Kontroversi Pesan ‘QS 5:51’ dan ‘212’ di Komik Marvel X-Men Gold, Salahkah?

Kontroversi dugaan penistaan agama turut memancing diskusi di dunia Pop Culture, bagaimana kasusnya?

Kontroversi terkait dugaan penistaan agama yang akhir-akhir ini berkembang di Indonesia ternyata mulai masuk ke ranah geek culture—lebih tepatnya komik X-Men Gold.

Pada 8 April 2017 kemarin, komunitas pecinta komik Marvel dan X-Men dikejutkan dengan penemuan pesan yang terkait dengan dugaan penistaan agama di Komik X-Men Gold #1, yang merupakan komik resmi dari Marvel. Yang menjadi kontroversi, salahkah penempatan pesan tersebut?

Baca Juga

Pesan Tersembunyi

Pesan yang dimaksud adalah penulisan kata “QS 5:51” dan “212” di dua panel yang berbeda di komik X-men Gold #1 yang terbit 5 April 2017 lalu. Sebagaimana yang kita tahu, dua kata ini merujuk pada kontroversi yang menimpa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Komikus DC Comics, Ardian Syaf Bikin Kode di Earth 2 : World’s End #1

Apalagi pesan rahasia yang tersembunyi di komik ini?
Baca Juga

Ahok dituduh menistakan agama karena dianggap menyatakan bahwa ulama atau ayat tersebut berbohong. Menanggapi pernyataan itu pula, beberapa elemen masyarakat berdemonstrasi pada tanggal 2 Desember 2016, yang kemudian dikenal dengan istilah “212.” Kasusnya sendiri saat ini masih bergulir dan menjadi kontroversi yang diikuti oleh banyak orang.

Panel gambar yang memuat pesan tersembunyi (Sumber: Haykal Al-Qasimi)

X-men Gold #1, pesan tersembunyi “QS 5:51” dapat ditemukan di baju Colossus, salah satu superhero utama dalam komik ini. Di komik itu ia tengah digambarkan memukul bisbol. Sementara pesan “212” ditempatkan di papan reklame salah satu toko.

Komikus yang membuatnya adalah komikus Marvel asal Indonesia, Ardian Syaf. Ardian selama ini dikenal sebagai komikus berbakat yang pernah bekerja baik untuk Marvel atau pun DC. Memulai karirnya pada tahun 2007, ia dikenal atas karya nya di Batgirl, Brightest Day, dan Welcome to the Jungle, yang mendapatkan nominasi di penghargaan bergengsi Hugo Award.

Dianggap Menyebar Kebencian

Pesan yang mudah dilihat dan ditemukan tersebut kemudian dilaporkan oleh salah satu penggemar komik X-men, Andrean Sugiarto. Pesan tersebut kemudian viral, namun oleh Facebook tanpa alasan yang jelas. Beberapa orang menduga pesan tersebut dihapus karena mendapatkan banyak laporan dari pendukung komikus X-Men.

5 Ciri Khas Logan Wolverine yang Tidak Muncul di Versi Filmnya

ternyata Logan Wolverine versi film tidak sepenuhnya mirip dengan versi komiknya. Bahkan ada hal-hal krusial yang tidak serupa, Apa saja?
Baca Juga

Pesan kemudian disampaikan di forum Reddit pada 8 April 2017 oleh akun Kinda1994guy. Dalam postingan tersebut, ia menyampaikan secara lengkap kasus yang terjadi beserta link yang relevan. Dalam posting tersebut, Kinda1994guy berpendapat bahwa pesan tersebut melambangkan sentimen anti-Kristen dan anti-semit, serta menyebarkan kebencian, intoleransi, dan permusuhan lewat simbol-simbol yang ditampilkan.

Pesan tersembunyi pada komik X-Men Gold itu juga dianggap ironis, sebab X-Men sendiri banyak mengangkat tema antidiskriminasi terhadap kaum tertentu.

 

Sebuah pesan terbuka di Facebook dengan isi yang sama dengan post Reddit juga dibuat, dengan me-mention Marvel. Pesan ini juga menjadi viral, dengan total 226 shares dan 309 komentar diterima. Tanggapan terhadap pesan ini bervariasi, baik yang pro maupun kontra.

Pesan-pesan tersebut kemudian dengan ditanggapi dengan cepat oleh Marvel yang menyatakan bahwa “gambar yang terdapat pada X-Men Gold #1 tersebut dimasukkan [Marvel] tanpa mengetahui maknanya. Pesan yang dirujuk pada gambar tersebut tidak mewakili pandangan penulis, penyunting, atau siapa pun di Marvel dan bertentangan dengan sifat inklusif Marvel Comics dan apa yang diperjuangkan X-Men sejak penciptaannya. Gambar tersebut akan dihapus dari versi di cetakan berikutnya, versi digital, dan trade paperback.”

Hingga saat ini, tidak diketahui adanya kaitan “QS 5:51” atau pun “212” terhadap jalan cerita X-men Gold, sehingga sementara disimpulkan bahwa pesan tersebut memang hanya pesan tempelan saja. Selain itu, meski menyebutkan akan adanya sanksi untuk Ardian Syaf, Marvel belum memberikan pernyataan resmi tentang status hubungan kontrak dengan komikus berbakat tersebut.

Apakah yang dilakukan Ardian itu wajar? Yuk temukan jawabannya di halaman kedua!

1
2
SHARE
Previous articleInilah Hero Mobile Legends Terbaik Per April 2017 Setelah Nerf Sana Sini
Next articleKeren, Drone Mungil ini Bisa Masuk Kantong Celana dan Merekam Video 4K!
Tertarik dengan dunia game sejak kecil. Baginya, game tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga sarana untuk belajar dan refleksi diri. Game yang ia senangi antara lain Grand Theft Auto V, seri Europa Universalis, seri Crusader King, dan seri Romance of the Three Kingdoms.