Inilah 5 Sosok Kartini Modern yang Siap Menginspirasi Generasi Milenial

Di hari Kartini ini, mari kita sambut deretan Kartini modern yang siap meluluhkan hatimu.

R.A. Kartini dianggap sosok pahlawan Indonesia yang menjunjung tinggi kesamaan hak antara kaum pria dan perempuan. Perjuangan tak kenal lelah beliau membela hak-hak perempuan berbuah manis. Berkat Kartini, perempuan-perempuan Indonesia pada akhirnya bisa mengenyam pendidikan sekolah setara seperti apa yang didapatkan oleh kaum pria.

Kartini di era modern bukan lagi sekedar memperjuangan kesetaraan hak antara kaum pria dan wanita, tapi juga menginspirasi banyak orang untuk terus berbuat positif. Nah kalau dipikir-pikir, mungkin deretan tokoh ini yang pas disebut Kartini modern.

1

Dian Sastrowardoyo

kartini modern

Kartini Modern pertama datang dari aktris cantik yang populer lewat film Ada Apa Dengan Cinta, Dian Sastrowardoyo. Meski sudah berumur 35 tahun, kita tak bisa membantah kecantikan mantan juara pertama Gadis Sampul tahun 1996 di Majalah Gadis ini.

Di tengah karirnya sebagai artis, Dian juga tak melupakan pindidikan. Pada tahun 2007, Dian Sastro menyelesaikan studi S1 di Universitas Indonesia, lalu melanjutkan studi S2 tahun 2013.

Tak aneh wanita kelahiran Jakarta ini didapuk untuk berperan sebagai Kartini dalam film Kartini garapan Hanung Bramantyo yang tayang 19 April kemarin. Menurut Hanung, Dian Sastro cocok memerankan karakter pahlawan nasional tersebut karena sebagai ikon pop, ia bisa membawa anak muda untuk menonton film ini.

2

Raisa

kartini modern

Rasanya belum sah jika tak memasukan nama Raisa sebagai salah satu Kartini modern masa kini. Lahir di Jakarta, 6 Juni 1990, Raisa memulai karir bernyanyinya saat menjadi vokalis band Andante bentukan Kevin Aprillio.

Bakat bernyanyi Raisa pun tak hanya diakui di dalam negeri saja, pasalnya perusahaan sekelas Walt Disney pernah memilih Raisa untuk menyanyikan lagu “Dream is the Wish Your Heart Makes” untuk film Cinderella.

Selain berkecimpung di dunia musik, Raisa juga tak jarang ikut terlibat dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. Pas banget buat disebut Kartini era milenial.

3

Susi Pudjiastuti

kartini modern

Jika harus menyebut siapa menteri di era pemerintahan Jokowi yang punya kinerja menonjol, mungkin nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti adalah jawabannya.

Menteri dengan penampilan nyentrik ini selalu sukses menyita perhatian masyarakat Indoensia. Terlebih ketegasannya dalam melindungi laut Indonesia yang punya kekayaan alam melimpah. Ia tak segan menenggelamkan kapal dari negara lain yang masuk dan mencari ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

Bahkan karena sikapnya itu, wajah ibu Susi sempat nampang di manga Golgo 13 beberapa waktu lalu.

4

Merry Riana

kartini modern

Marry Riana adalah salah satu wanita fenomenal yang pernah dimiliki bangsa Indonesia. Di usia 25 tahun, wanita kelahiran Jakarta ini sudah mendapatkan penghasilan sebesar 1 juta dolar. Kisah inspiratifnya juga turut diabadikan dalam sebuah buku berjudul A Gift From a Friend pada tahun 2006.

Kini Marry Riana aktif sebagai pembicara di berbagai seminar, perusahaan, dan sekolah untuk menularkan kisah sukses di masa muda.

5

Marsha Chikita Fawzi

kartini modern

Mungkin namanya cukup asing di telinga, namun jika mendengar karyanya pasti kamu tahu. Marsha Chikita Fawzi adalah orang di belakang layar animasi populer Upin & Ipin.

Anak bungsu dari pasangan artis Ikang Fawzi dan Marrisa Haque ini banyak belajar tentang dunia animasi ketika magang di perusahaan Las’ Copaque Production. Di sana jugalah akhirnya tercetus ide untuk membuat serial animasi Upin & Ipin yang akhirnya sukses dan populer di Indonesia.

Untuk Mengenang Jasanya, 5 Film Ini Cocok Banget Ditonton saat Hari Kartini

Selain menggunakan pakaian adat, kamu juga bisa menghargai dan mengenang jasa-jasa R.A. Kartini dengan menonton 5 film berikut ini!
Baca Juga

Apakah kamu setuju jika lima tokoh di atas pantas disebut Kartini modern?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleIni Alasan Harga Galaxy S8 Hanya Rp11 Jutaan Itu Sebenarnya Terlalu Murah
Next articleDota 2 Update: Perubahan Sistem Matchmaking dan Ban Besar-besaran Akun Bot!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca