Selain Boy vs Ip Man 3, Inilah 5 Sinetron Indonesia yang Dituduh Plagiat Film Luar

Haduh, ternyata gak sedikit loh sinetron Indonesia yang dituduh plagiat film luar negeri. Sinetron mana sajakah itu?

Meski belum tayang, sinetron baru Stefan Willam berjudul Boy sudah mendapat banyak tanggapan miring dari netizen. Dalam sebuah teaser yang diunggah oleh akun Instagram resmi Sinemart Indonesia @sinemart_ph beberapa waktu lalu, menampilkan sosok Boy yang diperankan oleh Stefan William bertarung hebat dengan aktor Willy Dozan.

Bukannya keren, gaya bertarung Stefan William malah dianggap menjiplak gaya bertarung Wing Chun ala Donnie Yen di film Ip Man 3.

Baca Juga

Sinetron Boy semakin memperpanjang daftar sinetron-sinteron Indonesia yang dituduh plagiat karena memiliki alur atau cerita yang sama dengan serial film luar negeri.

Nah, mana saja sinetron Indonesia yang dituduh plagiat film luar negeri? Berikut ini daftarnya.

1

Kau yang Berasal dari Bintang = My Love From Another Star


sinetron Indonesia yang dituduh plagiat

Sebelum benar-benar tayang, sudah banyak polemik yang didapat oleh sinetron Kau yang Berasal dari Bintang. Dibintangi oleh Morgan Oey dan Nikita Willy, sinetron ini dituduh menjiplak drama Korea berjudul My Love From Another Star yang dirilis tahun 2013.

Pihak produksi sendiri menyangkal dan sudah mendapat persetujuan untuk me-remake dari drama korea aslinya. Namun di sisi lain, stasiun televisi Korea, SBS, menyangkal hal tersebut dan menganggap tak ada hak publikasi yang legal untuk memproduksi sinetron yang tayang di RCTI.

Selain di Indonesia, masalah plagiat ini pun sembat menjadi heboh dan masuk headline situs hiburan di Korea.

2

Buku Harian Nayla = 1 Litre of Tears


sinetron Indonesia yang dituduh plagiat

Dirilis pada tahun 2006, Buku Harian Nayla adalah sinetron yang dibintangi oleh Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia. Kedua artis yang sudah sehati itu sukses membawa sinetron yang tayang pada tahun 2006 menjadi salah satu sinetron Indonesia yang mampu menguras air mata penonton.

Namun di tengah kepopuleran itu, muncul tuduhan jika Buku Harian Nayla menjiplak sebuah drama Jepang berjudul 1 Litre of Tears. Kedua serial ini memiliki premis yang sangat mirip, yaitu menceritakan seorang gadis yang berjuang untuk melawan penyakit kelumpuhan syaraf yang diderita.

3

Siapa Takut Jatuh Cinta = Meteor Garden


sinetron Indonesia yang dituduh plagiat

Bagi kamu generasi 90-an, pastinya sudah tak asing dengan serial Meteor Garden. Film Taiwan yang melambung nama Vic Zhou, Jerry Yan, Vanness Wu, dan Ken Zhu menjadi artis yang diidolai gadis-gadis Indonesia kala itu.

Selain para gadis, kisah cowok-cowok ganteng yang tergabung dalam F4 ini juga turut menginspirasi atau lebih tepatnya menjiplak serial Meteor Garden menjadi sinetron Indonesia berjudul Siapa Takut Jatuh Cinta.

Banyak kesamaan yang bisa kamu temukan dari dua serial tersebut, mulai dari premis cerita, karakteristik tokoh, sampai adegan yang sama persis.

4

Kejora dan Bintang = Brilliant Legacy


sinetron Indonesia yang dituduh plagiat

Sinetron Indonesia yang dituduh plagiat selanjutnya adalah Kejora dan Bintang. Sinetron yang ditayangkan di RCTI pada tahun 2009 ini memiliki alur cerita sangat mirip dengan drama korea berjudul Brilliant Legacy. Kesamaan ini sudah ditunjukan di episode pertama, ketika terdapat adegan koper yang tertukar.

5

Cinderella Boy vs Hana Kimi


sinetron Indonesia yang dituduh plagiat

Cindrella Boy juga termasuk sinetron Indonesia yang dituduh plagiat sebuah dorama Jepang berjudul Hana Kimi. Mengisahkan seorang gadis yang menyamar menjadi cowok demi masuk ke asrama pria untuk bertemu idolanya.

Jiplak Adegan Ip Man 3, Sinetron Boy Dapat Banyak Hujatan Netizen

Dari mulai latar sampai gerakannya, adegan perkelahian yang ada di teaser sinetron Boy sangat mirip dengan adegan di film Ip Man 3. Plagiat?
Baca Juga

Karena dituduh plagiat, sinetron Cinderella Boy pun tak bisa bertahan lama dan berhenti tayang di episode ke-6.

SHARE
Previous articleAwas, Skill-skill ini Tidak akan Hilang dengan Dark Pact Slark Dota 2
Next article7 Pegulat WWE Terbesar – Para Raksasa dengan Tinggi Minimal 2 Meter
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca