Jadi Jawara Nasional, Pemain Makassar Wakili Indonesia di Ajang PES 2017 Asia Tenggara

pes league national finals 2017Meski tidak diunggulkan sebelumnya, Jamaluddin asal Makassar berhasil keluar sebagai juara liga PES National Finals 2017 dan akan menjadi salah satu anggota timnas Indonesia di ajang SEA Finals 2017!

Baca Juga

PES League baru saja menggelar turnamen PES National Finals kemarin hari Sabtu, 6 Mei 2017 di Click Square Bandung. Turnamen final nasional ini mempertemukan 9 pemain PES terbaik dari 9 kota berbeda di Indonesia yang merupakan hasil dari pencarian selama satu musim turnamen, plus satu jawara dari PC Steam. Kesepuluh pemain tersebut antara lain Setia Widianto (Bandung), Rio Dwi Septiawan (Jakarta), Ryan Tama (Bekasi), Adhitia Putra (Semarang), Lucky Maarif (Surabaya), Alex Wahyudi (Samarinda), Eky Ramadhan (Balikpapan), Jamaluddin (Makassar), Aldisar Poe (Gorontalo) dan Lugman Adi (PC Steam).

pes league national finals 2017
Sambutan dari Valentinus Sanusi, founder dari PES League Indonesia

Sepuluh pemain ini awalnya bertarung dalam format round robin dua grup. Eky, Ryan, Aldisar, Alex dan dan Lucky menempati grup A; sedangkan Rio, Adhit, Jamal, Setia, dan Lugman berjibaku di grup B.

 

pes league national finals 2017
pes league national finals 2017 PES national finals 2017

Lucky dan Rio menjadi favorit di tiap grup sejak awal turnamen berlangsung. Dan hal tersebut terbukti dengan keduanya menjadi juara grup masing-masing. Namun, Jamaluddin yang menjadi kuda hitam tampak dengan pelan namun pasti berhasil memenangkan pertandingan demi pertandingan. Jamaluddin yang sejak awal digadang-gadang menjadi kuda hitam berhasil mengikuti jejak Rio dengan lolos menjadi runner up.

pes league national finals 2017Kejutan pun terjadi di babak semifinal. Lucky yang digadang-gadang bakal menjadi salah satu finalis secara mengejutkan dikalahkan oleh Jamaluddin baik dalam pertandingan home maupun away. Kejutan kedua datang dari pertandingan Rio melawan Eky, dimana Rio ternyata harus lolos secara dramatis dengan memaksakan hasil imbang di pertandingan kedua setelah hanya menang tipis di babak pertama.

pes league national finals 2017Pertandingan antara unggulan melawan kuda hitam pun tersaji di babak final. Baik Rio maupun Jamal yang menggunakan Real Madrid tampak awalnya bermain cukup hati-hati. Namun Jamal secara mengejutkan berhasil unggul cukup telak di babak pertama. Rio berhasil memberikan perlawanan, namun pertahanan Jamaluddin cukup lugas dalam mementahkan peluang demi peluang yang dimiliki.

pes league national finals 2017
Jamaluddin, juara nasional PES League 2017
Jamaluddin, juara nasional PES League 2017
Rio, Runner Up
Best of Four, Lucky dan Eky

Jamaluddin akhirnya menjadi jawara setelah berhasil mengalahkan Rio dalam waktu normal. Dengan menjadi jawara final nasional ini, Jamaluddin pun menjadi salah satu wakil Indonesia dalam PES League SEA Finals 2017 yang akan berlangsung hari ini, Minggu tanggal 7 Mei 2017 di venue yang sama. Satu slot lain tersisa di timnas Indonesia ditempati oleh Rio yang menjadi runner up dalam final nasional ini. Sebelumnya, di timnas Indonesia sudah ada nama-nama seperti Ady Q-Wa (Samarinda), Ananta Ade (Tenggarong), dan Hafidzu Basyir (Jakarta) yang siap bertarung.

Jamaluddin, juara nasional PES League 2017PES League SEA Finals 2017 sendiri akan mempertemukan Indonesia dengan tiga negara lain di Asia Tenggara, antara lain: Thailand, Vietnam dan Malaysia. Drawing grup sendiri sudah dilakukan semalam, yang akhirnya membagi 18 pemain ini menjadi empat grup.

Jamaluddin, juara nasional PES League 2017Grup D bisa disebut sebagai neraka karena bercokol nama-nama unggulan dari masing-masing negara seperti Zainul (Malaysia), Quan Bi (Vietnam), Bossui (Thailand) dan Jamaluddin (Indonesia).

Selamat berjuang untuk Indonesia! Semoga bisa membawa pulang gelar jawara Asia Tenggara dalam PES League SEA Finals 2017 yang digelar mulai pukul 10.00 WIB ini! Kamu bisa mengikuti jalannya pertandingan secara live streaming melalui video di bawah ini.