Begini Serunya Acara Grand Launching CompFest 9!

Compfest 9

Penasaran bagaimana serunya acara Grand Launching CompFest 9? Kegiatan apa saja yang ada di sana? Baca pembahasannya di sini!

Grand Launching CompFest 9 ini diadakan di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Acara heboh ini dibuka pukul 12 siang di kantin Fasilkom dengan sesi kuis berhadiah deretan merchandise menarik.

Setelah sesi pembuka berakhir, pada pukul 12.45 area Mini Playground pun dibuka. Walau namanya Mini, keasyikkan yang ditawarkan di area ini tak bisa dianggap remeh. Pengunjung dapat mencoba berbagai macam permainan. Contohnya adalah car race. Permainan yang satu ini menjadi unik karena mobil dijalankan memanfaatkan otak dan konsentrasi dari pemainannya.

Adapun eksibitor yang membuka booth di area ini adalah Shinta VR, Binus Gamedev, Binus Computer Club, Ar&co, dan CPanel. Masing-masing menyajikan permainan yang unik dan keren, sehingga pengalaman di area ini pun sulit untuk dilupakan.

Keunikan lain yang ditawarkan acara ini adalah pengunjung yang telah selesai bermain di suatu booth akan mendapatkan stempel yang jika dikumpulkan dapat ditukar dengan hadiah menarik.

Sistem seperti ini tentunya bisa memancing minat pengunjung untuk mencoba semua game seru yang ditawarkan di area Mini Playground dan bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin mengadakan acara serupa.

Keunikan yang disajikan di area Mini Playground ini juga ditanggapi dengan baik oleh pengunjung. Intan, seorang pengunjung Mini Playground, berkomentar, “Saya baru pertama kali melihat yang seperti ini, ini seru banget dan sangat futuristik! Jadi nggak sabar nunggu Main Event CompFest 9!”

Main Event CompFest 9 sendiri dijadwalkan akan diselenggarakan tanggal 30 September hingga 1 Oktober 2017, dan akan dihadiri puluhan eksibitor serta para pelaku dan penggerak IT. Jadi mungkin kamu-kamu yang sudah terpukau oleh Grand Launching CompFest 9 nanti akan lebih heboh lagi saat Main Event akhirnya dimulai.

Seminar OrganizeIT

Bukan hanya Mini Playground saja acara yang dihadirkan oleh Grand Launching CompFest 9 ini. Ada juga seminar OrganizeIT, yang dilaksanakan di Aula Gedung B Fasilkom UI. Adapun tema yang diangkat dalam seminar ini adalah Increasing Transparency in Organization through Open Data.

Dengan Prasetyo Andi sebagai pembicara, seminar ini membahas tentang konsep open data. Open data merupakan data yang legal dibuka untuk umum. Akan bagus sekali kalau hal seperti ini dapat terwujud untuk urusan seperti pemerintahan. Namun menurutnya, hal yang menjadi hambatan terwujudnya open data di pemerintahan adalah apakah data yang dibutuhkan ada atau tidak, serta apakah data tersebut dalam kondisi yang rapi dan valid.

Untuk sosialisasi hal tersebut, dibutuhkan pembinaan kepada instansi-instansi terkait sebagai bentuk pengenalan terhadap open data. Lebih lanjut beliau berkata,

“Semoga ke depannya lebih banyak pemanfaatan sehingga nantinya banyak yang bisa dimanfaatkan sehingga pemerintah atau instansi lebih terbayang data-data apa yang perlu dibuat menjadi open data.”

Penutup

Grand Launching CompFest 9 akhirnya ditutup pada pukul 17.00. Penutupan acara ini juga cukup heboh, dengan pembagian doorprize ponsel Xiaomi dan penampilan ILONOISE serta standup comedy dari Haris, finalis standup comedy Universitas Indonesia.

Ketinggalan acara yang satu ini? Tenang, Grand Launching CompFest 9 benar-benar hanya pembukaan dari keseluruhan acara CompFest. Kamu bisa melihat rangkaian acara ini hingga akhir lewat fan page Facebook resmi CompFest, Twitter, atau situs utama CompFest.

 

SHARE
Previous articleDevil May Cry Sebenarnya adalah Game Resident Evil 4? 10 Fakta Resident Evil 4 yang Jarang Diketahui oleh Fans!
Next article5 Drama Korea Bergenre Thriller Paling Seru! (Bagian 1)
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.