana PC Master Race bersua dengan Console Master Race. Jika sudah begitu, niscaya adu mulut antara dua "ras" yang merasa paling unggul dibanding yang lainnya ini jadi tak terhindarkan.

Namun, selain dua faktor di atas, ada satu lagi aspek esensial yang jika dipikir-pikir cukup vital dalam menunjang kepopuleran sebuah judul video game. Apakah gerangan? Jawabannya adalah pengisi suara.

[duniaku_adsense]

Gabungan dari gameplay yang mengesankan dan grafis yang menakjubkan sekalipun pada akhirnya bakal sia-sia apabila tak didukung dengan pengisi suara yang bertalenta. Dalam hal ini, para aktor pengisi suara punya tugas yang tak main-main. Mereka dituntut untuk dapat berujar sesempurna mungkin sesuai dengan karakter yang mereka suarakan.

Jika performa mereka tak sesuai harapan, dampaknya akan sangat mengena terhadap pengalaman bermain video game kita. Atmosfer yang sudah terbangun dengan baik lewat tampilan semesta yang memukau, misalnya, dapat runtuh seketika begitu suara karakter yang ada di dalamnya terdengar mentah atau kurang penghayatan.

Beruntung, para developer dan pihak studio sudah menyadari hal ini sejak jauh-jauh hari. Aspek yang satu ini seakan tak pernah luput dari perhatian mereka dalam meracik game.

Selain memercayakan tugas berat tersebut kepada para voice actor yang telah mendedikasikan hidupnya untuk profesi ini, mereka pun mulai mengalihkan perhatian kepada aktor-aktor layar lebar yang sudah berpengalaman memerankan karakter fiksi secara nyata. Hasilnya? Sesuai dengan ekspektasi mereka dan kita para penikmat video game-nya.

Di bawah ini ada deretan nama aktor Hollywood pengisi suara berbagai judul video game terkenal. Walau biasanya berakting di layar lebar, aktor-aktor ini ternyata terbukti mantap juga saat menyumbangkan suara. Siapa saja mereka? Langsung saja kita cari tahu bersama-sama.

[page_break no="1" title="Mark Hamill"]

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Performa Heath Ledger sebagai Joker begitu fantastis. Aktor brilian sekelas Jared Leto pun tak mampu menyajikan penampilan yang setara dengan sang mendiang. Untuk versi live-action Ledger tak tergantikan. Hal yang sama berlaku pula kepada Mark Hamill untuk peran legendarisnya sebagai pengisi suara Joker dalam serial animasi dan video gamenya.

Jika harus menyebut dua nama karakter fiksi yang paling melekat dalam diri Hamill, itu adalah Luke Skywalker dan Joker. Sudah sejak tahun 1993 ia mulai mengisi suara musuh nomor satu Batman ini. Khusus untuk video game, ada judul The Adventures of Batman & Robin yang dirilis 22 tahun silam hingga yang terbaru dalam Batman: Arkham VR.

Namun, yang paling mengejutkan adalah fakta bahwa hingga saat ini dirinya telah terlibat dalam 43 judul video game! Sungguh luar biasa. Lalu, apa saja judul game terkenal yang pernah menggunakan jasa suaranya? Di antaranya ada Lego Star Wars: The Force Awakens, Call of Duty 2, Lego Marvel’s Avengers, DC Universe Online, Kingdom Hearts, Squadron 42, hingga Avatar: The Last Airbender dan Yakuza.

Mau lihat seperti apa penampilan Mark dalam menyuarakan Joker?

[embed]

Di antara aktor-aktor Hollywood pengisi suara, Mark Hamill jelas adalah salah satu yang terbaik.

[page_break no="2" title="Elijah Wood"]

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Pasti banyak dari kamu yang mulai mengenal aktor ini sejak ia memerankan Frodo Baggins di trilogi film The Lord of the Rings. Namun, selain adaptasi film, ternyata ia juga ikut berperan dalam adaptasi video game dari novel terkenal itu. Elijah sendiri mengakui bahwa ia punya minat yang cukup tinggi terhadap video game.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/02/17/6-superstar-hollywood-karir-hancur/" title="6 Superstar Hollywood yang Karirnya Sempat Hancur dan Terpuruk"]

Selain game LotR, ia pun ikut menyumbangkan suaranya ke dalam beberapa game lain, seperti God of War III sebagai Deimos, Happy Feet sebagai Mumble, hingga sebagai naga ungu Spyro dalam trilogi The Legend of Spyro.

Tentu saja awalnya ia kesulitan dengan profesi tersebut. Namun, lambat laun ia mulai terbiasa memosisikan dirinya sebagai karakter yang ia suarakan. Ia berpendapat bahwa mengisi suara dalam video game menjadi tantangan yang unik sekaligus mengasyikkan.

Diharapkan aktor Hollywood pengisi suara yang satu ini bisa lebih aktif lagi di dunia video game.


Itu adalah dua contoh aktor Hollywood pengisi suara yang kualitasnya sudah tak diragukan lagi. Tapi masih ada empat nama lain yang harus kamu tahu. Siapa saja? ayo klik halaman berikutnya!

[page_break no="3" title="Samuel L. Jackson"]

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

What the F**K did you say? Say it again, I dare you, I double dare you MotherF**ker!

[duniaku_baca_juga]

Samuel L. Jackson adalah salah satu aktor paling ikonik di Hollywood. Aksi-aksinya di Pulp Fiction, Avengers, dan banyak judul lain sangat berkesan di benak penonton. Ia juga memiliki suara yang sangat khas. Tak heran kalau ia adalah salah satu aktor Hollywood pengisi suara yang sangat diminati.

Aktor kulit hitam kelahiran Amerika Serikat ini memang terkenal dengan berbagai karakter yang gemar melempar sumpah serapah yang khas. Samuel telah membuktikan bahwa dirinya adalah seniman serba bisa. Ia piawai memainkan perannya baik di depan maupun di belakang layar.

Usut punya usut, pria yang banyak dilibatkan dalam film arahan Quentin Tarantino ini pernah menyumbangkan suaranya sebagai opsir Tenpenny dalam Grand Theft Auto: San Andreas, Lego Star Wars III sebagai Mace Windu, dan Disney Infinity Marvel Super Heroes sebagai Nick Fury, tentunya.

Lalu ada judul Afro Samurai, di mana aktor penggemar Hentai ini berperan ganda untuk menyuarakan karakter Afro dan Ninja Ninja. Baik itu dalam serial animasi maupun video gamenya.

[duniaku_adsense]

Untuk karakter opsir Tenpenny dalam GTA, ia bercokol di posisi ke-87 dalam daftar 100 penjahat Video Game terbaik versi IGN Entertainment tahun 2010. Penggemar genre First-Person Shooter ini juga pernah empat kali membawakan acara Spike TV Video Game Awards (2005, 2006, 2007, dan 2012).

[page_break no="4" title="Gary Oldman"]

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Generasi milenial banyak mengenal Gary Oldman dalam film-film keren seperti Harry Potter dan trilogi Batman yang fenomenal garapan Christoper Nolan. Selain malang melintang di layar lebar, aktor veteran ini juga pernah terlibat dalam beberapa proyek nama besar video game sebagai pengisi suara.

Ia pernah bekerja sama dengan si “Frodo” dalam trilogi The Legends of Spyro sebagai Ignitus. Selain game tersebut, dirinya juga pernah ikut mencicipi dua seri Call of Duty, yakni World at War dan Black Ops, masing-masing sebagai Sersan Viktor Reznov dan Daniel Clarke.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/12/29/aktor-hollywood-tersukses-2016/" title="10 Aktor Hollywood Tersukses Sepanjang Tahun 2016"]

Selain nama-nama besar di atas, Gary juga pernah terjun ke dalam dunia The Fifth Element, Medal of Honor: Allied Assault – Spearhead, Tru Crime: Street of LA, Lego Dimensions, hingga yang terbaru seperti Star Citizen dan Squadron 42 di mana dalam dua game tersebut ia memerankan suara Laksamana Ernst Bishop.

[page_break no="5" title="Patrick Stewart"]

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Karier Patrick Stewart sebagai pengisi suara karakter video game dimulai pada awal tahun 90-an. Ia melakoni debutnya dalam game Lands of Lore: The Throne of Chaos sebagai King Richard.

Ada dua karakter ikonik yang paling banyak ia perankan hingga sejauh ini. Kapten Jean-Luc Picard dalam franchise Star Trek dan, tentu saja, Profesor X dalam seri X-Man. Bersama Sean Bean, ia juga ikut olah suara dalam seri The Elder Scrolls: IV Oblivion.

Meski usianya semakin menua, pria berusia 77 tahun ini malah semakin matang dalam menghayati peran-peran karakter yang ia suarakan. Beberapa video game lain yang pernah ia suarakan di antaranya adalah Castlevania: Lord of Shadow I dan II serta Lego Universe.

[page_break no="6" title="Sean Bean"]

Tak Disangka, Aktor-Aktor Hollywood ini Jadi Pengisi Suara Deretan Video Game Terkenal!

Jika dibandingkan beberapa aktor veteran lain dalam daftar ini, boleh dikatakan karier Sean Bean dalam dunia voiceover masih seumur jagung.

Hingga kini ia baru menyumbangkan suaranya dalam empat judul video game, Papa Sangre II, The Elder Scroll IV: Oblivion, Kholat dan yang terbaru Civilization VI. Untuk dua judul terakhir, ia berperan sebagai narator.

Sean Bean dikenal sebagai aktor yang cukup rajin terjun ke dalam film-film yang mengisahkan mengenai sebuah kerajaan. Beberapa diantaranya yang paling terkenal bisa kembali kamu saksikan ketika ia berperan sebagai Boromir dalam The Lord of the Rings dan Ned Stark dalam serial fenomenal, Game of Thrones, yah meskipun hanya satu musim.


 

Itulah beberapa nama aktor Hollywood pengisi suara tokoh game terkenal. Sebetulnya masih ada banyak aktor atau aktris keren lain yang baru mulai terjun atau sudah veteran dalam industri ini, semisal Vin Diesel, Ellen Page, Kristen Bell, hingga yang paling gaek si “Tywin Lannister” yang berperan dalam The Witcher 3: Wild Hunt. Namun, untuk saat ini, nama-nama di atas adalah yang paling pantas untuk disebutkan ke dalam jajaran voice actor terbaik.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU