Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Fire Emblem Gaiden di-remake untuk platform Nintendo 3DS nih, kira-kira seperti apa ya gamenya? Fans Fire Emblem, yuk merapat!

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Nintendo berencana melakukan remake Fire Emblem Gaiden untuk platform Nintendo 3DS dengan judul baru, yaitu Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia.

Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia merupakan sebuah game remake dari Fire Emblem Gaiden. Jika kamu belum tahu, Fire Emblem Gaiden adalah seri kedua dari serial game taktikal milik Nintendo yang melegenda, Fire Emblem. Game ini sendiri rencananya akan dirilis untuk Nintendo 3DS dengan banyak fitur baru yang telah mendapatkan upgrade.

Dari trailer di atas, terlihat beberapa karakter dari Fire Emblem Gaiden didesain ulang dengan wajah baru ala karakter anime. Selain itu Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia tampaknya juga akan fokus pada dua karakter utamanya, yaitu: Alm dan Celica. Nantinya mereka akan memiliki latar belakang cerita tersendiri yang terpisah. Jadi pemain bisa menikmati perjalanan mereka masing-masing.

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Untuk kamu yang belum mengenal seri Fire Emblem Gaiden, saya akan menceritakan secara singkat perjalanan cerita dari seri ini. Game ini bercerita tentang sebuah benua Valentia yang terbagi menjadi dua kubu dewa-dewi, yaitu: Earth Goddess Mila dan Dark God Duma. Dari kedua keyakinan itu akhirnya membentuk dua negara terpisah: Zofia untuk Mila dan Rigel untuk Duma.

[duniaku_baca_juga]

Sementara itu, perbedaan sudut pandang membutakan manusia, pemimpin pasukan Zofia yaitu General Desaix, melakukan kudeta kepada kerajaan Zofia. Hal itu dimanfaatkan raja Rudolf dari Rigel untuk menghancurkan kedua kepercayaan itu. Ia hanya ingin menaklukan Valentia di bawah kekuasaannya sendiri.

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Beralih ke tokoh utamanya, Alm merupakan pejuang yang memimpin pasukan Zophia Liberation Army, yang melawan pasukan pemberontak yang dipimpin Desaix. Sedangkan Celica ingin menuju ke kerajaan Zofia dari Novis Monastery untuk mencari keberadaan dewi Mila yang tiba-tiba saja menghilang. Mungkinkah mereka berdua yang terpisah itu mampu menghentikan rencana jahat Rudolf?

Untuk alur ceritanya sendiri masih mengadaptasi seri klasiknya. Namun kini Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia dibalut dengan grafis yang jauh lebih modern!  Serta juga menampilkan scene baik 2D anime dan juga 3D render yang menyejukan mata. Sedangkan dalam battle, semua karakter yang muncul di peta dan map yang disediakan juga jauh lebih modern seperti seri Fire Emblem terbaru lainnya.

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Sistem pertempurannya masih sama dengan seri Fire Emblem klasik lainnya. Pemain bisa memilih karakter yang akan dibawa untuk bertempur bersama. Setelah itu, permainan berjalan secara bergiliran (turn-based). Pemain bisa mengatur setiap karakter pada gilirannya, baik untuk bergerak, menyerang musuh, atau menggunakan item.

Untuk kamu yang menyukai adegan pertempuran 3D antar karakter, kini ketika bertempur, perpindahan layar dari map ke adegan pertempuran akan semakin halus. Selain itu, animasi serangan dari masing-masing karakter juga tidak membosankan. Jadi lebih sedap dipandang mata!

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia juga menampilkan fitur yang mempengaruhi tingkat kesulitan dari permainanmu. Akan ada dua mode yang bisa kamu pilih sebelum bermain. Pertama adalah "Classic Mode" yang menampilkan karakteristik permainan utama dari Fire Emblem, yaitu munculnya fitur perma-death. Jadi jika ada karaktermu yang tewas, maka ia akan selamanya tewas dan tidak dapat kamu mainkan kembali.

Kedua adalah "Casual Mode" yang didesain untuk pemain baru dan tidak memiliki pengalaman bermain strategi yang baik. Dalam mode ini, fitur perma-death akan dihilangkan. Jadi pemain bisa santai bermain, karena jika karaktermu mati dalam pertempuran, mereka bisa kamu pakai kembali di pertempuran berikutnya.

Untuk fitur lebih lanjut dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia, bisa kamu baca di halaman berikutnya, yah!

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Bagi kamu yang memainkan game ini di mode Classic, tentunya akan ada suatu kejadian yang tidak kamu sukai. Misalnya saja, karakter terkuatmu diserang oleh banyak pasukan dan semuanya mendaratkan serangan tertinggi mereka. Secara tidak sengaja, karaktermu mati dalam sebuah pertempuran. Tentu hal itu akan membuatmu sakit hati. Namun di game ini ada fitur untuk memutar waktu!

Fitur memutar waktu itu sendiri merupakan kemampuan khusus dari Earth Goddess Mila. Jadi pemain bisa mengulang turn sebelumnya, untuk bisa membenahi langkah yang sekiranya salah. Fitur ini bisa kamu gunakan sekali dalam satu kali pertempuran atau lebih ketika kamu memiliki sumber daya yang mencukupi untuk melakukan pengulangan waktu.

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia memiliki sistem taktikal yang cukup kompleks untuk dipelajari. Setiap karakter akan memiliki level, ketika meningkat mereka akan mendapatkan tambahan status yang diberikan sesuai dengan class yang mereka pilih. Setiap pemain juga mampu untuk meningkatkan class mereka, untuk mendapatkan kemampuan yang lebih kuat lagi. Berikut ini merupakan beberapa class yang tersedia di game ini:

  • Dread Fighter: merupakan petarung kuat yang memiliki kekuatan serangan dan pertahanan magic tinggi.
  • Pegasus Knight: mampu berpindah kemana saja tanpa halangan apapun, karena ia terbang di angkasa!
  • Paladin: pasukan berkuda ini mimiliki mobilitas tinggi dan juga memiliki jarak serang yang bagus.
  • Sniper: membunuh musuh dari jarak yang sangat jauh menggunakan busur panah.
  • Sage: memiliki banyak kemampuan menyerang maupun bertahan berbasis sihir.

Pemain nantinya juga bisa memberikan equipment kepada setiap karakter sesuai dengan class yang mereka miliki. Memberikan equipment yang sesuai dan memakainya secara berkala, akan memudahkan seorang karakter untuk mendapatkan Combat Art yang kuat. Combat Art merupakan serangan kuat atau kemampuan spesial yang dimiliki seseorang untuk bertempur.

Oh ya, untuk para musuh juga memiliki class unik tersendiri yang berbeda dengan class dari karakter-karaktermu, loh! Beberapa class yang sudah dipastikan bakal muncul sebagai musuh antara lain adalah: Thief, Sorcerer, Witch, Exorcist, Revenant, Bonewalker, Mogall, Gargoyle, HiKnight, dan juga Draco Zombie.

Juga tak ketinggalan fitur "Town" atau "Kota" merupakan sebuah akses unik dimana pemain bisa singgah untuk berbincang dengan penduduk setempat. Pemain bisa membeli perlengkapan, memecahkan masalah yang dialami penduduk, mendapatkan informasi penting, bahkan merekrut pasukan baru. Kamu juga bisa mendapatkan item dengan menjelajahi kota.

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Selain pertarungan di medan terbuka, kadang kala pemain akan menemukan "Dungeon" untuk dijelajahi. Permainan akan berbeda dari seri Fire Emblem sebelumnya, karena pemain bisa menjelajah menggunakan Alm atau Celica secara bebas seperti game action. Ketika menjelajahi Dungeon, kamu bisa menghancurkan banyak objek seperti drum, box, peti harta, dinding retak, dan sebagainya untuk mendapatkan item.

Dalam dungeon, pemain nantinya juga akan bertemu dengan para musuh yang berkeliaran di dungeon. Ketika kamu mendekati mereka, terjadi ecounter, maka layar akan berubah memasuki medan pertempuran. Uniknya, sebelum ecounter terjadi, kamu bisa menebas mereka untuk mengurangi HP mereka saat pertempuran dimulai. Tentunya hal itu akan memudahkanmu untuk menghabisi mereka semua bukan?

Kenali Lebih Jauh Fitur Terbaru dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia

Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia akan segera dirilis untuk Nintendo 3DS secara global pada tanggal 19 Mei 2017 mendatang. Sebelumnya game ini juga sudah rilis di Jepang pada 20 April 2017.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU