Resmi Akan Diluncurkan, Harga Xiaomi Mi6 Plus Hanya Separuh dari Merek Sebelah

Xiaomi Mi6 Plus

Gosip pun kembali terbukti. Sebelumnya kami memprediksikan Xiaomi bakal mengungkapkan flagship mereka antara tanggal 11 atau 18 April 2017. Dan ternyata benar, kemarin, Selasa 11 April 2017, Xiaomi resmi menentukan kapan Xiaomi Mi6 bakal diluncurkan, yaitu 19 April 2017 nanti.

Baca Juga

Sebuah teaser yang dirilis Xiaomi kemarin juga menuliskan pesan yang penuh arti. “Tertulis, kalian menunggu 203 hari, kami menanti selama 7 tahun.” Itu artinya kalian menunggu lebih dari enam bulan sejak Xiaomi meluncurkan Xiaomi Mi5s akhir September 2016 lalu, dan hampir tujuh tahun sejak Xiaomi berdiri. Acara peluncuran ini sendiri bakal digelar di Gymnasium of Beijing University of Technology.

Selain Kini Anti Air, Fakta Baru Xiaomi Mi6 Ini Bakal Otomatis Bikin Mifans Illfeel

Kalian mungkin batal ngebet pengen beli Xiaomi Mi6 karena satu hal ini...
Baca Juga

Selain itu, teaser yang dirilis Xiaomi kemarin juga menyimpan pesan lain. Kebiasaan vendor Cina ini, angka besar yang ditonjolkan pada poster tersebut menyimpan sebuah pertanda. Kemungkinan besar mereka bakal menawarkan varian warna baru untuk Xiaomi Mi6 ini. Mungkinkah Xiaomi Mi6 baka ditawarkan dengan pilihan warna biru muda yang glossy seperti pada angka “6” pada teaser di atas? Tidak terlalu mengherankan, mengingat Samsung juga menawarkan warna baru untuk Coral Blue untuk jajaran Galaxy S mereka sejak Galaxy S7 tahun lalu. Atau, jika ingin sejalan dengan Galaxy S8 yang memiliki warna baru Orchid Gray, bisa jadi Xiaomi Mi6 nantinya menawarkan warna kelabu tersebut.

Untuk harga, jika rumor kembali terwujud, kalian bakal mendapatkan flagship Xiaomi tahun 2017 ini mulai Rp4.2 jutaan. Detailnya sebagai berikut:

  • Mi 6 Standard Version (4 +64GB) dengan harga 2199 yuan (atau sekitar Rp4.2 jutaan).
  • Mi 6 Higher Version (4 +128 GB) dengan harga 2599 yuan (atau sekitar Rp5 jutaan).
  • Mi 6 Plus Standard Version (6 +64 GB) dengan harga 2699 yuan (atau sekitar Rp5.2 jutaan).
  • Mi 6 Plus Higher Version (6 + 128 GB) dengan harga 3099 yuan (atau sekitar Rp5.9 jutaan).
  • Mi 6 Plus Exclusive Version (6 + 256GB) casing keramik dengan harga 3699 yuan (atau sekitar Rp7.2 jutaan).

100% Berhasil, Ini Cara Mudah Atasi Masalah Akun Xiaomi Terkunci Mi Cloud (This Device is Locked)

Lupa password Akun Mi? Sering gonta-ganti kartu paketan data Xiaomi? Atau yang paling sial, membeli smartphone Xiaomi bekas yang masih ada Mi Account-nya, hingga akhirnya Mi Akun terkunci? Jangan kuatir, ada solusinya. Mudah, dan gratis!
Baca Juga

Jelas dari perkiraan harganya di China saja, Xiaomi Mi6 ini berbeda dengan Xiaomi Mi5. Untuk varian terendahnya saja sudah ditawarkan di harga yang lebih tinggi dari Xiaomi Mi5s, atau bahkan Xiaomi Mi5 yang hadir satu tahun yang lalu. Sebelumnya kami sempat memprediksikan harganya bakal setara dengan Xiaomi Mi5 ketika pertama kali dijual tahun lalu, khususnya untuk varian terendahnya. Namun saat itu Xiaomi Mi5 hanya menggunakan prosesor Snapdragon 820 dan RAM 3GB serta storage 32GB untuk tipe yang terendahnya.

Lantas berapa kira-kira ketika dijual di Indonesia? Perkiraan kami, Xiaomi Mi6 dengan spesifikasi terendahnya akan dijual di Indonesia di angka Rp5 jutaan. Tetap sebuah nilai yang menggiurkan untuk sebuah Android dengan prosesor Snapdragon 835.

Spesifikasi Xiaomi Mi6 dan Xiaomi Mi6 Plus

Vendor Xiaomi Xiaomi
Model Mi 6 Mi 6 Plus
OS  Android 7.1.1 Nougat (MIUI 8)  Android 7.1.1 Nougat (MIUI 8)
Layar 5,15-inchi (Full-HD) 1920 x 1080-pixel 5,7-inchi (Wide Quad HD)  2560 x 1440-pixel
Prosesor Snapdragon 835 Snapdragon 835
GPU Adreno 540 Adreno 540
RAM 4  GB 6 GB
Storage 64/128 GB 64/128/256 GB
Kamera Sony Exmor RS IMX400 19 MP di belakang / 8 MP Ultrapixel di depan Sony Exmor RS IMX362 dual-camera 12 MP di belakang / 8 MP Ultrapixel di depan
Konektivitas WiFi, Bluetooth, NFC, GPS WiFi, Bluetooth, NFC, GPS
Sensor Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Light, Barometer Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Light, Barometer
Baterai 3200 mAh 4500 mAh

Di sisi spesifikasi, Xiaomi Mi6 dan varian yang lebih besar Plus dibandingkan dengan saudara kecilnya berdasarkan bocoran yang kami terima sebelumnya, tidak menunjukkan perbedaan tingkatan prosesor. Padahal Xiaomi Mi5s dengan Xiaomi Mi5s Plus, atau Xiaomi Mi5 dengan versi Pro-nya tahun lalu selalu ada perbedaan agar kalian merasa wajar varian Pro-nya dijual lebih mahal. Namun kali ini sama. Keduanya langsung menggunakan Snapdragon 835 dengan kecepatan penuh, 2.45GHz untuk dua inti terkencangnya. Namun ada detail baru di sana, seperti kapasitas memory dan flash storage yang digunakan berbeda besarnya, kameranya yang berbeda, resolusi layar, dan juga yang kapasitas baterainya.

Seperti ini bocoran penampakan Xiaomi Mi6 Plus

Sony Exmor RS IMX362 yang digunakan untuk varian Plus-nya menawarkan beberapa fitur terkini di dalamnya. Sony Exmor RS IMX362 yang juga digunakan untuk Asus Zenfone 3 Zoom, Vivo Xplay 6 dan Motorola Moto G5 ini merupakan salah satu sensor kamera terbaru yang diproduksi oleh Sony. Resolusi maksimalnya memang hanya 12-megapixel, namun Exmor RS IMX362 memiliki teknologi dual autofocus pixel (biasa disebut dual-pixel) ala Galaxy S7, serta ukuran masing-masing pixelnya yang cukup besar, 1.4 μm (mikron pixel).

Ini Daftar Update Android Nougat Xiaomi! Ternyata Redmi Note Ini Tidak Kebagian!

Daftar update Android 7.0 Xiaomi ini seakan menunjukkan, jika Xiaomi memang benar menganaktirikan MediaTek. Pengguna prosesor MTK, tabahkan diri kalian ya... pasti banyak ROM abal-abal yang sudah Nougat bertebaran nantinya!
Baca Juga

Dual-pixel sangat membantu dalam menentukan fokus dan mempengaruhi juga kecepatan shutter, karena ada lebih banyak pixel yang digunakan dalam menentukan fokus (melalui sistem phase-detection) yang akan diambil. Menurut Samsung, Galaxy S7 mereka memanfaatkan semua, atau 100% pixel yang dimiliki kameranya dalam mendukung proses fokus.

Spesifikasi-Redmi-Pro-5

Hasilnya, meskipun ini bukan autofokus laser yang diklaim memiliki kecepatan sepersekian detik dalam menentukan fokusnya, dual-pixel juga sangat cepat dalam menentukan fokus, dan itu jelas mendukung penggunanya dalam melakukan pemotretan yang cepat.

Ukuran sensornya sendiri tidak terlalu impresif, 1/2.55″ saja. Well, jika kalian mencari Xiaomi dengan kamera tercanggih, sejauh ini masih dipegang posisinya oleh Xiaomi Mi5s, dengan ukuran sensor terbesar di kelas Sony Exmor, yaitu 7.81 mm (1/2.3″), dan besar pixel 1.55 μm.

Awas Ngeces! Spesifikasi Xiaomi Mi6 Plus Bocor, Pasti Bikin yang PO Galaxy S8 Nyesel!

Menjelang diluncurkannya Galaxy S8, detail spesifikasi Xiaomi Mi6 Plus terungkap! Selain harga yang cuma Rp3 jutaan, smartphone unggulan Xiaomi ini punya banyak fitur yang gak dimiliki Galaxy S8 Plus.
Baca Juga

Sedangkan untuk Xiaomi Mi6, kameranya menggunakan sensor terbaru dan terhebat dari Sony, Exmor RS IMX400. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat sebelumnya, Xiaomi memilih sensor dengan ukuran pixel terbesar hingga saat ini, Exmor RS IMX378 untuk Xiaomi Mi5s, dan Exmor RS IMX258 dalam konfigurasi dual-camera untuk Xiaomi Mi5s Plus.

Dari angkanya saja sudah jelas bukan, mana yang lebih superior? Namun untuk konfigurasi dual-camera, tetap yang paling ideal untuk menghasilkan foto bokeh dengan Depth of Field yang dalam.

Untuk Xiaomi Mi6, Sony Exmor RS IMX400 ini membawa teknologi terkini dari Sony. Mulai dengan sensor 9-megapixel dengan resolusi maksimal yang dihasilkan 5056 x 3792-pixel, ukuran sensor 7.87 mm (1/2.3″), serta besar pixel 1.22 μm. Sensor ini juga digunakan oleh Sony Mobile ke dalam Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia XZs yang diungkapkan selama Mobile World Congress (MWC) 2017 lalu. Salah satu keunggulannya, memiliki fitur kamera Motion Eye yang mampu merekam video pada kualitas 960fps.

Ini Kelebihan ROM Distributor Xiaomi Abal-abal yang Pasti Belum Kalian Ketahui

Kalian salah jika kalian berpikir OS Cina atau Global Stable Xiaomi itu lebih baik dari OS distributor... Selain bikin hidup kalian lebih tenang, ini beberapa keunggulan ROM distributor dibandingkan ROM resmi Xiaomi.
Baca Juga

Sayangnya selama MWV 2017 lalu eksesekusi Motion Eye kurang greget, karena cukup ribet. Untuk menghasilkan video keren super slow motion, kalian perlu membuka aplikasi Camera, pilih Super Slow Motion, mulai merekam, kemudian tekan ikon Super Slow Motion ketika kalian ingin menghasilkan video 0.182 detik dalam 960fps.

 

SHARE
Previous articleApakah Titan Armin Bakalan Sebesar Colossal Titan? (SPOILERS!)
Next articleDuel Robot Raksasa Jepang vs Amerika Akan Berlangsung Tahun Ini!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.