Jude Law Terpilih Memerankan Dumbledore Muda di Sekuel Fantastic Beasts!

dumbledore muda - jude law
Image credit: Movie Web

Albus Dumbledore biasanya tersaji sebagai kepala sekolah Hogwarts yang tua dan bijaksana. Sekarang Dumbledore muda akan tampil di sekuel Fantastic Beasts!

Adapun yang terpilih memerankan Dumbledore muda adalah Jude Law. Kamu mungkin sudah lebih dulu mengenal aktor ini lewat perannya sebagai Watson dalam Sherlock Holmes, Harlen Maguire si pembunuh bayaran di Road to Perdition, atau Dickie Greenleaf di Talented Mr. Ripley.

Menanggapi pemilihan ini, sutradara David Yates menyampaikan,

“Jude Law is a phenomenally talented actor whose work I have long admired, and I’m looking forward to finally having the opportunity to work with him. I know he will brilliantly capture all the unexpected facets of Albus Dumbledore as J.K. Rowling reveals this very different time in his life.”

Seperti yang disampaikan Yates, penulis merasa Jude Law memang adalah aktor yang sangat berbakat. Rasanya dia cocok dan bisa menyajikan karakter Dumbledore muda dengan baik.

Tapi satu hal yang harus diperhitungkan oleh fan Harry Potter dalam diri Dumbledore muda di Fantastic Beasts 2 adalah: ada kemungkinan orientasi gay calon kepala sekolah Hogwarts ini akan lebih ditonjolkan dibanding di buku-buku dan film-film sebelumnya.

Untuk yang belum tahu, ya, Dumbledore memang gay. J.K. Rowling sendiri yang mengonfirmasinya. Tapi mengingat di Harry Potter usia Dumbledore sudah lanjut, fokus ceritanya ke Harry dan bukan ke dia, serta mantan pasangannya telah terungkap merupakan penjahat berbahaya, aspek ini tidak terasa. Kalau J.K. Rowling tidak menyampaikannya mungkin tidak ada yang sadar.

Pada 10 November 2016, J.K. Rowling menyampaikan lewat Variety kalau Dumbledore muda akan lebih terbuka sebagai gay di sekuel Fantastic Beasts. Jadi, ya, kamu-kamu yang tidak suka dengan unsur seperti itu mungkin harus lebih hati-hati saat ingin menyaksikan Fantastic Beasts 2 nanti.

Pasangan Dumbledore sendiri sudah kamu lihat sebelumnya di Fantastic Beasts 1. Dia adalah Gellert Grindelwald. Persahabatan Dumbledore dan Grindelwald sendiri seharusnya sudah hancur sejak 1899, setelah duel Albus Dumbledore, Abeforth Dumbledore, dan Grindelwald menyebabkan kematian Ariana, adik Albus dan Abeforth. Mengingat latar Fantastic Beasts 1 adalah 1926, kejadian itu seharusnya sudah berlalu.

Meski begitu, Dumbledore masih memiliki semacam keterikatan kepada Grindelwald. Walau Grindelwald menjadi semakin kuat – sehingga bisa dibilang sebagai Voldermort di eranya – Dumbledore lama memilih untuk pasif. Dia baru bergerak untuk menghadapi Grindelwald di tahun 1945.

Sikap pasif Dumbledore ini dan kaitannya dengan Grindelwald mungkin akan disajikan di Fantastic Beasts 2. Demikian pula dengan kilas balik lebih jelas tentang hubungan mereka.

Duel 1945 itu sendiri dikatakan sebagai salah satu duel antara penyihir terbaik di semesta Harry Potter, yang memakan waktu tiga jam. Penulis berharap bisa melihat sendiri bagaimana sebenarnya alur dari duel yang digembar-gemborkan itu.

Sumber: MovieWeb