Ini Respon Pihak Marvel Atas Tulisan 212 di Komik X-Men Gold!

Marvel menanggapi serius pesan tersembunyi 212 dan QS 5:51 komikus Ardian Syaf di X-Men Gold #1

Pada 8 April 2017 kemarin, komunitas pecinta komik Marvel dan X-Men dikejutkan dengan penemuan easter egg di komik X-Men Gold #1, yang merupakan komik resmi dari Marvel. Yang menjadi kontroversi, adalah pesan tersembunyi yang tercantum dalam komik tersebut.

Baca Juga

Pesan yang dimaksud adalah penulisan kata QS 5:51 dan 212 di dua panel yang berbeda di komik X-men Gold #1 yang terbit 5 April 2017 lalu. Sebagaimana yang kita tahu, dua kata ini merujuk pada kontroversi yang menimpa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Putra atau Ahok.

x-men gold 212

Kontroversi Pesan ‘QS 5:51’ dan ‘212’ di Komik Marvel X-Men Gold, Salahkah?

Kontroversi dugaan penistaan agama masuk dalam X-Men Gold #1! Siapa yang memasukkannya dan apa reaksi para penggemar komik X-Men? Klik dan temukan di sini!
Baca Juga

Ahok dituduh menistakan agama karena dianggap menyatakan bahwa ulama atau ayat tersebut berbohong. Menanggapi pernyataan itu pula, beberapa elemen masyarakat berdemonstrasi pada tanggal 2 Desember 2016, yang kemudian dikenal dengan istilah 212. Kasusnya sendiri saat ini masih bergulir dan menjadi kontroversi yang diikuti oleh banyak orang.

Pencantuman pesan tersembunyi ini pun mendapat protes berbagai pihak, salah satunya dalam sebuah pesan terbuka di Facebook dengan isi yang sama dengan post Reddit juga dibuat, dengan me-mention Marvel. Pesan ini juga menjadi viral, dengan total 226 shares dan 309 komentar diterima sampai saat tulisan ini dibuat. Tanggapan terhadap pesan ini bervariasi, baik yang pro maupun kontra.

Menanggapi kasus ini, Marvel pun memberi respons serius dan akan menindaklanjuti dengan tegas. Pernyataan dari Marvel seperti yang dikutip dari Comicbook.com :

“The mentioned artwork in X-Men Gold #1 was inserted without knowledge behind its reported meanings. These implied references do not reflect the views of the writer, editors or anyone else at Marvel and are in direct opposition of the inclusiveness of Marvel Comics and what the X-Men have stood for since their creation. This artwork will be removed from subsequent printings, digital versions, and trade paperbacks and disciplinary action is being taken.”

Secara umum Marvel menyatakan bahwa “gambar yang terdapat pada X-Men Gold #1 tersebut dimasukkan [Marvel] tanpa mengetahui maknanya. Pesan yang dirujuk pada gambar tersebut tidak mewakili pandangan penulis, penyunting, atau siapa pun di Marvel dan bertentangan dengan sifat inklusif Marvel Comics dan apa yang diperjuangkan X-Men sejak penciptaannya. Gambar tersebut akan dihapus dari versi di cetakan berikutnya, versi digital, dan trade paperback.

Hingga saat ini, tidak ada kaitan QS 5:51 atau pun 212 terhadap jalan cerita X-Men Gold, sehingga sementara disimpulkan bahwa pesan tersebut memang hanya pesan tempelan saja. Selain itu, meski menyebutkan akan adanya sanksi untuk Ardian Syaf, Marvel belum memberikan pernyataan resmi tentang status hubungan kontrak dengan komikus berbakat tersebut.

x-men gold 212

Dengan telah terbitnya komik X-Men Gold #1 ini, maka versi yang belum disensor sudah terlanjur beredar di pasar. Dengan akan munculnya versi sensor, maka keberadaan komik yang belum disensor akan menjadi bernilai unik bagi para kolektor.

Apakah kamu akan memburu komik Marvel X-Men Gold #1 versi tanpa sensor?

Diedit oleh Snow.


SHARE
Previous articleKeren, Drone Mungil ini Bisa Masuk Kantong Celana dan Merekam Video 4K!
Next articleCerita Hero Dota 2 : Windranger, Wanita Cantik yang Dicintai Oleh Angin
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.