Inilah Pernyataan Marvel mengenai Pembatalan Kontrak Ardian Syaf!

Bagaimana keputusan Marvel tentang kontroversi Ardian Syaf? Benarkah ada pembatalan kontrak Ardian Syaf? Ini jawaban resminya!

Pada 8 April 2017 kemarin, komunitas pecinta komik Marvel dan X-Men dikejutkan dengan penemuan easter egg di komik X-Men Gold #1, yang merupakan komik resmi dari Marvel. Yang menjadi kontroversi, adalah pesan tersembunyi yang tercantum dalam komik tersebut. Hal ini berbuntut pada pembatalan kontrak Ardian Syaf.

Baca Juga

Pesan yang dimaksud adalah penulisan kata “QS 5:51” dan “212” di dua panel yang berbeda di komik X-men Gold #1 yang terbit 5 April 2017 lalu. Sebagaimana yang kita tahu, dua kata ini merujuk pada kontroversi yang menimpa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

x-men gold 212

Ahok dituduh menistakan agama karena dianggap menyatakan bahwa ulama atau ayat tersebut berbohong. Menanggapi pernyataan itu pula, beberapa elemen masyarakat berdemonstrasi secara damai pada tanggal 2 Desember 2016, yang kemudian dikenal dengan istilah 212. Kasusnya sendiri saat ini masih bergulir dan menjadi kontroversi yang diikuti oleh banyak orang.

Pencantuman pesan tersembunyi ini pun mendapat protes berbagai pihak. Salah satunya dalam sebuah pesan terbuka di Facebook dengan isi yang sama dengan post Reddit juga dibuat, dengan me-mention Marvel. Pesan ini juga menjadi viral, dengan total 226 shares dan 309 komentar diterima sampai saat tulisan ini dibuat. Tanggapan terhadap pesan ini bervariasi, baik yang pro maupun kontra.

Marvel pun memberi tindakan tegas mengenai hal ini. Sebuah keputusan harus diambil yaitu pembatalan kontrak Ardian Syaf untuk proyek komik-komik Marvel. Pengumuman lengkapnya seperti yang dikutip dari CBR

“Marvel has terminated Ardian Syaf’s contract effective immediately. ‘X-Men Gold’ #2 and #3 featuring his work have already been sent to the printer and will continue to ship bi-weekly. Issues #4, #5, and #6 will be drawn by R. B. Silva and issues #7, #8, and #9 will be drawn by Ken Lashley. A permanent replacement artist will be assigned to ‘X-Men Gold’ in the coming weeks.”

Secara umum Marvel menyatakan bahwa kontrak Ardian Syaf telah diputus dan keputusan ini berlaku dalam waktu singkat. Walau pun begitu X-Men Gold #2 dan X-Men Gold #3 yang dikerjakan oleh Ardian Syaf telah naik cetak dan akan terbit sesuai jadwal dua mingguan. Proyek yang semestinya dikerjakan Ardian Syaf yaitu edisi #4, #5, dan #6 akan digambar oleh R. B. Silva dan edisi #7, #8, dan #9 akan digambar oleh Ken Lashley. Sedangkan penempatan comic artist tetap untuk edisi X-Men Gold edisi selanjutnya akan ditetapkan kemudian.

Ini artinya resmi sudah keputusan Marvel memutus kontrak Ardian Syaf, namun karyanya tetap akan terbit untuk X-Men Gold edisi #2 dan #3 karena sudah naik cetak.

Bagaimana tanggapanmu terhadap perkembangan masalah ini? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

Diedit oleh Fachrul Razi

SHARE
Previous articleMasih Ingat Tamagotchi? Bandai Rilis Kembali untuk Kamu Bernostalgia!
Next articlePembahasan One Piece 862 – Twist Menghebohkan di Pernikahan Sanji
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.