Mengenal Fidget Spinner, Mainan Kekinian yang Wajib Kamu Tahu!

apa itu fidget spinner

Mungkin belakangan kamu sering melihat mainan unik ini berseliweran di media sosial. Yup, mainan yang punya bentuk seperti shuriken ini dikenal dengan nama Fidget Spinner dan sedang populer di kalangan remaja masa kini. Tapi sebenarnya, apa sih benda yang satu ini dan bagaimana memainkannya?

Fidget Spinner pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Dengan mainan unik ini, Catherine A Hettinger berharap bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan.

Selain itu, Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, Fidget Spinner diyakini mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Baca Juga

Namun karena hak paten itu sudah kadaluarsa, akhirnya banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan mainan berbentuk baling-baling tersebut baik dari segi bentuk maupun tampilan sehingga menarik bagi masyarakat milenial seperti sekarang.

Meskipun di Amerika sudah lama populer, Fidget Spinner baru menjadi gadget hit yang wajib dimiliki oleh remaja modern dalam beberapa waktu belakangan. Tapi, tak sedikit juga orang yang belum memahami sebenarnya mainan ini apa dan mengapa banyak orang memainkannya.

apa itu fidget spinner

Dari namanya saja mungkin kita sudah mengetahui fungsi dari benda yang satu ini. Fidget dalam bahasa Indonesia sendiri berarti gelisah atau cemas, sedangkan spinner bermakna pemutar. Secara harfiah, nama mainan ini berarti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan.

Cara memainkannya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu memegang mainan dengan dua jari lalu memutarnya. Kamu pun akan merasakan sensasi nikmatnya Fidget Spinner yang sedang berputar.

Pasti Dinanti Generasi 90an, Mainan Tamagotchi Bakal Dibuatkan Film Layar Lebar!

Kangen sama mainan Tamagotchi? Tenang, mainan legendaris ini akan dibuatkan film layar lebarnya!
Baca Juga

Kepopuleran Fidget Spinner belakangan ini turut membuat mainan ciptaan Catherine A Hettinger memiliki banyak jenis. Mulai dari klasik yang terdiri dari 1 buah bearing untuk berputar dan 3 bearing lagi sebagai penyeimbang, sampai Batman Hand Spinner yang punya bentuk layaknya logo batman.

Dari sekian banyak jenis Fidget Spinner, mungkin yang paling menjadi favorit adalah jenis yang mampu mengeluarkan cahaya warna-warni. Selain tergolong unik, Fidget Spinner bercahaya juga cocok dipakai untuk memainkan berbagai macam trik. Contohnya saja sepeti video berikut ini.

Nah apa kamu tertarik membeli Fidget Spinner sebagai mainan di kala bosan?

Diedit oleh Fachrul Razi

SHARE
Previous articleTokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends – Bagian 1
Next articleKreator Lokal Unjuk Gigi di Creators Super Fest 2017, Tak Kalah Dengan Kreator Luar!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca