Bahasa Dothraki di Game of Thrones Bakal Jadi Salah Satu Mata Kuliah Loh. Tertarik?

Tertarik mempelajari bahasa Dothraki? Kalau begitu ini kesempatan emas buat kamu!

Bahasa Dothraki di Game of Thrones Bakal Jadi Salah Satu Mata Kuliah Loh. Tertarik?

Bahasa Dothraki di Game of Thrones Bakal Jadi Salah Satu Mata Kuliah Loh. Tertarik?

Bagi kamu penggemar serial Game of Thrones, pastinya sudah tak asing dengan bahasa Dothraki. Yup, seperti namanya, bahasa Dothraki digunakan oleh bangsa Dothraki, yaitu sebuah suku nomaden yang jumlahnya besar dan dipimpin oleh Khals.

Meski hanya bahasa fiktif, namun pihak Game of Thrones tak main-main dalam menciptakan bahasa unik ini. Bahkan mereka sampai menunjuk ahli bahasa linguistik, David J. Peterson, untuk membantu HBO dalam penciptaan bahasa-bahasa yang ada dalam Game of Thones, termasuk bahasa Dothraki.

Bahasa Dothraki sendiri diciptakan dengan campuran bahasa Arab dan Rusia. Namun menurut peneliti babbel.com, kata-kata yang digunakan dalam bahasa unik tersebut erat kaitannya dengan bahasa Mongol pada masa Ghengis Khan. Sejauh ini tak kurang terdapat 2.000 lebih kata yang diciptakan oleh David J. Peterson dalam bahasa Dothraki.

[duniaku_baca_juga]

Uniknya, karena kepopuleran bahasa yang digunakan oleh bangsa kesatria berkuda, ternyata mampu menarik minat sebuah universitas di Amerika untuk memasukan bahasa Dothraki ke dalam kurikulumnya.

Universitas UC Berkeley mengumumkan jika bahasa Dothraki akan diajarkan dalam mata kuliah bertajuk "Linguistik dalam Game of Thrones, dan Seni Mencipta Bahasa".

Rencananya mata pelajaran yang diambil dari salah satu bahasa dari serial Game of Thrones itu akan berlangsung pada musim panas selama enam minggu ini. Dan pengajarnya pun tak lain dan tak bukan adalah pencipta bahasa Dothraki itu sendiri, David J. Peterseon. Usut punya usut, David sendiri adalah alumnus dari Universitas UC Berkeley yang menerima gelar master di bidang linguistik pada 2005.

Bahasa Dothraki di Game of Thrones Bakal Jadi Salah Satu Mata Kuliah Loh. Tertarik?

Diharapkan dengan mempelajari bahasa dari serial Game of Thrones tersebut, mahasiswa mampu merasakan pengalaman saat menerima dan mempelajari bahasa baru.

Game of Thrones sendiri merupakan salah satu serial paling sukses di Amerika yang ditayangkan oleh HBO. Pokok cerita seputar kerajaan-kerajaan yang bertempur dalam menguasai singgasana Iron Throne. Semakin seru karena serial Game of Throne menghadirkan intrik dan konflik yang benar-benar tidak dapat diprediksi oleh penontonnya.

[read_more id="257544"]

Popularitas dari serial fiksi yang akan masuk musim ketujuhnya ini terbukti dari berbagai macam penghargaan yang diraih. Bahkan pada tahun 2016, Game of Thrones memecahkan rekor membawa pulang 12 piala di ajang Emmy Awards 2016 sekaligus sebagai serial dengan penghargaan terbanyak di Emmy Awards.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU